5 Cara Mengajarkan Anjing Duduk yang Bisa Diikuti Pet Mates

Oct 19, 2017

Ketika kamu memutuskan memiliki anjing untuk dijadikan teman di rumah, banyak hal yang harus dilakukan setiap harinya agar anjing kamu merasa nyaman tinggal bersama kamu dan keluarga kamu. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah melatih kebiasaan dasar bagi anjing agar terbiasa dengan berbagai aturan yang ada dil ingkungan sekitarnya. 

Salah satu kebiasaan yang perlu diajarkan adalah cara duduk. Duduk adalah salah satu perilaku paling sederhana yang bisa diajarkan dan biasanya merupakan perintah pertama dalam latihan kepatuhan dasar bagi anjing. Namun dalam  mempraktikkan cara mengajarkan anjing duduk perlu proses latihan dengan membangun hubungan antara kamu dan anjing. Cara mengajarkan anjing duduk bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun sebaiknya kamu memperhatikan berbagai hal berikut sebelum mengajarkannya :

1. Lakukan Secara Perlahan 

Cara mengajarkan anjing duduk harus dilakukan secara perlahan karena anjing memiliki rentang perhatian yang terbatas dan mudah terganggu. Kamu perlu memberikan waktu istirahat agar ia bisa fokus selama sesi latihan.

2. Pilihlah Lingkungan yang Nyaman

Dalam melatih anjing untuk duduk, kamu perlu memilih lingkungan yang nyaman dan bebas gangguan. Ruangan dalam rumah bisa menjadi tempat yang sesuai karena kamu memiliki lebih banyak kontrol terhadap aktivitas anjing dan bisa menjaganya agar lebih memfokuskan perhatiannya. Bila harus berlatih di luar ruangan, carilah area yang aman agar anjing tidak lari atau bisa juga menggunakan tali leher (leash) untuk mengontrolnya.

Cara Mengajarkan Anjing Duduk

1. Siapkan Makanan Kecil

Cara mengajarkan anjing duduk yang bisa kamu lakukan dengan memberinya makanan kecil. Kamu perlu menyiapkan makanan kecil saat latihan berlangsung. Jika anjing yang dilatih berisiko kelebihan berat badan, kamu bisa mencari makanan yang rendah kalori atau makanan diet anjing. 

 

2. Carilah Perhatian Anjing

Kamu harus mendapatkan perhatian anjing terlebih dahulu dengan berdiri secara berhadapan dengan anjing sehingga ia fokus sepenuhnya pada kamu dan bisa melihat serta mendengarkan  instruksi dari kamu.

 

3. Menunjukkan Makanan pada Anjing

Untuk mencuri perhatiannya, kamu bisa menggenggam makanan di tangan sehingga anjing tahu kamu memiliki makanan tersebut. Cegahlah anjing untuk tidak mengambilnya dari tangan kamu. 

 

4. Menggerakkan Makanan dari Hidung Anjing ke Belakang Kepalanya

Kamu bisa menunjukkan makanan pada jarak yang paling dekat dari hidung anjing dan diangkat ke atas kepalanya pelan-pelan. Dengan cara ini, anjing akan mengikuti arah makanan tersebut dengan mata dan hidungnya, memandang ke atas, dan berusaha menempatkan bokongnya ke bawah. Tentunya kamu perlu menggenggam makanan dengan jarak cukup dekat dengan kepala anjing sehingga ia tidak akan mencoba melompat untuk mengambilnya. 

 

5. Katakan Duduk 

Cara mengajarkan anjing duduk yang terakhir, kamu harus mengatakan “duduk” dengan suara tegas ketika bagian bokong anjing bersentuhan dengan permukaan tanah. Ketika anjing telah berhasil melakukan intruksi tersebut, segera berikan makanan sebagai imbalan.

Itu dia beberapa cara mengajarkan anjing duduk yang bisa kamu ikuti. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, jika salah satu trik untuk mengajarkan anjing duduk dengan memberikan makanan kecil. Kamu bisa memberikan makanan seperti Royal Canin. Kamu bisa memilih makanan anjing dari Royal Canin yang memiliki banyak varian baik untuk anak anjing maupun anjing dewasa. Kandungan dalam setiap makanan anjing Royal Canin dilengkapi dengan nutrisi sesuai kebutuhan masing-masing anjing dari berbagai jenis. Untuk mengetahui lebih lanjut soal ragam makanan anjing dari Royal Canin, kamu bisa mengunjungi situs Royal Canin di www.royalcanin.co.id.