Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kucing yang Perlu Kamu Ketahui

Aug 27, 2018

Kebutuhan nutrisi untuk kucing baru lahir berbeda dengan anak kucing. Demikian juga dengan kucing dewasa, kebutuhan nutrisinya akan berubah lagi. Selain itu, kebutuhan nutrisi pada kucing dipengaruhi oleh ras, usia, gaya hidup atau aktivitasnya serta kebutuhan khusus lainnya. Pet Mates sebaiknya mengetahui apa saja nutrisi penting untuk kesehatan kucing.

Anak kucing memerlukan diet khusus pada setiap tahap pertumbuhannya. Hal ini dikarenakan anak kucing melalui dua tahap pertumbuhan sebelum menjadi kucing dewasa, yaitu tahap babycats dan tahap anak kucing. Diet ini sebaiknya memenuhi semua kebutuhan dasar anak kucing untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kebutuhan nutrisi pada kucing yang terpenuhi dengan baik dapat mendukung neurosensorik yang tepat serta memfasilitasi pertumbuhan tulang. 

 

Nutrisi untuk Anak Kucing yang Tumbuh

 

Kucing adalah hewan karnivora, yaitu pemakan daging. Namun walaupun kucing merupakan karnivora, ia tetap membutuhkan karbohidrat berkualitas tinggi dalam jumlah yang tepat. Karbohidrat ini dibutuhkan untuk menyediakan energi untuk mendukung sistem pencernaanya dan mencegah gangguan lambung. 

Kebutuhan nutrisi pada kucing perlu kamu ketahui untuk menjaga kesehatan kucing. Kucingmu memerlukan makanan yang mengandung semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan kerangka anak kucing yang sedang bertumbuh. Anak kucing juga membutuhkan antioksidan yang mampu untuk mendukung pertahanan tubuh alaminya. Selain itu, anak kucing yang sedang bertumbuh juga memerlukan EPA dan DHA untuk mendukung perkembangan sistem sarafnya.

Formula nutrisi Royal Canin diperoleh melalui proses penelitian bertahun-tahun untuk mencapai ketepatan bagi setiap kebutuhuan spesifik kucing. Dengan memberikan Royal Canin, kebutuhan nutrisi pada kucingmu dapat terpenuhi dengan tepat.

 

Cara Memberi Makan Kucing

Selain nutrisi yang tepat saat anak kucing tumbuh, hal penting lainnya yang perlu kamu ketahui adalah cara memberi makan kucing. Kebutuhan nutrisi pada kucing juga dipengaruhi oleh cara kamu memberi makan kucingmu. Jangan sampai kamu mencampur sesuatu, apapun itu, selain dari makanan kucingmu.

Nutrisi kucing diformulasikan secara spesifik untuk memberikan dukungan maksimal selama minggu-minggu pertama kehidupan kucing. Namun kebutuhan nutrisi pada kucing berubah seiring pertumbuhan usia mereka. Misalnya, saat baru lahir, kucing meminum susu dari induknya. Kemudian pada usia empat sampai lima minggu, anak kucing dapat diberi makanan padat. Setelah gigi dewasa muncul, kebutuhan nutrisi pada kucing akan tetap sama sampai dengan usia kucing satu tahun.

Untuk memberi makan kucing, ikuti panduan memberi makan yang direkomendasikan pada kemasan Royal Canin. Kalau kamu bermaksud mengganti makanan, ingatlah selalu untuk melakukan transisi secara bertahap. Ini untuk menjaga agar kucingmu dapat beradaptasi dengan baik terhadap makanan barunya.

Mintalah saran dari pemiliki kucing sebelumnya, atau pembiak kucing, tentang cara mereka memberi makan kucing. Ini terkait dengan seberapa banyak porsi makanan dalam satu hari, apa jenisnya, dan keterangan lainnya. Karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada kucing dengan makanan yang baru, kamu harus melakukan peralihan dari makanan yang lama sedikit demi sedikit. Pastikan peralihan makanan ini tidak akan membuat kucingmu mengalami gangguan pencernaan.

 

Dengan memberikan makanan Royal Canin pada kucingmu, kamu telah memenuhi Kebutuhan nutrisi pada kucing dengan tepat, selama kamu mengikuti petunjuk dan saran yang tercantum pada kemasan dan website resmi Royal Canin. Untuk lebih jelasnya tentang kebutuhan nutrisi pada kucing  dan nutrisi apa saja yang penting untuk kesehatan kucing, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter hewan.