Apakah Semua Kucing Memiliki Kebutuhan Nutrisi yang Sama?

May 27, 2019

Umumya anak kucing baru dapat dipelihara oleh manusia ketika ia berusia delapan hingga sepuluh minggu.

Anak kucing yang masih berusia sangat muda biasanya memiliki kesulitan mencerna makanan padat, sebab ia masih menjalani masa transisi, di mana sebelumnya ia hanya mengonsumsi susu induknya.

Pada masa tersebut, anak kucing kerap disebut sebagai ‘bayi kucing’, hingga ia berusia empat bulan. Maka, hal penting yang perlu kamu ketahui adalah bayi kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan anak kucing. 

Apa Perbedaannya?

Proses pertumbuhan bayi kucing terbilang cukup cepat, sehingga ia membutuhkan asupan nutrisi khusus—bukan nutrisi untuk anak kucing. Tulang yang dimiliki oleh bayi kucing akan terus berkembang, gigi susu (yang nanti akan tanggal) perlahan muncul, dan sistem pencernaan sekaligus kekebalan tubuhnya pun masih terus berkembang.

Anak kucing yang berusia lebih tua (di atas empat bulan, kurang dari satu tahun) mempunyai sistem yang lebih kukuh serta membentuk jaringan otot yang lebih banyak. Gigi susunya pun secara bertahap akan berganti dengan gigi tetap, dan ia pun cenderung akan lebih aktif.

Mengapa Hal Ini Penting?

Nah, setelah mengetahui perbedaan bayi dan anak kucing, memberikannya nutrisi yang sesuai dengan usianya adalah hal yang sangat tepat. Mengingat bayi kucing memiliki sistem kekebalan tubuh yang terus berkembang, tentunya ia butuh nutrisi tambahan.

Memiliki usia yang lebih matang dibanding bayi kucing, sistem imun yang dimiliki anak kucing terbilang dapat mengembangkan kekebalan tubuhnya sendiri. Namun untuk mendukung dan mengoptimalkan pertumbuhan otot sekaligus perkembangan lainnya, berikanlah anak kucing nutrisi yang dirancang secara khusus untuknya.

Konsultasikan Dengan Dokter Hewan

Berkunjung ke dokter hewan adalah cara yang terbaik untuk tahu soal kesehatan sekaligus apa saja yang seharusnya dihindari serta diberikan kepada bayi atau anak kucingmu.

Sebaiknya, lakukanlah konsultasi secara rutin agar kondisi kesehatan bayi atau anak kucingmu senantiasa terjaga.

 

source: http://www.mypetreference.com/2017/12/05/BabyCat_v_Kitten