5 Cara Mudah Melatih Anak Anjing

Jul 04, 2018

Anjing terkenal sebagai hewan yang pintar. Namun bukan berarti anjingmu dapat langsung mengerti dengan baik tanpa latihan sebelumnya. Kamu tetap harus melatih anjingmu sejak ia masih kecil. Cara melatih anak anjing akan lebih mudah dibandingkan dengan melatih anjing dewasa. Kamu dapat mengikuti panduan 5 metode basic cara melatih anak anjing berikut ini.

Panduan Cara Melatih Anak Anjing 

Memperhatikan cara melatih anak anjing merupakan langkah besar dalam perawatan anak anjing. Pelatihan ini juga termasuk bagian penting dari pertumbuhan dan perkembangan anak anjing. Semua orang tentu suka anak anjing yang berperilaku baik dibandingkan anjing yang nakal.

Pet Mates dapat menyimak panduan langkah demi langkah tentang cara melatih anak anjing. Ada 5 metode basic cara melatih anak anjing yang perlu dipelajari sebelum anjing dewasa. Dengan cara ini, anak anjing akan terus mengingat pelajaran yang di dapatnya sepanjang hidup. 

 

1) Cara melatih anak anjing mengetahui namanya

Agar anak anjing menanggapi saat kamu memanggil namanya, kamu perlu mengajari anak anjing untuk mengetahui namanya. Semakin pendek nama, semakin mudah untuk belajar. Mengajari anak anjing untuk mengetahui namanya dilakukan dalam dua langkah sederhana sebagai berikut :

● Ucapkan nama anak anjing secara perlahan dan jelas untuk menarik perhatiannya.

● Ketika anak anjing menanggapi namanya, berikan imbalan kepada anak anjing dan tepuk kepalanya. Jika anak anjing tidak langsung datang, jangan suruh dia pergi. Hal ini akan menghambat pelajarannya di lain waktu.

2) Cara melatih anak anjing mengetahui “No”

Kata berikutnya yang perlu dipelajari anak anjing adalah "No". Sejak awal anak anjing harus mengerti bahwa "No" berarti sesuatu yang dilarang. Kamu perlu memastikan bahwa perintahmu konsisten. Apa yang dilarang hari ini bagi anak anjing, akan tetap dilarang keesokan harinya, ini berlaku darimu dan anggota keluarga lainnya.  

Cara melatih anak anjing mengetahui arti kata “No” ini sangat penting untuk diajarkan. Sehingga di mana pun dan kapan pun kamu mengatakannya, anjingmu akan mengerti bahwa apa yang ia lakukan adalah sesuatu yang seharusnya tidak dilakukannya.

3) Cara melatih anak anjing “sit, down, stay”

Beberapa perintah berikutnya yang perlu dipelajari anak anjing ini harus diajarkan dalam urutan yang ditentukan. Kamu dapat memerintahkan anak anjing untuk "sit", dengan cara dorong paha anak anjing dengan satu tangan, dan jaga kepalanya dengan tangan yang lain. 

Sedangkan saat kamu mengajarinya "down", minta anak anjing untuk duduk, kemudian tarik cakar anjing dengan perlahan ke depan sambil mengatakan "down". Cara melatih anak anjing mematuhi saat kamu bilang “down” adalah buat anak anjing duduk dan tambahkan "stay" sambil menjauh dari anak anjing. Jika anak anjing bangun dan mengikuti, katakan "No".

4) Cara melatih anak anjing buang air besar pada tempatnya

Cara paling sederhana untuk melatih anak anjing untuk buang air di tempatnya adalah dengan melakukan kunjungan rutin setelah makan, ke tempat di mana kamu ingin anjing buang air besar pada tempatnya. Ketika anak anjing dapat melakukannya dengan baik, beri dia hadiah.

5) Cara melatih anak anjing makan dengan benar

Untuk mengajari anak anjing makan dengan benar, kamu perlu secara rutin menyiapkan mangkuk makanan anak anjing di tempat yang sama dan pada waktu yang sama setiap harinya. Pastikan kamu meletakkan makanan anak anjingmu jauh dari tempat tidurnya. 

Ingatlah untuk memberi anak anjing banyak kasih sayang dan pujian setiap kali dia dapat belajar dengan benar. Ini akan mendorong anak anjing berperilaku yang baik selama hidupnya. Kamu juga harus memberikan anak anjingmu makanan dengan nutrisi seimbang untuk mendukung proses belajar anak anjing. Berikan anjingmu Makanan Royal Canin yang telah diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik sang anjing.