Tips Aman Mengajak Anjing Berenang

Dec 21, 2018

Anjing berenang? Yup, anjing berenang bukanlah hal yang aneh. Mungkin kamu juga pernah melihat seekor anak anjing yang pandai berenang. Mengajak anjing berenang bukanlah hal yang mustahil. Berenang berguna sebagai aktivitas fisik anjing yang menyehatkan. Berenang juga melatih otot-otot anjing agar terbentuk dengan baik. Ikutilah tips aman mengajak anjing berenang berikut ini.

 

1. Mulai di Air Dangkal

Cara mengajak anjing berenang yang pertama adalah mulai mengajak anjing ke air yang dangkal. Pet Mates dapat menggunakan mainan untuk menarik perhatian anjing. Temani anjingmu selama berada di dalam air. Kamu bisa memulai mengajarkan anjingmu untuk menggerakkan kakinya. Dukunganmu sangat penting untuk motivasi anjing belajar berenang. Terutama jika anjingmu masih berusia muda. 

Awasilah anjingmu selama berada di dalam air. Usahakan sebisa mungkin anjing tidak menelan air dari kolam. Air di kolam mungkin mengandung bakteri yang dapat menyebabkan anjing diare.

 

2. Air Minum yang Cukup

Jika anjingmu sudah mulai terbiasa berenang di kolam yang dangkal, kamu bisa mulai mengajaknya berenang di pantai. Namun jangan lupa untuk menyediakan air minum yang cukup selama kamu mengajak anjing berenang. Anjingmu mungkin akan menelan air laut yang asin selama latihan berenang. 

Meminum air laut yang asin dapat membuat kerongkongan anjingmu kering. Anjing butuh air minum yang cukup untuk mencegahnya dari dehidrasi. Jadi, kamu perlu memberikannya air minum secara berkala agar anjingmu tidak kehausan.

 

3. Sediakan Obat Anti-Parasit

Mengajak anjing berenang perlu kesabaran. Sebaiknya kamu juga mengenalkan anjingmu pada macam-macam kondisi air. Seperti kolam renang, pantai, danau, dan sungai yang airnya mengalir. Ini untuk melatih anjingmu berenang dalam kondisi berbagai jenis perairan. 

Air tempat anjing berenang belum tentu higienis. Anjingmu memiliki risiko terkena parasit seperti jamur dan kutu air. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menyiapkan obat anti-parasit. Gunakan obat ini agar anjingmu terhindar dari penyakit gatal-gatal setelah berenang. Konsultasikan dengan dokter obat apa yang tepat untuk menjaga kesehatan anjing selama berenang.

 

4. Kenakan Pelampung

Bagaimanapun, keselamatan anjingmu sangat penting. Bahkan di laut yang tenang, hal terburuk bisa saja terjadi pada anjingmu. Jangan malas untuk membantu anjingmu mengenakan pelampung keselamatan setiap kali kamu akan mengajak anjing berenang di perairan yang dalam. Menjaga keselamatan anjingmu sangat penting. 

 

5. Mandi Setelah Berenang

Mandi setelah berenang sangat penting untuk membilas sisa klorin dan zat berbahaya lain dari kulit anjing. Sejak awal mengajak anjing berenang, sebaiknya kamu membiasakan anjing untuk selalu mandi setelah belajar berenang. Ini untuk memastikan kulit dan rambut anjingmu tetap sehat setelah berenang.

Bilaslah anjingmu dengan air bersih setelah berenang. Kemudian usapkan sampo khusus anjing ke seluruh permukaan tubuh anjing. Bersihkan tubuh anjing dengan air bersih sampai tidak ada bekas sampo yang menempel. Setelah selesai, kamu dapat mengeringkan tubuh anjingmu dengan handuk. Sisir rambutnya dengan sisir khusus anjing. Berikan anjingmu cukup waktu untuk istirahat setelah belajar berenang. 

 

Mengajak anjing berenang sangat penting agar anjingmu siap menghadapi situasi yang tidak terduga, yang mengharuskannya bisa berenang. Bekali anjingmu dengan daya tahan tubuh yang baik agar kesehatannya tetap terjaga selama belajar berenang. Berikan Royal Canin yang mengandung nutrisi lengkap dengan porsi sesuai kebutuhan anjingmu.