Bingung Ingin Memelihara Anjing atau Kucing? Yuk, Ketahui Tipsnya!

Oct 09, 2018

Memelihara anjing atau kucing memang menyenangkan. Sayangnya, mungkin kamu hanya memiliki kemampuan untuk memelihara satu ekor hewan saja. Kamu bingung untuk memutuskan ketika dihadapkan untuk pilih pelihara anjing atau kucing. Padahal, memilih hewan peliharaan dapat disesuaikan dengan keinginan dan kemampuanmu. 

Simak tips berikut ini agar kamu tidak bingung lagi untuk pilih pelihara anjing atau kucing.

Tanggung Jawab Tetap Nomor Satu

Apapun hewan peliharaan yang kamu pilih, baik itu anjing ataupun kucing, kamu harus memahami tanggung jawab yang melekat selama kamu memeliharanya. Anjing dan kucing merupakan makhluk hidup yang memiliki berbagai kebutuhan untuk hidup dengan layak. Sebagai pemiliknya, akan menjadi tanggung jawabmu untuk mencukupi kebutuhan mereka.

Kamu memiliki kewajiban untuk memberikan hewan peliharaanmu tempat tinggal yang layak. Rumah yang dapat melindunginya dari kedinginan dan tidak bising. Lingkungan yang aman dari gangguan hewan liar dan tanaman yang menimbulkan alergi. Kamu juga perlu melindungi hewan peliharaanmu  dari anak-anak yang belum paham cara menyayangi hewan.

Sebelum memutuskan untuk memiliki anjing atau kucing, pastikan kamu sanggup untuk mencukupi kebutuhan makanan mereka. Anjing dan kucing setidaknya diberi makan sebanyak dua kali dalam satu hari. Berikan anjing atau kucing makanan yang kaya nutrisi sesuai kebutuhannya. Kamu dapat memberikannya makanan Royal Canin agar anjing atau kucingmu dapat tumbuh dengan baik. 

Apakah Kamu Senang Mengajak Hewan Peliharaanmu Jalan-Jalan?

Kalau kamu bingung untuk pilih pelihara anjing atau kucing, tanyakan kepada dirimu, apakah kamu senang mengajak hewan peliharaanmu jalan-jalan? Seekor anjing, apapun jenis rasnya, butuh untuk diajak jalan-jalan setiap hari. Aktivitas fisik sangat penting bagi anjing untuk melatih otot-ototnya dan menjaga tubuhnya tetap bugar.

Seperti anjing, kucing juga butuh untuk diajak bermain. Namun intensitas bermain kucing tidak sesering anjing. Jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk mengajak hewan peliharaanmu jalan-jalan atau bermain, sebaiknya kamu memilih kucing sebagai hewan peliharaan. 

Seberapa Sering Kamu Bepergian dan Meninggalkan Hewan Peliharaanmu Sendirian?

Memelihara hewan di rumah bisa jadi membatasimu dalam bepergian. Kamu tidak bisa meninggalkan hewan peliharaanmu sendirian di dalam rumah tanpa menitipkannya pada orang lain untuk merawatnya. Sebelum memutuskan untuk pilih pelihara anjing atau kucing, sebaiknya kamu mengidentifikasi terlebih dahulu seberapa sering kamu bepergian dalam waktu yang lama.

Baik perawatan kucing atau anjing sebenarnya sangat mudah. Kamu masih bisa meninggalkannya sendirian di rumah selama beberapa hari tanpa menemukan masalah berarti. Isi makanan dan minuman hewan peliharaanmu dalam wadah khusus yang memungkinkannya makan dan minum dengan kondisi tetap higienis. Sediakan pasir yang cukup agar hewan peliharaanmu dapat membuang kotorannya di tempat yang telah disediakan. Kamu dapat meminta tolong keluarga atau tetanggamu untuk sesekali menengok keadaannya dan membersihkan kandangnya. 

Namun, apabila kamu khawatir meninggalkannya sendirian untuk bepergian dalam waktu yang lama, kamu dapat menitipkan anjing atau kucingmu di tempat penitipan hewan. Saat ini sudah banyak tempat yang menawarkan jasa penitipan hewan. Biasanya kamu akan dikenakan tarif per hari selama kamu menitipkannya. Jangan lupa untuk menitipkan Royal Canin dalam jumlah yang cukup agar kebutuhan nutrisi  anjing atau kucingmu terjamin selama kamu pergi.

Berbagi Ruang Pribadi atau Lebih Suka Menyendiri?

Pilih pelihara anjing atau kucing juga akan menimbulkan konsekuensi terhadap ruang pribadimu. Jika kamu memelihara anjing, setiap saat dia ingin menemanimu. Anjing sangat menyukai jika kamu membelainya, memeluknya, dan bermain bersamanya. Anjing tidak mengenal ruang pribadi. Dia membutuhkan lebih banyak perhatian.

Kucing lebih suka menyendiri dibandingkan anjing. Kucing mampu menghabiskan waktu berjam-jam sendirian. Tidak semua orang dapat membelai dan bermain dengan kucingmu, karena dia akan memilih siapa yang boleh menyentuhnya dan siapa yang tidak. Jika kamu menginginkan hewan peliharaan dengan karakter seperti ini, maka sebaiknya kamu memelihara kucing.

Hewan peliharaan berkaki empat seperti anjing dan kucing dapat menjadi sahabat yang setia. Mereka dapat menemanimu saat sendirian di rumah. Bermain dan menonton televisi bersama akan menjadi kegiatan yang seru. Anjing atau kucing juga senang jika kamu ajak berjalan-jalan di sore hari. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk pilih pelihara anjing atau kucing.