Jangan Sampai Salah! Begini 5 Cara Mudah Mencegah Kucing Keracunan

Nov 07, 2018

Keracunan dapat berakibat fatal bagi kucing. Kucing yang mengalami keracunan akan terkena gangguan kesehatan berupa mual, muntah, dan diare. Pada kasus keracunan yang lebih serius, kucing akan mengalami kejang-kejang dan berakhir dengan kematian. Inilah mengapa keracunan tidak bisa dianggap remeh.

Ada berbagai penyebab hewan kesayanganmu ini mengalami keracunan. Namun pada umumnya, keadaan ini terjadi karena kucing menelan sesuatu yang berbahaya bagi tubuhnya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara mencegah kucing keracunan. Jangan sampai salah ya, berikut ada 5 cara mudah mencegah kucing keracunan. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Hindari Kontaminasi Silang

Untuk mencegah kucing keracunan, sebaiknya kamu memisahkan kucingmu dengan hewan peliharaan lain, terutama yang sedang sakit dan menggunakan obat tertentu. Hewan peliharaan yang sakit dapat menularkan penyakitnya pada kucingmu. Sementara hewan lain yang menggunakan obat tertentu, dapat memicu terjadinya keracunan pada kucingmu. Sebagai contoh, anjing yang sedang menggunakan obat kutu sebaiknya dijauhkan dari kucingmu. Terjadinya Kontaminasi silang bisa berbahaya bagi hewan peliharaanmu.

2. Jauhkan Tanaman Berbahaya

Cara mencegah kucing keracunan berikutnya adalah dengan menjauhkan tanaman yang tidak aman bagi kucing. Beberapa tanaman yang biasa tumbuh di pekarangan dan taman kota dapat menyebabkan kucing keracunan. Kucing bisa saja memakan tanaman tersebut. Sangat disarankan untuk menjauhkan tanaman yang beracun dari jangkauan kucingmu, misalnya bunga bakung. Letakkan tanaman ini jauh dari jangkauan kucing karena tanaman ini berbahaya jika dimakan oleh kucing. Bunga bakung dapat membuat kucing keracunan. Selain itu, serbuk sari bunga bakung juga dapat menyebabkan alergi  pada kulit kucing. 

3. Simpan Produk Kimia Rumah Tangga

Adapun cara mudah untuk menghindarkan hewan kesayanganmu ini dari berbagai gangguan kesehatan adalah menyimpan produk kimia rumah tangga di tempat yang aman. Sebagian besar produk kimia rumah tangga seperti pembasmi serangga sangat beracun bagi kucing. Mungkin kucingmu tidak meminum bahan kimia tersebut, namun sangat mungkin jika zat-zat beracun ini menempel di kaki maupun rambut kucing. Ketika kucing menjilatnya, zat-zat beracun ini akan tertelan ke dalam tubuh kucing. 

Simpanlah cairan pembasmi serangga dan produk pembersih lantai di dalam lemari tertutup. Pastikan kucingmu tidak dapat menjangkaunya. Jika produk kimia rumah tangga ini tumpah ke lantai, segera bersihkan hingga tidak berbekas sebelum kucingmu menemukannya. 

4. Tidak Memberi Obat Sembarangan

Obat-obatan hanya boleh diberikan pada kucing atas petunjuk dari dokter hewan. Untuk mencegah kucing keracunan, jangan pernah memberikan kucingmu obat secara sembarangan. Ada baiknya untuk menyimpan obat-obatan di tempat yang aman. Tidak hanya obat untuk manusia tapi juga obat yang digunakan untuk hewan peliharaan lainnya. Pastikan semua obat-obatan tersimpan di dalam kemasan tertutup yang tidak bisa dibuka oleh kucing. 

5. Jaga Daya Tahan Tubuh

Keracunan pada kucing memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada seberapa banyak kucingmu menelan zat beracun dan seberapa berbahaya zat tersebut. Bagaimanapun, kemampuan daya tahan tubuh kucing sangat penting untuk mencegah kucing keracunan. Dengan daya tahan tubuh yang baik, kucingmu dapat berusaha bertahan ketika ada zat beracun yang masuk ke tubuhnya. 

Oleh karena itu, langkah tepat untuk mencegah kucing keracunan adalah dengan memberikan kucingmu makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kucing. Kamu dapat memberikan kucingmu Royal Canin. Royal Canin mengandung berbagai nutrisi dalam komposisi yang tepat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh kucing.