5 Tips Mengurangi Berat Badan Pada Kucing

Oct 19, 2017

Manusia bukanlah satu-satunya yang terkena penyakit obesitas. Nyatanya, obesitas juga bisa menimpa kucing kesayangan kita. Sebagai akibatnya, kucing yang terlalu gemuk akan menjadi malas beraktivitas dan menimbulkan penyakit serius. Seperti apa ciri-ciri kucing yang mengalami obesitas?

 

Ciri-Ciri Kucing Obesitas

Tanpa menimbang kucing, indikator kondisi kelebihan berat badan nya dapat ditentukan dengan menggunakan skor kondisi tubuh dan dirasakan saat kamu membelai dia dan mengawasinya dengan teliti.

 

Rusuk dan tulang punggungnya memang tidak terlihat, tapi bisa kamu coba untuk merabanya. Ketika dilihat dari atas, batas pinggangnya harus terlihat jelas dan perutnya tidak boleh mengendur atau buncit. Jika perut terlihat buncit dan kamu harus menekan ketika ingin menyentuh tulang rusuk, artinya kucing kamu kelebihan berat badan, maka kamu harus segera bertindak untuk mengatasinya.

 

Umumnya, untuk sebagian besar kucing, berat badan ideal tercapai pada akhir pertumbuhan, sekitar umur 8 - 12 bulan. Berat badan pada saat dewasa ini (12 bulan)  bisa menjadi referensi berat badan normal untuk sisa hidup kucing. Apapun gaya hidupnya, kamu harus berusaha untuk menjaga berat badan dan vitalitas kucing kesayanganmu.

 

Bagaimana cara mengurangi berat badan pada kucing? Beberapa ahli gizi memberikan saran bahwa makanan kering (dry food) adalah satu faktor yang mempengaruhi kenaikan berat badan, tetapi yang lainnya ada yang mengatakan sebaliknya. Namun sadarkah kamu jika pengaruh dari pola makan, kebiri, dan aktivitas tidak terlalu berpengaruh besar karena sebenarnya faktor paling utama berasal dari si pemilik. Sebagai pemilik kucing, kamu bisa sangat membantu untuk mengurangi berat badannya dan membuatnya hidup sehat. Berikut ini beberapa tips mengurangi berat badan kucing yang bisa mulai kamu jalankan dari sekarang. Sebaiknya kamu juga berkonsultasi dengan dokter hewan untuk penanganan terbaik:

 

1. Perhatikan asupan makanan

Tips mengurangi berat badan kucing yang pertama, perhatikan asupan makanannya. Kucing adalah karnivora sejati, bukan berarti ia boleh mengonsumsi makanan yang mengandung daging-dagingan terlalu  banyak. Batasi porsi makannya dengan tidak menuangkan makanan terlalu banyak pada mangkuk atau tempat makannya.

 

 

2. Cek berat badan kucing

Kedua, cek berat badan kucing kamu minimal sebulan sekali. Dengan begitu, kamu pun bisa mengontrol seberapa banyak makanan yang seharusnya diberikan. Untuk menimbangnya, gunakan timbangan khusus hewan agar bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat.

 

3. Atur porsi makan

Hal paling penting dalam upaya menurunkan berat badan kucing kamu adalah dengan mengatur sebaik mungkin porsi makannya. Sebisa mungkin jangan menuang terlalu banyak makanan pada wadah makannya. Sebab kucing akan selalu mengonsumsi makanan sebanyak apapun itu yang bisa dijangkaunya dengan mudah meskipun ia sedang tidak lapar.

 

4. Olahraga

Tips mengurangi berat badan kucing ini cukup unik, yakni berolahraga. Olahraga seperti mengajaknya bermain seperti mengejar mainan, bola dan semacamnya minimal 20 menit sehari bukan hanya dapat menguruskan lho tetapi juga dapat menghindari stress pada kucing. Olahraga juga dapat membuat kamu menjadi semakin dekat dengan si kucing kesayangan.

 

5. Jangan beri makanan manusia

Jangan pernah berbagi makanan dengan kucing. Sebab selain membahayakan, bahan yang terkandung dalam makanan manusia juga bisa memicu kelebihan berat badan pada kucing. Jadi, biasakan kucing kamu hanya mau menikmati makanannya sendiri, bukan makanan manusia yang umumnya mengandung lebih banyak kalori.

 

Jadikan kucingmu lebih sehat dengan berat badan yang ideal. Maka dari itu, kamu bisa melakukan kelima tips mengurangi berat badan kucing dari sekarang dan jangan lupa untuk selalu memberikan makanan yang mengandung nutrisi dan lemaknya dengan seimbang seperti Royal Canin ya!