Cara Merawat Kucing Persia yang Benar

Nov 10, 2017

Apakah kamu memelihara kucing Persia di rumah? Sudahkah kamu mengetahui beberapa hal penting mengenai kucing menggemaskan ini? Persia adalah salah satu ras kucing domestik yang tercatat paling awal dan berasal dari tahun 1600-an. Kucing Persia adalah kucing yang terkenal kalem dan tenang. Selain itu, kucing Persia pada umumnya memiliki hidung yang pesek, kulit dan rambut yang, indah serta berkilau. Persia adalah satu-satunya ras kucing yang memiliki rambut panjang (longhair). Jika kamu memeliharanya di rumah, di apartemen atau di mana pun berada, kamu harus rajin dalam melakukan perawatannya, agar kulit, rambut serta kesehatannya tetap terjaga.

Cara merawat kucing Persia

Kulit dan rambut yang dimiliki kucing Persia perlu dirawat dengan teliti dan benar serta mendapat nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan mereka sebaik mungkin. Rambut yang dimiliki kucing Persia mudah rontok dan kusut. Kucing jenis juga sering membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati rambut dan membuat mereka secara tidak sengaja menelan rambutnya sendiri. Karena panjang dan kelebatan rambut kucing Persia ini, rambut tersebut kerap ditelan dalam jumlah yang banyak dan pada umumnya akan dimuntahkan. Tetapi hal tersebut dapat berakibat buruk jika rambut yang ditelan tetap menempel bahkan menyumbat saluran pencernaan mereka.

 

Maka dari itu, kamu perlu membantunya dalam membersihkan rambut mereka dengan menggunakan sisir yang berongga cukup jarang. Lakukan penyisiran setiap harinya sekitar 5-15 menit. Selain itu, jangan lupa untuk memandikannya secara teratur.

 

Kebutuhan nutrisi kucing Persia

Untuk mendukung akan kebutuhan kucing mengemaskan ini, berikan makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 untuk rambut yang mengkilap, serta beberapa jenis protein yang merupakan bahan pembentuk rambut seperti metionin, sistein, dll.

Diet tinggi serat dapat membantu menjaga saluran pencernaan mereka menjadi dan membantu mengikat rambut di perut mereka sehingga sistem pencernaan mereka menjadi lebih efektif.

Kucing Persia memiliki sistem pencernaan yang sensitif dan membutuhkan dukungan yang tepat untuk menghindari gangguan perut. Cara tepat untuk membantu sistem pencernaan kucing Persia untuk bekerja dengan benar yaitu dengan memberikan mereka makanan yang mengandung banyak protein, prebiotik dan serat yang membantu menyeimbangkan flora usus dan melancarkan pencernaan. 

 

Di balik kulit dan rambutnya yang indah, kucing Persia juga bisa menderita iritasi pada kulit. Asam lemak dapat membantu memperbaiki lapisan rambut mereka. Royal Canin, merupakan makanan kucing yang diformulasikan secara khusus untuk memenuhi segala kebutuhan unik yang dimiliki kucing Persia. Berikan Royal Canin sesuai dengan usia, ukuran, kondisi fisiologis dan ras kucing peliharaanmu. Jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai macam-macam makanan yang cocok untuk kebutuhan kucingmu, kunjungi saja di website www.royalcanin.co.id sekarang juga.