Tips Melatih Anak Kucing Agar Buang Air Pada Tempatnya

Aug 02, 2018

Kucing merupakan hewan yang sangat lucu dan jinak. Tidak heran ketika seseorang suka memelihara banyak kucing di rumahnya. Meski begitu, hewan ini kadang bisa jadi menyebalkan ketika buang air di sembarang tempat.

Pasalnya,  walaupun air seni kucing tidak banyak tapi jika dibiarkan buang air kecil sembarangan, maka bisa mengotori rumah dan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Melakukan toilet training atau melatih kucing untuk buang air seharusnya dibiasakan sejak dia masih kecil. Nah, ada beberapa cara melatih anak kucing buang air di tempat yang benar yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

Latih di usia yang tepat

Agar pelatihan terhadap anak kucing kamu tidak sia-sia, pastikan dulu bahwa si kecil telah berada pada usia yang tepat. Biasanya, mereka akan siap ketika berada pada usia tiga minggu atau telah mampu makan makanan padat. Sebab di usia ini dia akan meniru apa yang induknya lakukan dan juga menyukai makanan yang dimakan oleh induknya.

Sediakan kotak kotoran

Sebagai latihan awal, kamu sebaiknya memulai dengan menyediakan kotak kotoran. Pilihlah kotak kotoran dengan ukuran yang besar atau dua kali ukuran tubuhnya. Hal ini akan memudahkan si kecil untuk bergerak secara leluasa dan nyaman ketika buang air. Selain itu, kamu juga perlu meletakkan kotak tersebut di tempat yang mudah dijangkau.

Gunakan kotak tertutup

Sebelum membeli kotak kotoran, sebaiknya kamu mempertimbangkan kotak yang tertutup. Ada beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan kotak jenis ini. Pertama, hal ini untuk menghindari agar pasir dan kotoran tidak menyebar ke lantai. Kedua, agar  bau kotoran tidak menyeruak dan membuat ruangan berbau tidak sedap. Selain itu, kotak tertutup akan membuat kucing kamu merasa nyaman. 

Isi kotak dengan pasir

Kotak kotoran yang besar dan tertutup tadi, sebaiknya diisi dengan pasir. Sebab pasir akan membuat si kecil merasa nyaman ketika buang air. Untuk pemilihan pasirnya sendiri, sebaiknya menggunakan jenis pasir yang tidak beraroma karena bisa jadi si kecil tidak menyukainya. Hindari pula pasir yang berdebu karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada paru-paru kucing.

Lakukan dengan kasih sayang

Dalam beberapa kasus, melatih anak kucing agar buang air pada tempatnya bisa jadi sangat menantang dan kadang menjengkelkan. Pasalnya, ketika kamu sudah menyiapkan semua perlengkapan dan mengajarkannya secara pelan-pelan, si kecil kadang tidak mau menurut.

Tetaplah bersabar dan lakukan dengan penuh kasih sayang. Jangan pernah mengasarinya sebab kemungkinan dia tidak akan lagi mau buang air di tempat yang telah kamu siapkan.

Sebagai salah satu wujud kasih sayang, kamu bisa memberikannya makanan kucing terbaik berupa Royal Canin. Makanan kucing ini sangat direkomendasikan oleh para veterinarian (dokter hewan) mengingat kandungan nutrisinya yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kucing.

Royal Canin hadir dalam beragam varian seperti untuk kitten, adult, mother and baby hingga ras kucing tertentu lainnya. Teksturnya pun disesuaikan sehingga membuat semua jenis kucing mudah untuk mengonsumsinya.

Dengan memperlakukan kucing dengan penuh kasih sayang, hal ini pun akan memudahkan kamu untuk melatihnya buang air di tempat yang benar.