Cara Memberi Makan Anak Kucing

Jan 19, 2018

Jika kamu mempunyai kucing yang masih bayi, memberi makan anak kucing merupakan suatu hal yang membutuhkan kehati-hatian. Kamu harus selektif dalam menentukan jenis makanan kucing yang khusus untuk anak kucing. Setahun pertama dalam kehidupan kucing menjadi waktu yang biasanya banyak tersita karena mereka masih dalam masa pertumbuhan. 

 

Perlu diperhatikan bahwa dalam masa tersebut, sistem pencernaan dan kekebalan tubuh mereka mengalami perkembangan menjadi lebih matang. Hal ini membuat urusan mengenai makanan yang sehat untuk mereka sangatlah penting, khususnya jika kamu ingin melihat mereka berkembang dengan baik pada setiap tahap.

 

Kamu harus selektif dalam menentukan makanan mereka karena mereka berbeda dengan manusia. Anak kucing pada dasarnya adalah hewan karnivora atau pemakan daging. Dengan berdasarkan hal ini saja, makanan mereka sudah pasti berbeda. Apa yang baik untuk manusia belum tentu baik untuk anak kucing. Jika dipaksa, maka gangguan pencernaan dapat terjadi. 

 

Untuk memberinya makanan yang baik, kamu perlu mengetahui ketentuan makanan yang berdasarkan usia anak kucing. Agar kamu bisa memberi makan anak kucing dengan baik dan benar, simak informasinya dibawah ini.

 

Untuk kucing usia hingga 4 bulan

Ketentuan yang pertama adalah khusus untuk anak kucing yang baru saja lahir hingga berusia 4 bulan. Namun kamu perlu memperhatikan bahwa kamu bisa memberikan makanan setelah anak kucing berusia lebih dari 4 minggu. Mengapa? Karena dalam waktu 4 minggu pertama, anak kucing akan sepenuhnya menyusu pada induknya. 

 

Setelah masa 4 minggu pertama, kamu mulai bisa memberinya makan. Untuk makanannya sendiri, terdapat ketentuan khusus. Makanannya harus makanan anak kucing dan untuk melakukannya harus secara bertahap. Maksudnya adalah dalam mengubah anak kucing untuk bisa makan harus dengan cara yang lambat atau perlahan. Hal ini disebabkan oleh sistem pencernaan anak kucing yang masih lemah dan jika mendadak akan terjadi masalah. 

 

Kamu bisa menggunakan campuran makanan dan susu formula khusus untuk anak kucing. Untuk pemberian makannya, setidaknya lakukan hal tersebut selama seminggu. Jika dalam satu minggu kondisinya normal, maka bisa berpindah ke rasio makanan selanjutnya. Karena hal ini tidak sederhana, kamu bisa menghubungi dokter hewan untuk memastikan apa yang terbaik untuk diberikan kepada anak kucingmu. 

 

Kamu juga bisa memberi makan anak kucing dengan porsi kecil, khususnya jika kucing sudah mulai terbiasa dengan makanan. Biarkan kucing makan kapanpun ia mau. Pastikan makanannya adalah makanan anak kucing yang penuh nutrisi.

 

Untuk kucing usia 4 - 12 bulan

Ketika anak kucing memasuki usia 4 - 12 bulan, sistem pencernaannya mulai matang. Artinya, pencernaan bisa dilatih untuk mencerna makanan padat.

 

Pemberian makanan untuk kucing berusia hingga 12 bulan tidak boleh berlebih. Pada masa ini, mereka masih berkembang dan tumbuh. Sehingga jika pemberian makanannya berlebih, maka bisa memicu pertambahan berat badan kucing. Kelebihan berat badan merupakan hal yang tidak baik untuk kucing, jadi kamu harus mengatur porsi makan kucing dengan baik. Meskipun begitu, pastikan juga tetap ada makanan ketika kamu pergi meninggalkan mereka untuk sementara. Dalam tahap ini, kamu juga disarankan untuk memastikan akses air yang cukup untuk kucing. Untuk akses air yang ideal, kamu bisa meletakkan beberapa mangkuk air dibeberapa sudut rumah. 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemberian makanan yang baik dan benar untuk anak kucing yang kamu pelihara, kamu bisa hubungi dokter hewan. Jangan sungkan bertanya karena dokter hewan pasti akan memberikan saran bermanfaat agar kamu memberi makan anak kucing dengan baik dan benar.