Cara Merawat Kucing Persia yang Baik dan Benar

Jul 04, 2018

Kucing Persia memiliki rambut yang panjang dan terkesan mewah. Meskipun terlihat menarik dan lembut, rambut kucing Persia dapat menjadi masalah tersendiri. Mulai dari rambut rontok, kusut, sampai rambut yang tertelan dan menjadi penyakit. Butuh penanganan khusus untuk merias kucing persia agar selalu terlihat indah tanpa harus mengganggu kesehatannya.

 

Kucing Persia Membutuhkan Perawatan Ekstra

Merawat rambut kucing Persia merupakan tugas besar bagi para pemilik kucing ini. Kucing Persia membutuhkan lebih banyak perawatan terkait rambut panjangnya. Kamu perlu untuk rutin menyikat rambutnya agar terhindar dari kusut dan rontok. Merias kucing persia perlu dilakukan dengan hati-hati. 

Kucing Persia mudah diidentifikasi dengan rambut yang indah, unik, dan panjang. Sifat yang sama yang membuat kucing ini berkembang biak begitu unik. Ini bisa menjadi penyebab iritasi pada kulit, tidak hanya bagi kucing, tetapi dapat menular juga ke pemiliknya. 

Ketika menyangkut kucing Persia, kamu harus berusaha lebih keras untuk merawat rambut dan kulit yang sehat, dibandingkan untuk kucing jenis lainnya. Merias kucing persia perlu dilakukan dengan konsisten. Kucing dan anak kucing Persia perlu disikat sepanjang tahun karena rambut panjang mereka membentuk simpul dan jumbai dengan mudah. Kucing Persia juga cenderung menelan rambut dalam jumlah besar, yang membuat mereka rentan terhadap hairballs. Untuk mengurangi risiko hairball dan menjaga kualitas rambutnya, kamu sebaiknya mengikuti jadwal perawatan rutin.

Masalah lain yang perlu diperhatikan pada kucing Persia adalah matanya perlu dibersihkan secara teratur. Hal ini dikarenakan kucing persia cenderung menghasilkan air mata secara terus-menerus. Penting bagimu untuk menyeka matanya dengan kain basah dan bersih. Ini merupakan salah satu cara yang baik untuk merias kucing persia.

 

Cara Merawat dan Mendandani Kucing Persia

Cara merawat dan merias kucing persia tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kamu bisa belajar melakukannya sendiri di rumah.  Untuk menjaga rambutnya tetap sehat dan indah, ikuti tips perawatan kucing Persia secara sederhana berikut ini:

1. Pentingnya Menyikat Rambut Kucing Persia

Merias kucing persia dengan menyikat rambutnya sangat penting dilakukan sedini mungkin. Ini akan membuat kucingmu terbiasa disikat rambutnya. Menyikat rambut sejak kucing Persia masih kecil juga dapat menjaga kualitas rambutnya dalam jangka panjang. Ini  akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan.

Gunakan sisir khusus untuk kucing setiap hari ketika menyikat rambut kucing Persia. Merias kucing persia dengan menyikat rambutnya secara lembut dapat menghilangkan kelebihan rambut mati, debu, dan kotoran yang menempel. Perhatikan area-area lipatan yang cukup sulit dijangkau  seperti di bawah leher, di belakang telinga, dan kaki. Area-area ini sering terbentuk simpul-simpul rambut yang lebih banyak dibandingkan area lain.

2. Awasi Kutu, Luka, Atau Benjolan Yang Tidak Biasa

Saat mendandani kucing persia, pastikan kamu tidak mencabut rambut dari akarnya. Ini bisa menyebabkan rasa sakit dan potensi botak pada kucing Persia. Sebaliknya, pisahkan dengan lembut menggunakan jari-jarimu atau gunakan sisir kucing untuk mengurai rambut yang kusut. Awasi adanya kutu, luka, atau benjolan yang tidak biasa. Jika kamu menemukannya, kamu dapat meminta bantuan dokter hewan untuk memberikan rekomendasi tindakan yang perlu dilakukan.

3. Merias Kucing Persia Dengan Cara Mandi

Kamu bisa merias kucing persia dengan cara memandikannya. Gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk kucing saat memandikan kucing Persia. Kamu juga perlu memastikan bahwa kucingmu tidak akan mendapat masalah jika dimandikan. Kamu dapat menanyakannya kepada dokter hewan langgananmu. Jangan lupa untuk menggunakan bola kapas untuk mencegah air masuk ke telinga kucing Persia.

4. Perhatikan Nutrisi Yang Tepat

Merias kucing persia yang paling penting adalah mendandani dari dalam, yaitu memberikannya makanan terbaik dengan nutrisi yang tepat. Formula Royal Canin Persian mencakup nutrisi yang dibuat khusus untuk kucing Persia. Nutrisinya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut kucing Persia, sekaligus menjaga saluran pencernaan dari efek buruk hairball.