5 Tahap Pertumbuhan Kucing yang Wajib Diketahui Agar Tidak Salah Langkah!

Aug 27, 2018

Wajah manis dan tingkah laku yang menggemaskan membuat banyak orang menyukai kucing dan ingin memelihara kucing di rumah. Namun dalam memelihara kucing, tidak cukup hanya dengan menyukainya saja. Pet Mates sebaiknya juga memahami tentang tahap-tahap pertumbuhan kucing.

Mengetahui pertumbuhan kucing dapat membantumu dalam mengenali karakteristiknya. Kamu juga dapat menyesuaikan asupan makanan yang sesuai dalam tiap tahap pertumbuhan kucing. Karena pada setiap tahap pertumbuhan, kucing membutuhkan komposisi nutrisi yang berbeda.

Dua tahap pertumbuhan kucing  dalam kehidupannya merupakan yang paling penting. Anak-anak kucing bukan saja mempelajari perilaku kucing dewasa, tetapi tubuh anak-anak kucing ini juga tumbuh menjadi bentuk dan ukuran kucing dewasa nantinya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan kucing, salah satu yang berperan penting adalah kecukupan gizi.

Buat kamu yang memiliki kucing peliharaan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tahap-tahap pertumbuhan kucing berikut ini. Yuk, simak uraian berikut ini ya!

Babycats

Periode pertumbuhan kucing  pertama adalah saat kucing disebut Babycats. Babycats adalah anak kucing dengan usia 0-4 bulan. Babycats ini memiliki kebutuhan nutrisi yang sangat spesifik. Ketika babycats mulai disapih induk kucing, mereka secara bertahap kehilangan kemampuan untuk mencerna laktosa. Semakin dewasa kucing, akan semakin menjadi intoleransi terhadap laktosa.

Babycats mulai belajar makan padat sejak usia 3 minggu. Pada masa pertumbuhan kucing  ini, gigi susu mulai muncul. Sistem kekebalan anak kucing belum berkembang sempurna pada tahap ini. Babycats membutuhkan nutrisi khusus untuk mendukungnya. Pet Mates dapat memberikan makanan pertama kali pada babycats dalam bentuk bubur. Sediakan makanan padatnya dikombinasikan dengan susu. Secara perlahan, kamu dapat mengurangi kandungan air dalam makanannya, agar lama-kelamaan anak kucing terbiasa dengan makanan kering.

 

Pertumbuhan Anak Kucing pada Usia 4-12 Bulan

Tahap kedua pertumbuhan kucing adalah saat mereka berusia empat bulan ke atas. Anak kucing pada tahap ini membutuhkan proporsi nutrisi yang berbeda lagi, yang penting untuk membantu pertumbuhan mereka. Masa pertumbuhan kucing membutuhkan waktu selama 8 hingga 12 bulan, tergantung jenis kelamin dan ukuran breed. Semakin besar ukuran tubuh jenis ras kucing, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai berat badan dewasa. 

Pada saat anak kucing mencapai berat badan dewasa, beratnya bisa mencapai 40-50 kali dibandingkan berat saat kucing lahir. Oleh sebab itu, makanan dengan keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang tepat dapat membantu memenuhi kebutuhan energi kucing yang tumbuh dengan cepat. Pastikan kamu memberikan makanan yang sesuai kebutuhan pertumbuhan kucing.

Formulasi Royal Canin Mother & Babycat dan Kitten dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik anak kucing sepanjang tahun pertama kehidupannya. Kamu dapat mengunjungi website resmi Royal Canin untuk mendapatkan petunjuk tentang pola makan babycats dan anak kucing. Kamu juga dapat mengunjungi dokter hewan untuk mendapatkan saran terbaik terkait pertumbuhan kucingmu.

Kucing Dewasa

Seekor kucing yang hanya tinggal di dalam ruangan dengan sedikit aktivitas akan menggunakan sedikit energi. Sebaliknya, kucing yang banyak melakukan aktivitas fisik memerlukan lebih banyak asupan nutrisi untuk mencukupi energi yang dibutuhkannya. Pada kucing dewasa, kamu perlu untuk menakar dengan baik berapa banyak makanan yang dibutuhkan.

Kucing dewasa memang sudah tidak mengalami masa pertumbuhan kucing, namun kucing dewasa rentan mengalami masalah kelebihan berat badan atau kegemukan. Apalagi jika kucing sudah disterilisasi yang akan memengaruhi hormonalnya.Kondisi ini menyebabkan nafsu makan kucing meningkat.

 

Kucing Senior

Saat ini, kucing memiliki umur harapan hidup yang lebih panjang, bahkan dapat mencapai usia 25 tahun tergantung kondisi kesehatannya. Seiring bertambahnya usia, beberapa penyakit dapat menyerang. Penyakit yang paling umum terjadi pada kucing senior antara lain  seperti penurunan kemampuan penyerapan nutrisi, penurunan sistem kekebalan, penurunan nafsu makan, dan penyakit gigi yang dapat membuat kucing kesulitan mengunyah makanan. Dengan perubahan ini, penting untuk memilih makanan kaya nutrisi dengan tekstur yang disesuaikan agar mudah dikunyah.

 

Berikan Makanan Royal Canin dalam Setiap Tahap Pertumbuhan Kucing  

Royal Canin memformulasikan nutrisi untuk semua tahapan kehidupan kucing, termasuk dua tahap pertumbuhan pertama pada anak kucing. Tubuh kucing akan terus berkembang selama masa pertumbuhan kucing. Mulai dari babycats sampai kucing dewasa, termasuk kucing senior, Royal Canin memiliki solusi nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kucingmu.