5 Langkah Tepat Merawat Anjing Kesayangan Kamu Pada Saat Musim hujan

Aug 27, 2018

Merawat anjing pada musim hujan tentu saja berbeda perlakuannya ketika kita merawat anjing pada musim kemarau. Pada musim hujan, kondisi fisiologis pada anjing akan rentan terkena stres. Hal ini karena anjing harus berjuang keras untuk menjaga suhu tubuhnya, karena udara yang dingin. Oleh karena musim hujan yang membuat anjing rentan mengalami stres inilah, maka diperlukan cara-cara merawat anjing secara khusus. Lalu seperti apa cara-caranya ? Berikut ini kami paparkan bagaimana tips menyiapkan anjing untuk musim hujan. Langsung disimak aja ya Pet Mates.

 

Lindungilah Telapak Kaki Anjing 

Beberapa jenis anjing tertentu kulitnya sangat sensitif terhadap perubahan suhu udara yang ekstrim. Itulah mengapa sangat diperlukan sebuah karpet khusus yang mampu melindungi anjing dari hawa dingin pada musim hujan.

Tips menyiapkan anjing untuk musim hujan yang pertama adalah lindungi telapak kaki anjing.  Agar anjing tidak kedinginan, lapisi telapak kaki anjing dengan petroleum jelly. Dengan begitu, suhu tubuh anjing akan tetap berada pada kondisi yang stabil.

Jangan Sampai Anjing Makan Cokelat

Di saat musim hujan tiba, biasanya banyak sekali aneka coklat yang bertebaran di rumah-rumah. Cokelat mudah ditemui lantaran beberapa hari besar jatuh pada musim hujan, misalnya hari Natal dan Valentine. Di hari-hari besar tersebut, biasanya banyak orang-orang yang memberi bingkisan berupa coklat.

Kamu pasti salah satu orang yang diberikan bingkisan cokelat oleh teman-temanmu bukan? Kendati coklat itu rasanya lezat di lidah, tapi jangan sampai cokelat pemberian temanmu itu dikonsumsi oleh anjing. Kamu harus memperhatikan tips menyiapkan anjing untuk musim hujan ini. Karena memakan cokelat dapat memberikan efek bahaya bagi anjing. Anjing bisa saja langsung mati keracunan. Kandungan theobromine pada coklat memang tidak cocok untuk anjing.

Gunakanlah Jaket Seperlunya Saat ke Luar Rumah

tips menyiapkan anjing untuk musim hujan berikutnya adalah gunakan jaket seperlunya. Penggunaan jaket ini bertujuan agar suhu tubuh anjing tetap berada dalam kondisi yang stabil. Penggunaan jaket juga akan melindungi anjing dari tetesan air hujan yang jatuh dari dedaunan.

Kendati jaket itu penting digunakan untuk anjing, tapi tetap saja kamu tak boleh sembarangan memilih jaket. Gunakanlah jaket yang memang benar-benar nyaman untuk anjing. Anjingmu bukan boneka yang bisa kamu dandani semaumu. 

Mandikanlah Anjing di Dalam Ruangan.

Tips menyiapkan anjing untuk musim hujan selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah mandikan anjingmu di dalam ruangan. Walaupun biasanya kamu memandikan anjingmu di luar ruangan, hentikan kebiasaan itu pada musim hujan. Ini penting dilakukan lho, supaya anjing tidak kedinginan saat tiba-tiba udara dingin datang. Memandikan anjing juga seperlunya saja, jangan terlalu sering. Cukup mandikan anjing saat rambut-rambutnya memang sudah terlihat kotor.

Ingat, memandikan anjing pada saat musim hujan akan membuat rambut anjing lebih susah dikeringkan. Bukannya berharap rambut anjing terlihat kinclong, dan anjing tampak ceria. Yang ada kamu malah mendapati anjing yang tampak murung, karena kedinginan.

Berikanlah Asupan Makanan yang Bergizi 

Tips menyiapkan anjing untuk musim hujan yang tak kalah pentingnya adalah memberikan makanan yang bergizi. Saat musim hujan datang, anjing akan membutuhkan energi yang lebih besar. Mereka lebih mudah kelelahan karena banyak energi yang terbuang. Kamu jangan kaget ya, kalau menjumpai anjingmu makan lebih banyak dari biasanya. Itu wajar saja.

Nah, supaya anjing milikmu tidak kelaparan dan tak loyo walaupun musim hujan datang, cobalah berikan makanan bergizi untuk anjingmu. Makanan bergizi yang direkomendasikan yaitu Royal Canin. Makanan anjing yang satu ini sudah dikenal sebagai makanan anjing yang Formulasi nutrisinya seimbang sesuai dengan dengan kebutuhan anjingmu pada musim hujan.

Makanan Royal Canin cocok diberikan bagi anjing setiap hari. Kalau kamu memberikan makanan ini, anjing milikmu akan tetap dalam kondisi sehat kendatipun sedang di musim hujan. Jadi segera yuk, beli makanan Royal Canin di penjual dan toko resmi. Belilah Royal Canin dalam kemasan aslinya. Karena kemasan Royal Canin telah dirancang khusus untuk menjaga kualitas makanan tetap baik sampai dengan dikonsumsi anjing.