5 Tips Diet untuk Anjing Ketika Bertambah Tua

Aug 27, 2018

Anjing senior atau anjing yang usianya sudah tua memerlukan perawatan khusus, baik untuk kesehatannya maupun terkait pola makan. Perawatan ini berbeda dengan anak anjing maupun anjing muda. Hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi untuk anjing senior mengalami perubahan. Sebaiknya kamu memberikannya diet untuk anjing ketika tambah tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anjing senior. 

Kapan Anjing Memasuki Usia Senior?

Untuk menentukan kapan anjing dapat disebut anjing senior, kamu harus melihat beberapa faktor seperti ukuran, ras, dan usia anjingmu. Anjing dengan ukuran tubuh yang lebih kecil yaitu dibawah 10 kg akan memiliki umur harapan hidup lebih panjang dibandingkan anjing dengan ukuran tubuh yang besar. Namun rata-rata umur harapan hidup anjing adalah 12 tahun.

Diet untuk anjing tua dapat dimulai jika kamu sudah mengetahui apakah anjingmu sudah masuk usia senior atau belum. Untuk anjing kecil dengan berat badan kurang dari 10 kg, kamu dapat menyebutnya anjing senior saat usianya memasuki delapan tahun. Sedangkan untuk anjing berukuran sedang, kamu dapat memulai diet untuk anjing tua pada saat usia anjing tujuh tahun. Anjing berukuran sedang itu berat badannya antara sebelas sampai dengan dua puluh lima kilogram. 

Anjing dengan berat badan diatas dua puluh lima kilogram atau disebut anjing besar, akan lebih awal memasuki usia senior. Kamu dapat menerapkan diet untuk anjing tua saat usia anjingmu memasuki usia lima tahun. Perbedaan dalam umur harapan hidup dan penuaan ini akan berpengaruh pada penuaan sel-sel anjing di usia yang berbeda.

 

Tips Diet untuk Anjing Ketika Bertambah Tua

Kebutuhan nutrisi setiap hewan berbeda-beda. Demikian juga dengan kebutuhan anak anjing yang tentu saja berbeda dengan anjing senior. Anjing senior biasanya memiliki peningkatan risiko pada sistem kekebalan tubuh dan fungsi ginjal. Masalah otot dan persendian pun menjadi momok tersendiri bagi anjing senior. Selain itu, anjing senior juga mengalami penurunan dalam kemampuan mencerna makanan. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengikuti tips diet untuk anjing ketika tambah tua berikut ini.

1. Perhatikan Nutrisi yang Terkandung dalam Makanan

Anjing senior membutuhkan makanan dengan kandungan protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna. Protein ini juga akan membantu memelihara massa otot anjing. Mengingat sistem pencernaan anjing senior mulai tidak baik, kamu juga perlu memperhatikan asupan kalorinya. Penting untuk menjaga keseimbangan antara jumlah kalori dengan kebutuhan yang dapat dicerna demi kelancaran diet untuk anjing ketika tambah tua.

2. Berikan Makanan dengan aroma dan Rasa yang menggiurkan

Kemampuan indera penciuman dan indera pengecap pada anjing senior akan berkurang. Tentu saja ini akan mempengaruhi anjing senior sehingga mengalami penurunan selera makan. 

3. Pastikan makanan Mudah Dikunyah

Anjing senior kerap mengalami masalah pada gigi dan mulut. Kamu perlu memastikan bahwa makanan yang kamu berikan mudah untuk dikunyah anjingmu. Baik makanan kering maupun makanan basah, pilihlah makanan anjing yang sesuai mendukung diet untuk anjing ketika tambah tua.

4. Sesuaikan Letak Makanan

Masalah otot dan persendian menjadi masalah yang paling sering terjadi pada anjing senior. Jika anjingmu memiliki tubuh yang tinggi, jangan meletakan makannnya di lantai. Anjingmu akan tidak nyaman pada lehernya ketika menunduk terlalu lama selama bersantap. Kamu dapat mengakalinya dengan meletakan makanan di kursi kecil yang terjangkau dengan mudah oleh anjingmu. 

5. Pilih Makanan Khusus Anjing Senior

Makanan khusus untuk anjing senior harus mengandung nutrisi spesifik sesuai kebutuhan anjing. Demi mendukung diet untuk anjing ketika tambah tua, kamu dapat memilih ROYAL CANIN sebagai makanan anjingmu. Selain tinggi protein yang cocok dengan kebutuhan anjing senior, ROYAL CANIN juga diperkaya berbagai zat yang dibutuhkan tubuh anjingmu. ROYAL CANIN  mengandung omega 3 dan 6, antioksidan, chondroitin, glukosamin, phosphatidylserine, leucine, L-karnitin, dan masih banyak zat penting lainnya.

Anjingmu telah menemani dan membawa kebahagiaan selama ini. Sudah selayaknya kamu memberikan makanan yang terbaik di masa-masa penghujung usianya. Terapkan diet untuk anjing ketika tambah tua dengan memberikan ROYAL CANIN sebagai makanan harian anjing senior.