Cara Tepat Memberi Obat pada Kucing

Dec 11, 2018

Bagi Pet Mates yang memiliki kucing, salah satu hal yang yang paling sering terjadi adalah ketika memberikan obat kepada mereka. Tak jarang Pet Mates harus pintar-pintar membujuk kucing dengan berbagai cara agar ia bisa menelan obat yang diberikan. Sering kali ketika berusaha memasukkan obat ke mulut kucing, ia malah mencakar tangan atau bagian tubuh lain Pet Mates. Meskipun demikian, Pet Mates harus tetap ‘berjuang’ memasukkan obat demi kesehatan hewan berkaki empat ini. Untuk membantu Pet Mates, berikut cara memberikan obat pada kucing yang perlu diketahui. 

Melalui makanan

Cara memberikan obat pada kucing yang pertama, dilakukan dengan menyembunyikan obat pada makanan basah yang biasa dimakan kucing Pet Mates. Hal ini dilakukan agar saat ia memakan makanannya, secara tidak langsung obat kucing juga tertelan. Buatlah makanan basah kucing berbentuk bola-bola daging kecil untuk menyembunyikan pil. Namun, untuk melakukan cara ini Pet Mates harus bertanya pada dokter hewan dulu apakah tablet bisa dicerna dengan makanan atau tidak. 

Gunakan pipet

Obat kucing juga ada yang dikonsumsi saat perut kosong. Jadi, Pet Mates tidak bisa memasukkan obat pada makanan. Cara memberikan obat pada kucing bisa menggunakan pipet atau memasukkan pil dengan hati-hati ke dalam mulut kucing sambil menahannya. 

Gunakan pill pusher 

Cara memberikan obat pada kucing selanjutnya, yakni menggunakan pill pusher.  Dokter hewan bisa saja memberikan pill pusher, bila Pet Mates tidak ingin memasukkan obat ke dalam makanan kucing. Pill pusher sebenarnya sama seperti pipet untuk pil. Alat ini memungkinkan Pet Mates agar tidak perlu memasukkan jari ke dalam mulut kucing. Bila ingin memberi obat pada kucing dengan cara ini, Pet Mates perlu menyiapkan pipet berisi 5 ml air dan memberikannya pada kucing setelah memberikan pil untuk memastikan agar kucing menelan pilnya dan tidak tersangkut di dalam kerongkongan.

Itulah beberapa cara memberikan obat pada kucing yang bisa Pet Mates ikuti. Perlu diingat, jangan pernah melakukan pengobatan sendiri dengan menduga-duga. Jangan pula memberikan obat untuk manusia, karena obat untuk manusia sangat berbahaya bagi kucing, bahkan bisa membahayakan kucing kesayangan Pet Mates. 

Bacalah petunjuk pemberian obat untuk kucing dengan teliti, sebelum memberikannya dan pastikan Pet Mates memahami instruksi tersebut. Bisa juga tanyakan pada dokter hewan soal pemberian obat yang aman, dan waktu yang tepat untuk memberikan obat, bagaimana seharusnya obat diberikan, lewat mulut,seperti pipet atau pill pusher, efek samping apa yang bisa ditimbulkan dari obat ini, dan bagaimana agar Pet Mates tetap aman ketika memberikan obat pada kucing. 

Untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kucing, bukan hanya memperhatikan dosis atau cara memberikan obat pada kucing saja, Pet Mates juga harus memperhatikan soal makanan yang diberikan pada kucing. Pilihlah makanan yang berasal dari bahan berkualitas sehingga aman untuk dikonsumsi jangka panjang. 

Pet Mates bisa memberikan makanan khusus kucing dari Royal Canin. Ada berbagai varian makanan khusus kucing yang bisa dipilih sesuai dengan usia, ras, dan kondisi kucing Pet Mates. Untuk melihat apa saja produk Royal Canin, Pet Mates bisa melihat di situs resminya di http://www.royalcanin.co.id. 

Source:

https://royalcanin.be/fr/283_76/sante/conseils-pour-donner-un-medicament-a-votre-chat