Bagaimana Agar Kucingmu Meminum Air yang Cukup?

May 27, 2019

Penting halnya bagi kucingmu untuk dapat mengonsumsi air yang cukup, sehingga ia senantiasa terhidrasi dan saluran kemihnya terjaga. Semakin banyak air yang ia konsumsi, akan semakin baik kondisi saluran kemihnya. Namun, terkadang tak mudah untuk memastikan agar kucingmu tak kehilangan cairan tubuh.

Tips Agar Kucingmu Selalu Terhidrasi

Tentunya kamu harus memastikan kalau ia memiliki akses air yang dapat dijangkau kapan pun—dengan meletakkan mangkuk berisi air di dalam maupun luar ruangan. Jenis mangkuk yang disediakan pun perlu diperhatikan, ada kucing yang suka minum dari mangkuk yang berbentuk pipih atau justru sebaliknya. Ada baiknya untuk mencoba berbagai jenis dan ukuran mangkuk, supaya kamu tahu, jenis dan ukuran mangkuk seperti apa yang paling ia sukai.

Namun, beberapa ras kucing bisa dikatakan cukup pemilih soal hal ini. Umumnya ia lebih suka minum dari sumber air yang mengalir, maka menyediakan air mancur di area rumah adalah hal yang tepat agar ia tak malas minum.

Selain menyediakan air, memberikannya makanan basah pun bisa membantunya memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus menjaga terhidrasi setiap saat.

Konsultasikan Dengan Dokter Hewan

Apabila kamu telah mencoba hal-hal di atas dan kucingmu masih malas untuk minum, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter hewan untuk meminta saran soal masalah tersebut. Sebab bisa jadi bukan karena kualitas air di lingkunganmu yang buruk—sehingga ia enggan meminumnya, melainkan ia sedang memiliki masalah kesehatan.