Cara Mengatasi Alergi Makanan Pada Anjing

Feb 05, 2018

Anjing yang menjilati, menggaruk kulitnya secara sering dan memiliki banyak ruam di kulit, kemungkinan sedang mengalami alergi. Alergi merupakan penyakit umum yang kerap menjangkiti anjing. Alergen atau pemicu alergi biasanya berasal dari beragam jenis, seperti debu, suhu ekstrim, dan pemakaian produk perawatan yang tidak sesuai. Yang mengejutkan, sekitar 10% dari semua kasus alergi ternyata berkaitan dengan makanan! Oleh karena itu, sangat penting bagi Pet Mates untuk mengetahui cara mengatasi alergi makanan pada anjing.

 

Mengenal alergi makanan pada anjing

Alergi makanan pada anjing terjadi ketika sistem kekebalan tubuh anjing salah merespon terhadap kehadiran jenis protein tertentu yang dianggap berbahaya. Alergi makanan pada anjing sangat khas karena protein dalam makanan mereka bisa berupa protein daging sapi, ayam, telur, dan susu. Tubuh anjing secara otomatis akan membuat perlawanan terhadap apa yang dianggap ‘protein berbahaya’ tersebut. 

 

Sistem kekebalan tubuh anjing yang salah merespon terhadap alergen memicu gejala yang biasanya berhubungan dengan kulit. Seperti gatal-gatal, rambut rontok, dan iritasi kulit. Anjing yang menderita alergi biasanya cenderung menggaruk-garuk kulitnya secara berlebihan. Gejala lainnya dari alergi makanan dapat berupa infeksi telinga dan masalah pencernaan seperti diare dan muntah. 

 

Jika Pet Mates mendapati gejala-gejala tersebut pada anjing kesayangan, sebaiknya jangan menunda untuk segera ke dokter hewan. Dokter hewan akan membantu untuk mendiagnosa jenis alergi yang dialami anjingmu. Mengatasi alergi makanan pada anjing harus dilakukan dengan cara yang tepat. 

 

Tidak mudah untuk mengetahui secara pasti penyebab alergi pada anjing. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan menjalani beberapa test diagnosis sederhana, dokter hewan dapat menganalisa jenis alergi pada anjing. Jika mengarah kepada alergi makanan, maka tindakan selanjutnya adalah melakukan uji coba eliminasi makanan untuk memastikan apa saja makanan yang dapat memicu alergi pada anjing.

 

Apa itu uji coba eliminasi makanan?

Uji coba eliminasi makanan biasanya dilakukan selama 8-12 minggu. Selama waktu uji coba ini, anjing melakukan diet khusus. Semua makanan yang dikonsumsi selama masa uji coba ini telah diformulasikan khusus dengan menghilangkan sebanyak mungkin alergen potensial yang dicurigai. Jika reaksi buruk berupa alergi berangsur-angsur membaik selama masa uji coba eliminasi makanan, maka dapat dipastikan bahwa penyebab alergi terdapat dalam makanan sebelumnya. 

 

Langkah selanjutnya adalah mengenalkan kembali satu demi satu jenis makanan lainnya untuk memastikan lebih spesifik jenis alergen. Karena biasanya anjing hanya alergi terhadap protein. Diet khusus yang dirumuskan dokter hewan akan menyajikan sumber protein yang belum pernah dikonsumsi anjing sebelumnya (diet protein baru). Untuk mengatasi alergi makanan pada anjing, dokter hewan juga dapat memberikan protein yang telah dipecah menjadi partikel kecil sehingga tubuh anjing tidak mengenali sumbernya (diet protein terhidrolis).

 

Makanan untuk anjing yang alergi

Protein kedelai yang telah dipecah menjadi molekul kecil dapat menghentikan respon berlebihan dari sistem kekebalan tubuh anjing dan membuatnya seimbang. Ini baik untuk Hypoallergenic diet. Sedangkan untuk Anallergenic diet, sumber protein alternatif yang jarang digunakan untuk makanan hewan seperti feather protein hydrolysate sangat baik. Semua itu bisa didapatkan dalam Royal Canin Hypoallergenic and Anallergenic diets.

 

Royal Canin memperhitungkan kebutuhan nutrisi anjing selama uji coba eliminasi makanan. Formulasi makanan ini juga dapat menjadi solusi jangka panjang untuk membantu mengelola kepekaan anjing terhadap makanan. Jika anjingmu belum pernah diberi makan bebek sebelumnya, Pet Mates dapat memberikan diet protein alternatif yang mengandung bebek dan tapioka. Royal Canin juga memiliki pilihan diet protein ini yang disebut sensitivity control. 

 

Selain itu, Royal Canin menggunakan formulasi dari asam lemak omega 3 dari minyak ikan, vitamin B, dan asam amino histidin. Formula ini bermanfaat untuk menjaga kulit dan rambut tetap sehat serta mencegah respon alergi pada kulit. Diet protein terhidrolisis dan diet dermatologi dari Royal Canin dapat digunakan sebagai bagian dari uji coba eliminasi makanan jangka pendek dan mengatasi alergi makanan pada anjing. Royal Canin juga dapat menjadi solusi jangka panjang jika anjingmu didiagnosis alergi makanan.