Seberapa Penting Pemeriksaan Kesehatan untuk Anjing

Aug 08, 2018

Beberapa jenis penyakit tidak menampakkan gejala pada stadium awal. Mungkin anjingmu terlihat sehat-sehat saja. Tapi jangan salah, kamu tetap harus melakukan pemeriksaan kesehatan anjing secara rutin. Pemeriksaan kesehatan penting untuk menegakkan diagnosa lebih dini terhadap penyakit yang di derita anjing. Namun tahukah kamu, apa saja penyakit paling umum pada anjing? Seberapa penting check up untuk anjing? Apa saja yang diperiksa dan kapan waktu check up untuk anjing yang baik dan tepat? Yuk, kita bahas satu per satu.

 

Penyakit Paling Umum Pada Anjing

Kegemukan atau obesitas merupakan penyakit paling umum yang sering diderita oleh anjing. Selain kegemukan, anjing juga rentan memiliki masalah karang gigi dan infeksi telinga. Kamu sebaiknya rutin memeriksa potensi munculnya ketiga penyakit ini.

Penyakit lainnya yang sering diderita anjing antara lain, tumor kelenjar susu, katarak, jantung, penyakit sendi degeneratif, masalah kulit, radang gusi, dan ganguan pernapasan. Beberapa anjing juga memiliki alergi terhadap kondisi tertentu, seperti alergi makanan, alergi suhu udara, dan alergi terhadap lingkungan seperti debu dan tanaman. Bahkan, anjing pun dapat mengalami gangguan kecemasan. 

Tentu saja semua penyakit ini akan berpengaruh dalam kualitas hidup anjing. Jangan menunggu anjingmu menderita sakit yang parah untuk mengunjungi dokter hewan. Kamu perlu secara rutin mematuhi waktu check up anjing yang baik.

 

Pentingnya Check up untuk Anjing Peliharaan Kamu 

Kalau kamu baru saja mengadopsi anak anjing, segera tentukan kapan waktu check up anjing yang baik. Sebaiknya secepat mungkin kamu mengunjungi dokter hewan untuk memeriksakan kesehatan anjingmu. Kemudian beri waktu pada anjing untuk menyesuaikan diri di rumah baru.

Penyakit gagal ginjal pada anjing baru terlihat gejalanya dari luar saat 75% fungsi ginjal sudah terganggu. Bukankah ini sudah terlambat? Tentu kamu menginginkan anjing dalam kondisi yang sehat dalam waktu yang lama. Ini hanya salah satu contoh pentingnya untuk mematuhi waktu check up anjing yang baik. Kamu akan dapat mengetahui lebih awal jika anjingmu terserang penyakit.

Demikian juga ketika anjingmu mulai mengalami kegemukan atau obesitas. Pada awalnya kamu sulit untuk melihat seberapa besar kenaikan berat badan anjingmu. Kamu perlu untuk secara rutin menimbang berat badan anjing dalam waktu check up anjing yang baik. Ini penting untuk mendeteksi kenaikan berat badan sejak awal.

 

Apa Saja yang Diperiksa dan Kapan Waktu Pemeriksaan Anjing yang Baik dan Tepat?

Dalam check up rutin, biasanya anjing akan diberikan kartu kontrol. Dokter hewan akan memeriksa secara rutin kondisi kesehatan anjing. Hal-hal yang diperiksa meliputi berat badan, suhu tubuh, denyut nadi, auskultasi, dan pemeriksaan fisik lengkap. Dokter hewan akan memberikan jadwal vaksinasi untuk anjingmu. Untuk anjing dewasa, sebaiknya diberikan vaksin satu tahun sekali. Sedangkan anak anjing perlu mendapatkan vaksin lebih sering. 

Berikut ini contoh pemberian vaksin dan waktu pemeriksaan anjing peliharaan kamu yang baik dan tepat waktu.. Ketika usia enam minggu, anak anjing akan diberikan vaksin primer : distemper, parvovirus. Saat anak anjing berusia 9 minggu, dokter hewan akan memberikan vaksin hepatitis dan leptospirosis. Vaksinasi booster dapat diberikan pada anak anjing berusia 12 minggu.

Setelah anjing dewasa dan dalam keadaan sehat, kamu dapat melakukan pemeriksaan kesehatan setiap enam bulan sekali atau satu tahun sekali. Waktu untuk melakukan pemeriksaan terhadap anjing yang baik ini akan ditambah intensitasnya ketika anjing memasuki usia senior. Jika anjingmu mengalami masalah kesehatan, kamu perlu lebih sering untuk memeriksakan kondisinya. Dokter hewan akan memberi tahumu kapan waktu terbaik melakukan check up   untuk anjingmu. 

 

Selain memperhatikan waktu pemeriksaan terbaik untuk anjingmu, kamu perlu memberikan makanan dengan nutrisi lengkap untuk memelihara anjingmu agar tetap terjaga kesehatannya. Berikan anjingmu ROYAL CANIN yang sudah terjamin kualitasnya. ROYAL CANIN diformulasikan secara spesifik sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing.