Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memilih Vitamin untuk Anjing

Dec 21, 2018

Anjing membutuhkan vitamin untuk mendukung kesehatannya. Vitamin yang sangat penting untuk anjing ini biasanya sudah terkandung di dalam makanan yang anjing konsumsi setiap hari. Namun, komposisi dari setiap zat vitamin yang masuk ke dalam tubuh anjing belum tentu tepat dengan kebutuhan anjing.

Dalam kondisi tertentu, anjing memerlukan tambahan asupan vitamin. Misalnya ketika anjing kekurangan vitamin D, maka anjingmu butuh tambahan asupan vitamin D. Pet Mates dapat memberikan asupan vitamin anjing terbaikdalam bentuk makanan, maupun dalam bentuk vitamin khusus untuk hewan peliharaan. 

Memberikan vitamin pada anjing tidak boleh sembarangan. Seperti halnya kekurangan vitamin, kelebihan vitamin juga dapat menyebabkan dampak yang tidak baik bagi anjing. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperhatikan 5 hal berikut ini untuk memberikan vitamin anjing terbaik.

 

1. Vitamin Berbeda untuk Anak Anjing dan Anjing Dewasa

Anak anjing dan anjing dewasa membutuhkan vitamin dengan komposisi berbeda. Hal ini sangat masuk akal karena anak anjing dan anjing dewasa tentu memiliki usia, ukuran tubuh, dan pola makan yang berbeda. Sebaiknya kamu menyesuaikan vitamin anjing terbaik yang akan diberikan untuk anjingmu berdasarkan usia anjingmu.

 

2. Memberikan Vitamin untuk Anjing Secara Langsung 

Memberikan vitamin pada anjing dapat dilakukan secara langsung.  Kadang-kadang, tindakan ini diperlukan untuk kebaikan anjing. Misalnya ketika anak anjing ataupun anjing dewasa dalam masa rehabilitasi. Memberikan vitamin secara utuh diperlukan untuk mempercepat proses kesembuhan anjing.

 

3. Cara Memberikan Vitamin untuk Anjing Melalui Makanan 

Selain memberikan vitamin anjing terbaik secara langsung, kamu juga dapat memberikan anjing vitamin melalui makanan bernutrisi. Makanan anjing yang baik biasanya telah dilengkapi dengan berbagai vitamin dengan komposisi tepat yang terkandung di dalamnya. Pilihlah makanan anjing yang mudah dicerna. Selain vitamin, sebaiknya kamu juga perlu memperhatikan komposisi mineral dalam makanan anjingmu. Beberapa jenis mineral tidak bisa dicerna tanpa adanya vitamin. Oleh karena itu, pastikan asupan vitamin dan mineral dalam makanan anjingmu seimbang. 

 

4. Memahami Jenis dan Fungsi Vitamin untuk Anjing

Saat memilih vitamin anjing terbaik, pastikan kamu mengetahui tentang macam-macam vitamin dan fungsinya untuk anjing. Misalnya vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi penglihatan anjing menjadi lebih baik. Vitamin A juga penting untuk perkembangan tubuh anjing. 

Anjing juga memerlukan vitamin B untuk mencegah anemia dan beri-beri. Vitamin B juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem saraf beserta lapisan kulit anjing. Selain itu, anjing memerlukan vitamin C yang cukup. Vitamin C berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh anjing. Vitamin C ini akan menjaga tubuh anjing dari serangan virus ataupun infeksi bakteri. Selain itu anjing juga membutuhkan vitamin-vitamin lainnya seperti vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

 

5. Konsultasi ke Dokter Hewan

Memberikan vitamin anjing terbaik sebaiknya dalam pengawasan dokter hewan. Ada aturan yang perlu diperhatikan dalam memberikan vitamin pada anjing. Kamu perlu memperhatikan dosis dan waktu pemberian vitamin. Konsultasi dengan dokter hewan saat memilih vitamin untuk anjing merupakan langkah yang tepat. Dokter hewan akan membantumu memberikan arahan yang tepat dalam memberikan vitamin pada anjing.

 

Untuk menjaga kesehatan anjing dan meningkatkan harapan hidup lebih lama, selain memberikan vitamin anjing terbaik, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan anjingmu. Berikan anjingmu makanan Royal Canin yang memiliki formulasi tepat sesuai kebutuhan anjing.