3 Panduan Grooming Dasar untuk Anjing

Oct 19, 2017

Grooming merupakan cara untuk menjamin dan menjaga penampilan anjing agar tetap bersih dan sehat. Grooming juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, mendeteksi masalah kulit seperti parasit atau perubahan pada rambut anjing. Tentunya ras anjing yang berbeda memerlukan perhatian dan frekuensi perawatan yang berbeda pula. Bagi setiap Pet Mates penting untuk memahami bagaimana melakukan grooming dasar untuk anjing. Berikut adalah grooming dasar untuk anjing yang perlu kamu tahu:

Mandi

Grooming dasar untuk anjing yang pertama adalah mandi. Salah satu aturan memandikan anjing yang perlu diperhatikan adalah seberapa sering memandikannya. Hal ini bergantung pada beberapa hal seperti ras anjing, ukuran tubuh, jenisrambut, dan aktivitasnya. Anjing yang sering keluar rumah mungkin perlu dimandikan lebih sering. Sementara anjing yang hanya diam di dalam rumah mungkin hanya perlu dimandikan sebulansekali. Selain itu, sebaiknya gunakan air yang tidak terlalu dingin maupun panas dan berikan campuran sampo yang aman untuk anjing. Kamu harus memastikan untuk mencegah air dan busa sampo mengenai mata dan telinga anjing. Setelah mandi, keringkan tubuhnya dengan handuk yang bersih dan cegah ia untuk bermain kotor-kotoran.

Kuku

Dalam melakukan grooming dasar untuk anjing, perlu juga memperhatikan kebersihan kuku. Kamu perlu memotong kuku anjing agar terlihat bersih danindah. Sebaiknya gunakan pemotong kuku anjing yang dirancang khusus karena gunting lain mungkin tidak cukup kuat untuk memotong kuku anjing dan bisa jadi menyakitinya. Grooming dasar untuk anjing ini bisa dilakukan dengan cara memegang kaki anjing dan tekan perlahanpangkal kuku anjing dengan ibu jarimu. Kamu bisa memotong dari ujung kuku anjing. Tentunya hal ini dilakukan dengan hati-hati karena bisa menyebabkan rasa sakit bahkan pendarahan.

Menyikat dan Menyisir

Dengan menyikat dan menyisir secara teratur akan membantu menghilangkan rambut tua dan meminimalisir tumpukan rambut anjing di sekitar rumah. Seberapa sering kamu menyikat rambut anjingmutergantung pada rambut mereka. Bila anjingmu berambut pendek, tidak memerlukan perawatan intensif. Namun bila rambut anjing kamu sedang maupun panjang sebaiknya menyikatnya setiap hari. Pastikanlah untuk menyikat rambut anjing dengan lembut agar tidak mengiritasi kulit mereka. Sikat rambut anjingmusatu kali atau dua kali dalam seminggu. Itu dirasa sudah cukup dan bisa membantu membuat rambutnya tetap berkilau dan sehat.

Rutin untuk Melakukan Kunjungan ke Dokter Hewan 

Kamu sebagai pemilik anjing perlu memperhatikan kesehatan anjing secara serius, terutama masalah kulit. Bila  anjing kamu memiliki kulit yang sangat sensitif atau reaksi yang berlebihan terhadap salah satu teknik perawatan di atas, kamu perlu membicarakan masalah ini dengan dokter hewan. 

Dalam merawat anjing bukan hanya dengan rajin melakukan grooming saja. Namun banyak aspek yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah pemenuhan nutrisi untuk anjing. Memang saat ini sudah banyak makanan khusus anjing yang bisa kamu beli di supermarket atau pet shop. Masing-masing produk makanan anjing tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Salah satu produk makanan anjing yang cukup terkenal adalah Royal Canin. Banyak sekali pilihan makanan khusus anjing yang bisa kamu pilih berdasarkanras, ukuran, usia, gaya hidup bahkan kebutuhan khusus anjing kamu.