Beberapa Fakta Masalah Kencing pada Kucing

Jan 19, 2018

Masalah kencing pada kucing ditandai dengan adanya perubahan sikap pada kucing tersebut. Perubahan sikap meliputi kejanggalan ketika terlihat ingin kencing atau terlihat tidak seperti biasanya ketika akan atau sedang melakukannya. Jika kamu pemilik kucing dan melihat bahwa ia tidak bisa mengeluarkan kencing sama sekali, maka ada kemungkinan jika ia menderita gangguan pada kandung kemihnya. Kandung kemih yang tersumbat bisa menjadi pemicu masalah kencing. Bila hal ini terjadi, kamu harus segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan khusus.

 

Bagi kamu sebagai pemilik hewan ini, wajib menyimak penjelasan fakta mengenai masalah saluran kencing pada kucing seperti berikut.

 

Penyebab masalah kencing yang beragam

Penyebab adanya gangguan pada sistem ekskresi urin pada kucing sangat beragam. Beruntungnya, tidak semua dari penyebab tersebut adalah penyebab medis. Beberapa dipengaruhi oleh kondisi diluar keadaan kucing itu sendiri.

 

Salah satu masalah kencing pada kucing adalah adanya perubahan emosi seperti stress pada kucing. Kemudian ada pula penyebab yang berasal dari perubahan lingkungan sekitar kucing. Contohnya adalah adanya hal-hal baru yang datang dalam jumlah yang tidak sedikit seperti adanya hewan peliharaan baru serta banyaknya orang baru yang berdatangan. Hal tersebut merupakan sebab umum yang menimbulkan stres berlebih pada kucing sehingga berpengaruh terhadap saluran kencing. 

 

Faktor lingkungan lainnya adalah adanya diet, bisa diet perubahan makanan yang dilakukan secara tiba-tiba serta adanya kucing lain yang tiba-tiba merebut wilayahnya. Perlu kamu ketahui bahwa kucing biasanya menandai wilayah mereka. Tekanan atau faktor yang berasal dari lingkungan ini sangat berkaitan dengan masalah kencing pada kucing. Penyebab selanjutnya yang sering menjadi faktor utama terjadinya masalah ini adalah adanya kristal padat yang terbentuk sehingga mengakibatkan tersumbatnya kandung kemih. Jika hal tersebut terjadi, kucing akan kesulitan dalam mengeluarkan urinnya. 

 

Memiliki tanda 

Jika terdapat masalah kencing pada kucing, ada tanda-tanda khusus untuk mengindikasikannya. Salah satu tanda yang terlihat adalah kucing menjadi lebih sering mencoba untuk kencing dan terlihat mencobanya lebih keras dari keadaan normal. Tanda lainnya mungkin urin akan keluar secara putus-putus. 

 

Tanda yang terparah adalah kucing menunjukkan fisik yang lemah, terdapat darah pada urin kucing serta kucing terlihat kesakitan. Jika hal ini terjadi pada kucing kamu, sebaiknya kamu menghubungi dokter hewan. Tanda-tanda tersebut masuk dalam kategori darurat sehingga bisa berakibat fatal jika tidak langsung ada tindakan medis.

 

Mengatasi masalah kencing pada kucing

Mengatasi masalah kencing pada kucing bisa dilakukan tergantung dari penyebabnya. Jika faktor stres lingkungan menjadi pemicunya, maka memastikan lingkungan sekitar menjadi stabil kembali adalah cara yang tepat untuk mengatasinya. 

 

Jika faktor utamanya bukanlah lingkungan atau kamu memiliki kesulitan untuk mengidentifikasi penyebabnya, kamu perlu bantuan dokter. Tanyakan kepada dokter hewan mengenai apa saja yang harus kamu lakukan. Jika perlu, informasikan mengenai keadaan kucing, termasuk tanda-tandanya. Jika infeksi bakteri menjadi faktor utamanya, sebaiknya kucingmu segera ditangani dokter. Begitu juga jika penyebabnya adalah kristal kecil yang menghambat kandung kemih kucing kamu, kamu perlu menghubungi dokter hewan secara langsung. 

 

Dengan informasi diatas, kamu kini lebih memahami mengenai permasalahan saluran kencing pada kucing yang sering terjadi. Informasi mengenai masalah kencing pada kucing diatas akan membantu kamu dalam memahami dan mengatasi masalah pada kucing khusus pasa sistem ekskresi urin.