Liburan Nyaman dengan Hewan Lewat 8 Tips Ini

Dec 11, 2018

Bagi Pet Mates, salah satu hal yang paling dikhawatirkan saat traveling adalah bila meninggalkan hewan peliharaan. Terkadang rasa khawatir masih saja ada meski sudah dititipkan oleh tetangga, saudara, atau penitipan hewan. 

Sebenarnya, bisa saja Pet Mates mengajak hewan peliharaannya seperti anjing atau kucing untuk ikut dalam perjalanan berlibur. Ada 8 tips traveling dengan hewan peliharaan yang perlu diperhatikan agar liburan tetap nyaman dan aman. Berikut ini tipsnya!

Imunisasi

Di negara-negara tertentu seperti Eropa, kucing atau anjing harus divaksinasi terhadap rabies. Vaksinasi ini harus dilakukan setidaknya 21 hari sebelum keberangkatan. Selama bepergian, Pet Mates juga harus membawa kartu vaksinasi tersebut. Disarankan, sebaiknya Pet Mates menghubungi kedutaan negara di mana Pet Mates ingin membawa anjing atau kucing, terutama jika tujuan negaranya adalah negara bukan Eropa. 

Memberi makan sebelum berangkat

Tips traveling dengan hewan peliharaan selanjutnya dengan memberikan makan anjing atau kucing sekitar 12 jam sebelum keberangkatan bila lama perjalanan tidak lebih dari 12 jam. Sementara, bila lebih dari 12 jam, Pet Mates bisa memberi makanan ringan. Sementara untuk air minum, Pet Mates bisa memberikannya setiap 2 jam. 

Cari tahu regulasi hotel seputar hewan peliharaan

Pet Mates perlu mencari tahu apakah penginapan yang akan kamu tuju mengizinkan pengunjungnya membawa hewan peliharaan. Jika boleh, tanyakan pula fasilitas-fasilitas hotel yang ditawarkan. dan selama menginap, patuhi segala aturan yang ada, agar tidak menimbulkan masalah ketika Pet Mates sedang traveling bersama hewan. 

Cek iklim atau cuaca daerah tujuan

Sebelum mengajak traveling hewan peliharaan, Pet Mates perlu mengecek cuaca daerah yang dituju dan sesuaikan dengan kondisi fisik hewan peliharaan. 

Perhatikan kondisi hewan peliharaan 

Sebelum berpergian, Pet Mates perlu mengecek kondisi kesehatan hewan peliharaan. Bila ia tidak sehat, terluka, atau hamil, sebaiknya tidak diajak untuk bepergian.  Untuk meyakinkan Pet Mates, perlu menghubungi dokter hewan untuk mengonfirmasi kondisi kesehatan hewan peliharaan. 

Bila hewan peliharaan Pet Mates mudah mengalami mabuk atau kesal ketika rutinitasnya terganggu, sebaiknya jangan ajak ia bepergian. Tapi bila memang harus membawanya pergi bersama Pet Mates, mintalah saran dari dokter hewan tentang cara terbaik untuk mengatasi perubahan apapun dalam rutinitas hewan peliharaan saat bepergian.

Bawa Perlengkapan dan Makanan Anjing 

Jangan sampai lupa untuk membawa perlengkapan seperti tempat tidur dan mangkuk makanan atau minuman. Bawa juga makanan dan obat yang biasa hewan peliharaan konsumsi. Selain itu, perlu juga membawa mainan dan ID tag yang tertera rincian kontak Pet Mates selama di tempat saat ini. 

Tetaplah pada rutinitas atau jam biologis peliharaan 

Untuk menghindari hewan peliharaan uring-uringan, maka Pet Mates perlu tetap menjalankan jam biologis mereka, seperti jam makan, tidur, mandi, dan sebagainya seperti biasa. Bila perlu, adaptasi kembali, agar hewan peliharaan Pet Mates bisa menyesuaikan diri dan merasa nyaman.

Perhatikan kendaraan yang digunakan

Bila ingin bepergian dengan pesawat atau kereta api bersama hewan peliharaan, cek apakah maskapai penerbangan atau kereta tersebut memungkinkan untuk penumpangnya membawa hewan peliharaan atau tidak. 

Itu dia 8 tips traveling dengan hewan peliharaan yang bisa menjadi panduan Pet Mates. Jangan sampai lupa untuk perhatikan asupan makanan anjing atau kucing Pet Mates ya selama traveling agar ia selalu sehat. Sebagai rekomendasi, Pet Mates bisa memberikan makanan khusus anjing atau kucing dari Royal Canin. Untuk melihat apa saja makanan yang tersedia, bisa kunjungi situs resmi Royal Canin.  

 

Source:

https://royalcanin.be/fr/283_57/comportement/conseils-pour-voyager-avec-votre-chat-ou-votre-chien

https://www.royalcanin.co.uk/discover/travelling-with-dogs-guide/

http://www.royalcanin.in/pet-care-blog/dog/grooming-lifestyle/tips-to-get-your-pet-travel-ready