Rawat Anak Anjing, Lihat 5 Cara Utama Ini

Oct 19, 2017

Memelihara anjing tentu sangat menyenangkan. Seperti yang kita ketahui, anjing merupakan salah satu hewan paling cerdas. Demi melihatnya tumbuh dan berkembang dengan sehat hingga dewasa, sebagai pemilik tentu wajib hukumnya untuk selalu telaten dalam merawat anak anjing. Sebab waktu yang paling penting dalam perkembangan anak anjing adalah selama usia tahun pertama, terutama selama usia 3 bulan pertama dalam hidupnya. Dengan memahami tahap perkembangan anak, akan lebih mudah rasanya saat menyediakan apapun yang anak anjing butuhkan. Perawatan anak anjing kuncinya ada di beberapa hal. Berikut ini adalah perawatan anak anjing yang utama:

1. Air Susu Indukan

Perawatan anak anjing yang utama saat baru lahir adalah pemberian air susu dari induknya langsung. Pada saat lahir, perkembangan syaraf anak anjing belum sempurna. Anak anjing terlahir tuli, buta, dengan daya penciuman dan sistem syaraf yang minim.  ASI pertama dengan kolostrum ini sangat penting bagi anak anjing. Selain tinggi protein, kolostrum  memasok 95%  antibodi yang diperlukan untuk melindungi anak anjing dari berbagai infeksi. Induk anjing  juga memberikan kekebalan tubuh pasifnya berupa  "memori imunologi" dari ASI yang diberikan untuk  dalam jangka waktu 5-7 minggu.

 

2. Melatih Anak Anjing

Beranjak hitungan minggu, anak anjing biasanya sudah mulai bisa melihat dan mengenali lingkungan sekitar. Inilah saat yang tepat untuk melatihnya! Apa yang boleh dia lakukan    apa yang tidak boleh dilakukan harus kamu ajarkan sejak hari itu. Gabungkan latihan ini dengan permainan agar ia tidak bosan, hingga hubungan pertemanan yang baik pun terjalin dengannya. Melalui latihan ini, anak anjing pelan-pelan akan mengetahui apa yang diharapkan oleh kamu sebagai majikannya.

 

3. Jalan-Jalan

Sebagai hewan sosial, anak anjing sedari dini juga perlu bertemu makhluk hidup lain dan mengeksplorasi suatu wilayah. Bawalah ia jalan-jalan minimal satu jam setiap hari. Dengan berjalan-jalan, anak anjing memiliki kesempatan untuk “buang kotoran”, membakar cadangan energi,  dan bersosialisasi  dengan hewan sejenis lain. Terdengar sepele, namun jalan-jalan termasuk perawatan anak anjing yang sangat memengaruhi perkembangan psikologisnya. Kenakan tali khusus di badannya (harness) selagi berjalan-jalan dan pastikan daerah tersebut jauh dari jalan raya.

 

4. Grooming

Perawatan anak anjing yang satu ini jangan sampai terlewatkan! Grooming pada umumnya terdiri dari proses memandikan, perawatan kuku, bahkan sampai menggosok gigi. Membiasakan anak anjing dengan grooming sedari dini akan membuatnya terhindar dari rasa takut pada air atau suara-suara peralatan salon hewan. Dengan begitu, kamu pun tak perlu repot menenangkannya setiap kali grooming dilakukan.

 

5. Beri Makanan Terbaik

Setelah masa menyusui selesai, terakhir jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak anjing dengan memberinya makanan terbaik. Makanan anak anjing yang berkualitas sepatutnya terdiri dari kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang disesuaikan pula dengan ras dan umurnya. Nah, kamu bisa menemukan makanan anjing dengan kualitas sedemikian rupa di Royal Canin! 

 

Seperti itulah 5 cara utama yang bisa kamu lakukan dalam merawat anak anjing kesayangan. Satu hal lagi yang terpenting, lakukan dengan penuh cinta kasih agar ia pun merasa nyaman dan bahagia. Selamat mencoba!