Ketahui Masalah Urin Pada Anjing Kamu dan Cara Mencegahnya

Nov 07, 2018

Masalah urin anjing perlu mendapatkan perhatian khusus. Apalagi jika anjingmu sudah tidak bisa mengeluarkan urin sama sekali dan merasa kesakitan. Situasi ini merupakan kondisi medis yang darurat. Kamu harus segera membawa anjingmu ke dokter hewan untuk mendapatkan pertolongan. 

Sebelum anjingmu mengalami masalah kesehatan serius terkait buang air kecilnya, dia akan menunjukkan gejala-gejala terhadap gangguannya. Itulah sebabnya sangat penting bagimu untuk mengamati perilaku anjingmu lebih dekat agar ketika terjadi masalah kesehatan, kamu dapat dengan sigap memberikan pertolongan dan membawa anjingmu ke dokter hewan.

Mengingat betapa berbahayanya masalah urin anjing ini, sangat penting bagimu untuk mengetahui lebih jauh apa penyebabnya. Kamu juga perlu untuk mengetahui bagaimana gejala-gejala awal dari masalah urin anjing. Cara untuk mencegah masalah ini terjadi pada anjingmu sangat penting untuk diketahui. Selengkapnya kamu dapat menyimak uraian berikut ini tentang penyebab, gejala, dan cara mencegah masalah urin anjing.

 

Penyebab dan Gejala Masalah Urin Anjing

Penyebab masalah urin anjing biasanya adalah infeksi bakteri. Pembentukan kristal di kandung kemih dan terbentuknya batu ginjal juga dapat menimbulkan masalah urin anjing. Selain itu, ada beberapa penyebab lain seperti penyakit tumor, polip, dan gangguan anatomi.

Ketika anjingmu dalam keadaan sehat, mengeluarkan urin biasanya mudah dilakukan dan tidak ada masalah. Hal ini ditunjukkan dengan aliran urin yang keluar dengan deras dan stabil. Namun, ketika anjingmu mengalami masalah urin anjing, dia akan terlihat gelisah dan sering ke toilet. Aliran urin yang dikeluarkannya tidak lancar dan tersendat-sendat, bahkan tidak keluar sama sekali, sehingga dia tidak dapat mengosongkan kandung kemihnya dengan benar. Gejala lainnya terkait masalah urin anjing antara lain muncul darah dalam urinnya dan anjing kehilangan selera makan.   

Jika anjingmu mengalami masalah buang air kecil, ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter hewan. Sebagian besar masalah urin anjing mudah diobati, selama masalahnya belum terlalu parah. Jika anjingmu terkena infeksi saluran kemih karena bakteri, maka biasanya dokter akan memberikan antibiotik. 

Dalam beberapa kasus masalah urin anjing, ditemukan adanya batu kandung kemih. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan diet khusus untuk melarutkan batu tersebut. Jika ukurannya terlalu besar, maka dokter akan melakukan pembedahan untuk mengangkatnya. Tindakan operasi juga diperlukan jika anjingmu ada tumor yang tumbuh menghalangi saluran kencing anjing.

Cara Mencegah Masalah Urin Anjing

Risiko masalah urin anjing dapat diminimalisir dengan tindakan pencegahan. Yang paling sederhana adalah dengan memastikan anjingmu memiliki banyak akses menuju air bersih. Pastikan anjingmu meminum air bersih dalam jumlah yang cukup. Air minum dapat membantu membersihkan saluran kencing anjing. Namun, tentu saja jangan jumlah yang tidak berlebihan.

Kebersihan sangat penting untuk kesehatan anjing. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan saluran kencing anjing agar terhindar dari bakteri berbahaya. Pastikan untuk membilas anjing sampai bersih setelah anjing beraktivitas di luar ruangan. Sebagai contoh, setelah anjing berenang di danau atau perairan umum lainnya. Bakteri pada air yang tidak bersih bisa saja menempel di tubuh anjingmu dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kamu juga dapat memberikan anjingmu makanan yang mengandung nutrisi untuk melawan bakteri. Jika anjingmu pernah mengalami masalah urin anjing sebelumnya, mungkin dokter akan menyarankan untuk melakukan diet khusus. Royal Canin menyediakan makanan khusus untuk membantu mengatasi masalah urin anjing. Royal Canin dapat membantu meluruhkan kristal urin dan memastikan pembersihan kandung kemih secara teratur.

Tidak hanya itu, makanan anjing ini direkomendasikan oleh dokter hewan karena asupan gizinya yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anjing kesayanganmu. Bukan hanya kualitasnya yang standar internasional, Royal Canin juga memiliki beragam jenis makanan anjing sesuai ras dan umur anjingmu.