5 TIPS MENGOMBINASIKAN MAKANAN BASAH DAN KERING UNTUK ANJING

Apr 24, 2019

Tidak sedikit pemilik anjing yang masih bertanya-tanya mengenai jenis makanan terbaik untuk anjingnya, basah atau kering? Pada dasarnya, keduanya memiliki kelebihan tersendiri. Apabila anjingmu cukup rewel soal makanan, makanan basah bisa jadi pilihan tepat karena aromanya yang kuat. Bukan hanya itu, makanan basah pun dapat menjaga anjingmu agar tetap terhidrasi. Namun, makanan kering pun mempunyai manfaatnya sendiri, yakni membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut anjingmu. Biasanya, harga makanan kering pun terbilang lebih terjangkau dibandingkan dengan makanan basah.

Ya, kelebihan yang terdapat pada makanan basah dan kering memang berbeda. Untuk itu, agar anjingmu memperoleh manfaatnya secara optimal, coba kombinasikan makanan basah dan kering untuknya. Jangan lupa, sebelum menerapkannya kepada anjingmu, coba perhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu, ya, Pet Mates!

Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Saat ini, banyak makanan anjing yang diformulasikan secara khusus untuk usia maupun kondisi kesehatan tertentu. Maka, sebelum kamu mulai memberikan anjingmu kombinasi makanan basah dan kering, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter hewan, ya! Pastikan bahwa makanan yang akan kamu berikan kepada anjingmu merupakan pilihan yang tepat untuk usia maupun kondisi kesehatannya, ya!

Kontrol Porsi Makanan

Makanan anjing dengan kualitas tinggi umumnya memiliki takaran porsi tersendiri. Tentunya, takaran porsi antara makanan basah dan kering sudah pasti berbeda. Pada dasarnya, makanan basah mengandung lebih sedikit kalori per gram dibanding makanan kering. Mengombinasikan makanan basah dan kering tidak semudah menukar setengah mangkuk makanan basah dengan makanan kering. Sebaiknya, tanyakan pada dokter hewan mengenai hal tersebut.

Perkenalkan Secara Bertahap

Meskipun anjing adalah hewan yang gemar mengonsumsi apa pun, tetapi apabila kamu tidak mengontrolnya, bukan tidak mungkin kalau kesehatan pencernaannya akan terganggu. Maka, jika kamu ingin memberikannya kombinasi makanan basah dan kering, sebaiknya perkenalkanlah secara bertahap, sehingga sistem pencernaannya memiliki jeda waktu untuk menyesuaikan perubahan jenis makanan yang ia konsumsi.

Mencampur Makanan

Cara terbaik untuk menyajikan makanan adalah dengan mencampurkan makanan kering dan basah sekaligus dalam satu wadah. Hal ini bertujuan agar anjingmu memakan kedua tipe makanan ini sekaligus dan memperoleh seluruh manfaatnya.

Selalu Sediakan Air Minum

Tentu saja, banyak manfaat yang didapat oleh anjingmu ketika kamu memberikannya kombinasi makanan basah dan kering. Walaupun makanan basah dapat membantu menjaga anjingmu agar senantiasa terhidrasi, tetapi bukan berarti kamu tidak menyediakannya air minum, ya! Apa pun jenis makanannya, pastikan anjingmu selalu memiliki akses untuk mengonsumsi air minum.

source :http://healthypets.royalcanin.com.au/blog/5-tips-for-mixed-feeding-wet-and-dry-food-for-dogs/