5 Tips Menurunkan Berat Badan Pada Kucing Senior

Jul 04, 2018

Secara umum, ada tiga klasifikasi pembagian umur seekor kucing, yaitu kitten (anak kucing) 0-1 tahun, adult (dewasa) 1-7 tahun, mom (senior) 7 tahun ke atas. Ketiga jenis kucing dengan umur yang berbeda ini masing-masing memiliki pola makan yang berbeda.

Khusus pada kucing senior, pola makan yang sering terjadi adalah pola makan berlebih. Akibatnya, hal ini berpotensi untuk menimbulkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Jika obesitas terjadi, maka satu-satunya cara yang bisa ditempuh adalah dengan berdiet. Aktivitas ini pun secara tidak langsung akan memperpanjang harapan serta menambah kualitas hidup seekor kucing.

Bagaimana melakukan diet untuk kucing ketika tambah tua? Berikut ini 5 tips yang bisa kamu lakukan:

Hindari makanan berlemak dan berkalori

Ketika seekor kucing mengalami obesitas, maka hal ini menandakan banyaknya lemak yang terkandung dalam tubuhnya. Maka dari itu, fokus utama yang harus dilakukan adalah dengan menghindarkan kucing dalam makanan yang mengandung lemak tinggi.

Tidak hanya itu, makanan dengan kalori yang tinggi juga harus dihindari untuk mendapatkan keseimbangan asupan gizi.

Penuhi kebutuhan nutrisinya

Apabila kucing kesayanganmu memiliki aktivitas yang tinggi, penting untuk memerhatikan kebutuhan nutrisinya, apalagi jika kucingmu sudah berada pada tahap umur senior. Sebab jika tidak, hal ini akan berdampak pada kesehatannya. Semakin baik nutrisi yang diberikan, semakin baik pula proses penuaan yang terjadi.

Perbanyak minum

Meskipun kucing merupakan makhluk hidup yang mampu bertahan dengan asupan air yang sedikit, namun faktor umur akan membuat hal ini akan menurun. Semakin tua seekor kucing, semakin rentan dia terhadap dehidrasi. Oleh karena itu, kebutuhan akan air ini harus terus dipenuhi.

Jika kucing kesayanganmu malas minum air, hal ini bisa diakali dengan memberinya makanan basah dengan kadar air yang tinggi.

Manfaatkan indra penciuman

Seperti manusia yang mengalami penurunan fungsi tubuh ketika semakin tua, hal ini juga terjadi pada seekor kucing. Salah satu indra yang berkurang fungsinya adalah penciuman.  Menurunnya indra penciuman akan berdampak langsung pada nafsu makannya.

Hal ini pun dapat dimanfaatkan dengan memberikan makanan yang tidak mengandung lemak sehingga berguna untuk diet yang sedang dijalaninya.

Tingkatkan jumlah protein

Meskipun makanan dengan lemak dan kalori yang tinggi telah dihindari, jangan pernah mengabaikan asupan nutrisi kucing kesayanganmu. Pasalnya, protein berkualitas tinggi adalah protein yang mudah dicerna dan memiliki nilai nutrisi yang tinggi.

Makanan kucing terbaik dengan kandungan nutrisi dan protein yang tinggi bisa kamu dapatkan pada produk Royal Canin. Teksturnya pun sangat lembut sehingga membuat semua jenis kucing mudah untuk mengonsumsinya. Ada beragam varian makanan kucing dengan segala jenis umur berbeda yang tersedia.

Bukan hanya itu, makanan hewan yang paling banyak disukai ini juga mampu membantu penyembuhan berbagai macam penyakit seperti masalah pencernaan, saluran kecing, serta membantu diet apalagi bagi kucing ketika umurnya bertambah tua. Tidak heran ketika Royal Canin direkomendasikan oleh para Dokter Hewan.