Langkah Tepat Memilih Kucing yang Sehat

Aug 02, 2018

Tidak sedikit orang yang ingin memiliki hewan peliharaan. Pasalnya, hal ini akan membuat  rumah lebih hidup dan tentu saja akan sangat menghibur. Salah satu hewan yang banyak dipelihara adalah kucing.

Tingkahnya yang lucu dan kemudahan dalam perawatan membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Bagi kamu yang tertarik, ada beberapa langkah yang sebaiknya kamu perhatikan dalam memilih kucing. Sebab kamu tentu tidak ingin kalau kucing yang kamu adopsi memiliki masalah terhadap kesehatannya.

Nah, apa saja langkah tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Mulai dari anak kucing

Langkah pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah dengan mulai mengadopsi anak kucing. Sebab kebanyakan dari mereka masih bebas dari penyakit dan mudah dilatih. Adapun anak kucing yang bisa diadopsi adalah yang telah berumur setidaknya empat bulan.

Di umur seperti ini, proses menyusui seekor kucing telah selesai sehingga tidak masalah ketika harus berpisah dari induknya. Selain itu, si kucing pun telah mendapatkan vaksin sebanyak dua kali. Yang harus dipastikan selanjutnya adalah dengan mengetahui jadwal vaksinnya agar bisa kamu lanjutkan secara rutin. 

Ajak untuk bermain

Sebelum mengadopsinya, ajaklah anak kucing tersebut untuk bermain terlebih dahulu. Aktivitas ini berguna untuk mengukur tingkat sosial si kucing. Jika dia senang untuk bermain, maka tingkat sosialnya terbilang tinggi dan staminanya bagus. Namun, jika buruk, dia akan ketakutan ketika diajak bermain dan akan menunjukkan sifat agresif dengan mengeluarkan cakarnya.

 

Perhatikan napas dan bagian wajah

Ketika di ajak bermain, perhatikan pola napasnya untuk memastikan kesehatannya. Napas yang sehat adalah napas yang dalam, teratur, natural, serta tidak serak dan parau. Jangan lupa untuk memastikan bahwa ujung hidung kucing hangat dan sedikit basah. Sebab kondisi ini menandakan bahwa kucing tersebut sehat. 

Selanjutnya, pada bagian mulut, seekor kucing harus memiliki warna merah jambu cerah serta bersih dari noda dan bekas luka. Sementara pada bagian telinganya, pastikan si kucing terbebas dari kotoran.

Lihat Rambutnya

Hal yang paling mudah dinilai dari seekor kucing yang sehat adalah rambutnya. Biasanya, si kucing akan berambut hangat, lembut, dan bersih. Bagian yang paling mudah terserang penyakit adalah bagian kulit dan rambut yang akan menyebar ke seluruh tubuh. Jika sudah tidak sehat, hal ini ditandai dengan banyaknya kotoran yang tertinggal seperti pasir.

Beberapa bagian yang paling sering diserang penyakit berupa kutu atau cacing adalah bagian pangkal ekor, di bawah dagu, ketiak, serta di antara tulang belikat.

Pastikan dirimu siap

Terakhir yang tidak kalah pentingnya sebelum memilih kucing adalah dengan memastikan diri telah siap. Sebab memelihara kucing tidak hanya selesai ketika kamu mengadopsinya. Kamu harus berkomitmen terlebih dahulu bahwa akan bertanggungjawab terhadap seluruh hidupnya mulai dari memberinya makan, menjaga kesehatannya, merawat tubuhnya, hingga memberikan atau menjualnya ke orang lain.

Salah satu proses pemeliharaan yang tidak boleh dianggap sepele adalah makanan kucing. Pastikan untuk memberikan asupan makanan terbaik dengan nutrisi yang kaya. Kandungan makanan kucing terbaik bisa kamu dapatkan di Royal Canin.

Sebagai makanan yang sangat direkomendasikan oleh para dokter hewan, Royal Canin hadir dalam berbagai varian produk untuk beragam jenis kucing, misalnya untuk kitten, adult, mother and baby, hingga ras kucing tertentu lainnya. Dengan tekstur yang disesuaikan, makanan ini akan memudahkan kucing kesayanganmu dalam mengonsumsinya.