Bisa Dicoba, Berenang Aktivitas Air yang Aman untuk Anjing

Oct 19, 2017

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama anjing kesayangan. Baik itu bermain, berolahraga hingga melakukan aktivitas air bersama seperti berenang. Bila kamu sedang berencana untuk menghabiskan masa liburan di pantai atau kolam renang, tidak ada salahnya jika kamu mengajak anjing kesayanganmu untuk berenang. 

Sebenarnya anjing bukanlah makhluk yang bisa berenang. Karena tubuh mereka tidak memiliki kemampuan bergerak yang cukup baik untuk melakukan aktivitas air yang aman untuk anjing ini. Anjing hanya bisa melakukan satu-satunya gaya agar tidak tenggelam yakni “gaya anjing.” Gaya anjing yang dalam bahasa Inggris bernama dog paddle adalah sebuah bentuk gerakan yang didorong oleh insting anjing agar mereka tidak tenggelam. Teknik dari gaya ini adalah posisi kepala berada diatas air sedangkan kaki dan tangan melakukan gerakan mengayuh secara bergantian.

Beberapa anjing ada yang memiliki kemampuan yang cukup baik dalam melakukan dog paddle, sehingga membuat mereka berenang dengan lebih baik dan bertahan lama di dalam air. Namun ada juga sebagian anjing yang bisa langsung tenggelam ketika masuk ke dalam air karena ketidakmampuannya berenang.

Anjing memiliki respons yang berbeda-beda terhadap air. Ada yang sangat menyukai air dan ada juga yang tidak. Bila dilihat dari kemampuannya berenang, ada anjing yang “bisa” berenang, bisa diajari, dan mereka yang tidak bisa berenang. Hal ini bisa dilihat dari faktor fisik masing-masing jenis anjing. Biasanya  anjing yang memiliki otot kaki kuat, seperti jenis Water Spaniel, Golden Retriever, English Setter termasuk jenis anjing yang memiliki kemampuan berenang yang cukup baik.Sementara anjing yang bertubuh atau berkaki pendek, seperti Bulldog dan Dachshund tidak memiliki fisik yang cukup baik untuk berenang, sehingga mereka bisa langsung tenggelam ketika masuk ke dalam air.

Berenang adalah aktivitas air yang aman untuk anjing yang bisa kamu lakukan asal memperhatikan beberapa hal yang bisa menghindari anjing dari bahaya-bahaya yang mungkin terjadi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memulai berenang bersama anjing:

1. Untuk membujuknya, kamu bisa menggunakan mainan untuk masuk ke air dan kamu harus tetap dekat dengan anjing kamu. 

2. Ajarkan anjing kamu cara bagaimana masuk dan keluar dari kolam renang dengan upaya mereka sendiri.

3. Bila mengajak anjing kamu berenang, pastikan mereka tidak banyak makan agar tidak cepat lelah saat melakukan aktivitas air ini.  Karena berenang bisa sangat melelahkan untuk anjing. 

4. Baik itu berenang di kolam renang sendiri, pantai, danau, atau yang lainnya jagalah anjing  dari kemungkinan meminum air kolam renang, pantai, atau danau, yang bisa menyebabkan sakit perut. Karena bisa saja air kolam renang atau air danau dipenuhi dengan parasit yang bisa menyebabkan diare, muntah, dan masalah kesehatan lainnya.

5. Untuk mencegah anjing mengalami gangguan kesehatan setelah berenang, kamu bisa meminta saran kepada dokter hewan sebelum mengajak anjing berenang. Dokter mungkin akan memberikan obat untuk melindungi anjing dari risiko terkena parasit dan bahaya lain.

6. Jangan pernah meninggalkan anjing kamu tanpa pengawasan di dalam atau di dekat pantai, terutama saat ada ombak.

 

Setelah Berenang

Bila aktivitas air yang aman seperti berenang untuk anjing sudah selesai, jangan lupa untuk memandikan dan membilas tubuhnya hingga bersih. Gunakanlah jenis sampo yang sesuai anjing kamu untuk membuang bekas klorin,  kotoran, dan bakteri dari tempat berenang di danau atau kolam renang. Keringkan tubuh anjing kamu menggunakan handuk dan sisir rambut anjing secara perlahan untuk menghindari rambut kusut.

Itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin mengajak anjing kamu berenang. Tentunya tidak ada salahnya bila kamu mencoba melakukan berenang untuk mendekatkan interaksi antara kamu dan anjing. Dalam merawat anjing bukan hanya membuatnya senang dengan aktivitas yang dilakukan. Kamu juga perlu memperhatikan makanan yang bergizi untuk anjing kamu. 

Ada Royal Canin yang merupakan nutrisi kesehatan untuk anak anjing, anjing dewasa, serta anjing yang sedang menjalani diet dengan menghadirkan beragam makanan khusus anjing yang telah disesuaikan dengan kebutuhannya. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi situs Royal Canin di www.royalcanin.co.id, dalam situsnya kamu juga bisa mendapat informasi tentang berbagai hal tentang anjing.