Penyebab dan Arti Dengkuran Kucing

Oct 09, 2018

Pernahkah Pet Mates mengamati kucing saat terlelap? Melihat kucing yang sedang tidur memang menyenangkan. Wajahnya terlihat lucu dan menggemaskan.  Tubuhnya naik turun dengan napas yang teratur, tanpa suara. Namun, adakalanya kucing mengeluarkan suara dengkuran saat tidur. 

Kucing mendengkur secara refleks. Bukan saja saat tidur, kucing juga bisa mendengkur saat terjaga. Sering kali dengkuran kucing juga terdengar ketika kucing mengalami rasa sakit. Pet Mates penasaran tidak, apa sih penyebab dan arti dengkuran kucing?

Penyebab Dengkuran Kucing

Semua kucing memiliki kemampuan untuk mendengkur. Baik itu anak kucing yang baru lahir, kucing dewasa, maupun kucing yang sudah senior. Kemampuan mendengkur juga tidak berkaitan dengan jenis ras kucing maupun daerah tempat asal kucing.

Belum diketahui pasti penyebab kucing mendengkur dan apa arti dengkuran kucing. Apakah karena stres atau adanya penyumbatan di saluran pernapasan kucing. Namun setidaknya ada dua hipotesis yang dapat menjelaskan darimana suara dengkuran kucing ini berasal.

1. Hipotesis pertama menyebutkan bahwa suara dengkuran kucing berasal dari getaran pita suara di tenggorokan kucing. Pada saat bernapas, udara yang melewati diafragma dan tenggorokan kucing akan menghasilkan getaran. Getaran inilah yang kita dengar sebagai suara mendengkur yang terjadi saat kucing tidur.

2. Hipotesis kedua menegaskan bahwa suara dengkuran berasal dari getaran yang berasal dari pembuluh darah yang mengenai bronkus dan trakea pada leher kucing. Getaran ini terjadi secara refleks ketika kucing tidur.

Apapun penyebab dengkuran kucing, para ilmuwan telah menemukan fakta bahwa mendengkur saat tidur sangat berarti bagi kucing. Banyak manfaat yang bisa didapat oleh kucing dengan tidur mendengkur. 

Arti Dengkuran Kucing

Arti dengkuran kucing biasanya dikaitkan dengan proses pelepasan stres dan rasa cemas. Secara refleks kucing akan mendengkur jika mengalami peristiwa yang membuatnya takut. Dengkuran kucing sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi depresi pada kucing.

Selain pelepasan stres, mengekspresikan rasa bahagia dan sejahtera juga dapat menjadi arti dengkuran kucing. Hal ini dikarenakan kucing merasa aman dari gangguan di sekitarnya. Dengkuran merupakan tanda kepuasan hati kucing. Kucing yang bersahabat dan berperilaku baik sering dijadikan hewan terapi di rumah dan panti werdha. Kucing-kucing ini menebarkan suasana tenang di sekitarnya.

Ketika tidur mendengkur, tubuh kucing mengeluarkan hormon endorfin yang membuatnya merasa lebih tenang. Ini sangat efektif membantu proses penyembuhan saat kucing sakit. Kucing akan mendengkur saat akan melahirkan untuk mengatasi rasa sakitnya. Sekarang kamu sudah mengetahui alasan mengapa kucing lebih mampu mengatasi rasa sakit setelah menjalani operasi, dibandingkan hewan lain. 

Ketika mendengkur, kucing sedang memperbaiki sistem peredaran darah di dalam tubuhnya. Suasana yang tenang dan kondisi emosional yang stabil sangat baik untuk melancarkan aliran darah kucing. Kucing akan terhindar dari gangguan penyumbatan pembuluh darah.

Nah, setelah mengetahui penyebab dan arti dengkuran kucing, kamu tidak perlu khawatir lagi bila kucingmu mendengkur. Jika kamu masih merasa cemas, kamu dapat membawa kucingmu untuk diperiksa dokter hewan. Dokter hewan akan menjelaskan padamu alasan kenapa kucingmu mendengkur. 

Untuk menjaga kesehatan kucing kesayanganmu, perhatikan juga asupan nutrisi yang dikonsumsinya. Jangan sampai kucingmu terserang penyakit karena kekurangan zat gizi atau vitamin tertentu. Pastikan kucingmu mengonsumsi Royal Canin. Royal Canin diformulasikan secara khusus sesuai kebutuhan zat gizi dan vitamin yang dibutuhkan kucing.