Lakukan 5 Cara Ini Agar Anjing Kamu Mudah Beradaptasi

Dec 21, 2018

 Pet Mates mungkin senang bermain dan jalan-jalan bersama teman yang membawa anjingnya. Lama-kelamaan kamu menjadi menyukai anjing dan berpikir untuk memelihara sendiri seekor anak anjing di rumah. Namun, ternyata memelihara anjing tidak sesederhana yang kamu pikirkan sebelumnya. Ada tanggung jawab besar bagimu untuk memberikannya perawatan terbaik dan melatihnya.

Anjing yang baru saja kamu adopsi kemungkinan besar akan memiliki perilaku yang berbeda dengan anjing milik temanmu. Anjing membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan orang dan lingkungan yang baru. Cara beradaptasi anjing berikut ini dapat kamu pelajari agar anjingmu lebih mudah menyesuaikan diri di lingkungan baru.

 

1.Adopsi Anak Anjing pada Usia Ideal

Usia anjing sangat berpengaruh terhadap  perilakunya. Anjing dewasa mungkin telah melalui cukup pelatihan dan memiliki perilaku yang baik. Namun, tidak semua anjing dewasa telah dilatih dengan baik. Jika anjing dewasa masih sering berperilaku buruk, akan lebih sulit untuk memperbaiki perilakunya karena melatih anjing sebaiknya dilakukan sedini mungkin. 

Cara beradaptasi anjing dimulai sejak anjing masih menjadi anak anjing. Namun, jangan mengadopsi anak anjing yang masih menyusu pada induknya. Berikan anak anjing cukup waktu dalam pengasuhan induk anjing. Usia ideal untuk mengadopsi anak anjing adalah rata-rata usia 10 minggu, tergantung jenis ras anjing. Peternak yang baik akan membiasakan anjing dalam lingkungan yang baru dan banyak interaksi dengan manusia, hewan peliharaan lain, dan kendaraan. Sehingga ketika anjing pindah ke lingkungan baru, anjing akan lebih mudah beradaptasi.

2. Adopsi Anjing Dewasa

Walaupun melatih anjing sebaiknya dilakukan sejak dini, tidak ada salahnya jika kamu menginginkan untuk mengadopsi anjing dewasa. Anjing dewasa dengan usia empat sampai lima tahun akan cenderung lebih stabil emosinya dibandingkan anak anjing. Kemungkinan kekacauan yang ditimbulkannya seperti menggigit sepatu, buang air di karpet, dan perilaku negatif lainnya akan lebih jarang ditemui pada anjing dewasa. 

Anjing dewasa memiliki cara beradaptasi anjing tersendiri berdasarkan pengalamannya menyesuaikan diri di lingkungan baru pada saat masih menjadi anak anjing. Kamu hanya perlu mengawasinya dan memberi anjingmu kesempatan untuk berkenalan dengan manusia maupun hewan peliharaan lain. Ajaklah anjingmu berjalan-jalan ke taman untuk melihat lebih banyak orang dan hewan lain. 

3. Perhatikan Transportasi Menuju Rumah Baru

Cara membantu anjing mudah beradaptasi dimulai sejak kamu membawanya dari tempat lama ke rumahmu. Selama dalam perjalanan, berikan anjingmu tempat transportasi yang kuat dan aman. Hal ini sangat penting untuk kenyamanan anjing dan sebagai awal dari cara beradaptasi anjing. 

Jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan memakan waktu lama, sediakan cukup makanan dan minum. Sebaiknya kamu juga menyediakan kotak tempat buang air dan kotoran. Anjing cenderung akan mengalami stres selama perjalanan. Berikan anjingmu suasana yang senyaman mungkin. 

4. Mengenalkan Anjing pada Keluarga dan Hewan Lain

Cara beradaptasi anjing dilakukan secara bertahap. Saat kamu mengenalkannya pada anggota keluargamu yang lain, mungkin awalnya anjingmu akan takut. Namun kamu harus sabar dalam melatihnya. Anjing akan mudah bersahabat dengan manusia bila sering bertemu dan diberi makanan. 

Demikian juga halnya saat mengenalkan anjingmu kepada hewan peliharaan lain di rumah. Sebaiknya kamu tidak melakukannya pada hari pertama kedatangan anjing. Berikan anjingmu cukup waktu untuk beradaptasi dengan rumah baru dan anggota keluargamu. Kemudian kamu dapat mengenalkan anjingmu pada hewan peliharaan lain secara bertahap. 

5. Konsultasi pada Dokter Hewan

Cara beradaptasi anjing yang satu dengan anjing lainnya mungkin berbeda. Ada anjing yang sangat mudah beradaptasi, tetapi ada juga anjing yang mudah stres di lingkungan baru. Kamu perlu berkonsultasi dengan ahlinya. Kunjungilah dokter hewan untuk memeriksa lebih lanjut tentang perilaku anjingmu. 

 

Cara beradaptasi anjing perlu kamu ketahui agar dapat membantunya lebih cepat merasa nyaman di rumahmu. Lakukanlah 5 cara di atas agar anjing kamu mudah beradaptasi. Jangan lupa untuk memberikan anjingmu makanan Royal Canin demi mendukung kesehatannya.