3 Penyebab Anjing Tidak Mau Makan

Oct 19, 2017

Pada dasarnya, anjing termasuk salah satu hewan yang suka makan. Hampir semua jenis makanan bisa ia makan. Kendati demikian, terkadang ada saja anjing yang menolak makan dan tentu hal ini membuat Pet Mates bingung. Bila anjing tidak mau makan bisa membuatnya kurus, tak bertenaga, dan juga sakit. Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab anjing tidak mau makan, berikut penjelasannya. 

 

Sakit 

Bisa jadi penyebab anjing tidak mau makan dikarenakan ia sedang sakit. Ada baiknya kamu memeriksakan kondisi kesehatannya. Kondisi badan yang sakit Ini bisa menyebabkan nafsu makan anjing menurun. Bisa juga penyebab anjing tidak mau makan karena sedang menjalani perawatan yang mengharuskan ia  mengonsumsi obat-obatan tertentu. Terkadang ada beberapa obat yang membuat hewan peliharaan kehilangan nafsu makannya. Salah satu solusi yang bisa dilakukan yakni memberikan vitamin penambah nafsu makan.

 

Stres 

Stres bisa juga menjadi penyebab anjing tidak mau makan. Ada kemungkinan anjingmu mengalami stres karena perubahan lingkungan, seperti pemindahan kepemilikan. Ada pula anjing lain yang mudah stres karena dampak dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu kurang membuatnya nyaman. Sebaiknya biarkan anjing beradaptasi terlebih dulu di lingkungan baru. Bila memiliki anjing lebih dari satu, kamu bisa memperhatikan perilaku anjing lain. Hal ini untuk berjaga-jaga jika ada intimidasi dari anjing yang lain.  

 

Makanan 

Makanan yang diberikan bisa menjadi penyebab anjing tidak mau makan. Mungkin anjing kamu tidak suka atau tidak nyaman dengan makanannya. Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus memberikan makanan di waktu yang sama dan teraturdan berikan mereka makanan berkualitas tinggi seperti Royal Canin. 

 

Jika kamu ingin mengganti makanan anjingmu, lakukan masa transisi minimal satu minggu untuk mencegah munculnya gangguan pencernaan. Misalnya, selama 1 minggu kamu bisa menyajikan campuran makanan lama dan baru. Caranya dengan memberikan makanan baru sebanyak 25% ke dalam makanan yang biasa dia makan dan perlahan-lahan tingkatkan persentase makanan baru selama tujuh hari. Pada hari ke tujuh kamu sudah memberi makanan baru secara keseluruhan.  Jika anjingmu tampak bosan dengan makanannya, kamu  dapat mencampur makanan keringnya dengan makanan basah

 

Oleh karenanya, tidak disarankan untuk memberikan camilan jika makanan yang diberikan sudah mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang sesuai kebutuhan anjingmu.Maka dari itu berhati-hatilah untuk tidak mengganggu rutinitas makan anjing kamu dengan memberi makanan yang berlebihan. Bila anjing kamu dalam kondisi tubuh yang baik dan memiliki berat badan yang stabil, maka nutrisi yang kamu berikan mungkin sudah cukup dan nafsu makannya juga baik. 

 

Selain 3 hal di atas, masih banyak penyebab anjing tidak mau makan yang bisa menyerang anjing kesayanganmu. Untuk lebih memastikan kondisi kesehatan dan penyebab anjing tidak mau makan lainnya sebaiknya pastikan memeriksakan anjing kamu pada dokter hewan kepercayaan kamu.