11 Pedoman yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengajak Anak Anjing Traveling

Oct 19, 2017

Bagi kamu yang memiliki anak anjing tidak ada salahnya bila ingin mengajaknya traveling. Dengan mengajak anak anjing traveling bisa mengurangi stres yang dirasakan dan kamu bisa mencurahkan perhatian lebih serta menggantikan waktu kebersamaan yang hilang karena aktivitas yang kamu lakukan. 

Bagi kamu yang lebih memilih untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil, sebaiknya  sedari dini perkenalkan anjing dengan mobil yang akan digunakan untuk mengajaknya pergi. Hal ini berguna agar anak anjing tidak kaget dan bisa beradaptasi. Berikut adalah beberapa tips yang perlu  diperhatikan saat mengajak anak anjing traveling :

1. Sebelum naik ke mobil, sebaiknya ajak anak anjing berjalan-jalan atau bermain di halaman rumah untuk membantu menenangkannya sebelum naik mobil.

2. Selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika mengajak anak anjing traveling dengan mobil adalah kamu harus  duduk di mobil bersama anak anjing dan bermainlah dengannya. Setelah itu beri dia ‘hadiah’ seperti makanan kecil khusus untuk anak anak anjing.

3. Kalungkan sebuah  tag yang bertuliskan keterangan seperti nama anak anjing, nama kamu, dan nomor kontak yang bisa dihubungi pada leher anak anjing kamu. Sehingga bila sewaktu-waktu saat sedang traveling dan anak anjing kamu hilang, orang yang menemukannya bisa  menghubungi kamu.

4. Saat mengajak anak anjing traveling, mereka bisa dengan mudah terkejut di lingkungan yang baru dan melarikan diri bila merasa tak nyaman. Maka dari itu, kamu harus melengkapi anak anjing dengan tali agar ia bisa didekat jangkauanmu.

5. Hal yang tak boleh dilewatkan saat mengajak anak anjing traveling adalah dengan mempersiapkan  makanan, obat khusus anak anjing, dan peralatan lain yang sekiranya diperlukan selama mengajak anak anjing traveling

6. Sebaiknya anak anjing tidak dibiarkan kepalanya keluar jendela mobil. Karena hal ini bisa menyebabkan kotoran masuk ke mata, telinga, dan hidung  yang mengakibatkan luka atau infeksi pada anak anjing.

7. Saat mengajak anak anjing traveling dan memutuskan untuk menginap di suatu tempat, kamu harus jeli dalam melihat peraturan yang diberlakukan oleh tempat penginapan yang disewa, apakah mereka mengizinkan untuk tamunya membawa hewan peliharaan atau tidak. Jangan khawatir saat ini sudah banyak tempat penginapan yang mengizinkan tamunya yang membawa hewan peliharaan untuk menyewa tempat menginap. 

8. Ketika hendak mengajak anak anjing traveling, sebelum berangkat jangan memberi mereka makanan sebanyak yang biasa kamuberikan. Karena bila terlalu banyak  mereka bisa muntahdan buang air di dalam mobil. Bila hal itu terjadi bisa menyebabkan bau yang tidak sedap dan pastinya akan mengganggu mood kamu dalam melakukan liburan.

9. Jangan tinggalkan hewan peliharaan terlalu lama bila kondisi mobil kamu sedang dimatikan. Misalnya kamu sedang parkir atau buang air. Karena kondisi tersebut bisa membuat suhu di mobil terlalu panas dan membuat anak anjing kepanasan. 

10. Sebelum mengajak anak anjing traveling, kamu maupun anak anjing perlu istirahat yang cukup agar bisa puas menikmati traveling bersama. 

11. Dan yang terakhir adalah kamu perlu mendiskusikan kondisi anak anjing dengan dokter hewan. Tanyakan apakah fisiknya cukup kuat untuk diajak traveling. Kamu perlu mengatakan pada dokter hewan, alat transportasi apa yang akan kamu gunakan untuk traveling bersama anak anjing kesayangan. 

 

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak anak anjing traveling, setidaknya dengan mengetahui hal-hal di atas, kamu sudah melakukan  persiapan dan bisa meminimalisir hal-hal yang tidak terduga selama melakukan traveling bersama anak anjing kamu. 

Dalam poin di atas, dijelaskan jika kamu harus membawa makanan anak anjing untuk menemani perjalanan hewan peliharaanmu. Kamu bisa percayakan produk makanan khusus anak anjing dari Royal Canin. Royal Canin menyediakan varian untuk anak anjing yang telah disesuaikan dengan kebutuhan sang anak anjing.