Ketahui Arti dan Maksud dari 5 Bahasa Tubuh Kucing Berikut Ini

Aug 27, 2018

Salah satu hewan peliharaan yang difavoritkan oleh banyak orang adalah kucing. Tingkahnya yang lucu, rambutnya yang lembut, serta ekspresinya yang menggemaskan membuatnya selalu dirindukan. Tidak jarang dia akan bermanja-manja dengan kita dan melakukan gerakan-gerakan berulang yang tidak dipahami.

Namun, tahukah kamu bahwa gerakan tersebut merupakan bahasa tubuh kucing yang ingin menyampaikan sesuatu kepada kita. Nah, yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui arti dan maksud gerakan-gerakan tersebut.

Berikut ini 5 bahasa tubuh kucing yang perlu kamu tahu:

Ekor tegak dengan ujung melengkung

Ketika seekor kucing menyapa manusia, dia akan menegakkan ekornya dengan ujung yang melengkung. Posisi badannya akan dibuat tegap dengan telinga yang mengarah ke depan. Dari kejauhan, si kucing akan mendekatimu dengan jinak. Jika sudah begini, maka jangan ragu untuk menyambutnya dengan cara mengelus.

Menggesek-gesekkan badan

Salah satu gerakan yang paling sering dilakukan kucing adalah menggesek-gesekkan badan. Posisi ekor pun akan dibuat tegak lurus dan bergetar sambil mengeong dan memejamkan mata. Maksud dari perilaku ini adalah bahwa dia sangat menyukaimu dan menanggap kamu sebagai pemiliknya. Jika direspon, tidak jarang dia akan menjilatimu yang akan memperkuat hubungan di antara kalian berdua.

Duduk dengan mata menyipit

Apabila kamu melihat kucing dengan duduk di sebuah sudut sambil mengibas-ngibaskan ekornya ke kanan dan ke kiri, posisi telinga ke samping, serta mata yang menyipit. Keadaan ini menandakan bahwa dia sedang bad mood, ingin menyendiri, dan tidak ingin diganggu. Jika kamu ingin bermain dengannya, namun tidak ada respon, biarkan dia sendiri. 

Ekor tegak dengan mulut berdesis

Ketika sedang marah, seekor kucing akan membungkukkan badan, menegakkan ekor dan seluruh bulunya, serta mengeluarkan suara mendesis dari mulutnya. Selain marah, posisi seperti ini bisa juga berarti si kucing merasa ketakutan atau terkejut. Agar dia tetap tenang, usahakan untuk menjauh terlebih dahulu dan tahan keinginanmu untuk bermain dengannya. Sebab jika tidak, bisa jadi kamu akan dicakar olehnya.

Mengeong panjang

Selain bisa diartikan sebagai marah, mengeong panjang dengan nada tinggi juga menandakan bahwa kucingmu kelaparan dan butuh makan. Yang membedakan adalah nada nyaring yang dikeluarkan serta tatapannya yang tajam. Apabila sudah seperti ini, ada baiknya untuk segera memberinya makanan karena jika tidak dia akan mengeong secara terus menerus. Keadaan ini pun bisa jadi akan sangat mengganggumu.

Salah satu makanan kucing praktis dan terbaik yang sebaiknya kamu berikan adalah Royal Canin. Makanan ini mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kucingmu agar tetap sehat. Royal Canin pun direkomendasikan oleh para veterinarian atau dokter hewan.

Ada beragam varian produk Royal Canin untuk berbagai jenis kucing seperti kitten, adult, mother and baby cat, hingga ras kucing tertentu lainnya yang ditawarkan. Teksturnya yang sesuai  membuat semua jenis kucing mudah untuk mengonsumsinya.

Nah, itu tadi beberapa bahasa tubuh kucing yang sering ditunjukkan. Jadi, jangan sampai salah mengartikannya lagi ya!