Alasan Anjing Makan Rumput dan Cara Mengatasinya

Jan 19, 2018

Ada banyak alasan anjing makan rumput yang mungkin awalnya membuat kamu penasaran. Kebiasaan yang tidak wajar bagi anjing yang memakan rumput perlu diketahui agar bisa menghadapinya dengan baik. Sebagai pemilik anjing, kamu pasti pernah menyaksikan anjing makan rumput bukan? Kira-kira apa penyebabnya? Untuk menemukan jawaban pastinya, simak informasi berikut ini. 

 

Identifikasi alasan anjing makan rumput

Untuk mengidentifikasi alasannya lebih lanjut, perhatikan beberapa hal di bawah ini:

 

1. Masalah pencernaan

Salah satu hal yang menjadi dasar anjing lebih tertarik makan rumput adalah ingin membersihkan usus dan pencernaannya. Hal ini masuk akal karena faktor makanan yang mempengaruhi kondisi pencernaanya.

 

2. Vitamin

Ada kemungkinan besar bagi anjing yang lebih tertarik kepada rumput karena rumput bukanlah makanan biasa baginya. Salah satu yang mungkin anjing pikirkan adalah rumput merupakan tambahan vitamin yang baik.

 

3. Masalah kesehatan

Anjing diketahui sebagai salah satu hewan yang cukup cerdas. Alasan lainnya ia lebih tertarik terhadap rumput ialah ia berpikir bahwa rumput berhubungan dengan kesehatannya. Sebagai contoh, ia berpikir bahwa rumput bisa mengobati masalah kesehatan yang sedang ia rasakan.

 

4. Naluri

Alasan anjing makan rumput yang terakhir adalah naluri. Anjing juga diketahui sebagai makhluk yang memiliki rasa ingin tahu, sehingga mungkin ia melakukan percobaan untuk merasakan mengonsumsi rumput. 

 

Memang agak aneh ketika anjing memakan rumput. Hal ini patut dikhawatirkan karena bisa menimbulkan efek yang buruk bagi anjing tersebut.Bukan tanpa sebab, tapi pencernaan anjing didesain bukan untuk pencernaan rumput.

 

Efek negatif jika anjing makan rumput

Salah satu efek negatif yang mungkin timbul dari kejadian ini adalah bahwa anjing akan mengalami muntah. Rumput yang sering dimakan anjing ialah rumput gandum. Jenis rumput ini jika tertelan anjing akan mengakibatkan gangguan pada pencernaan. Rumput yang keras dan panjang tidak bisa dikunyah oleh anjing, sehingga pencernaan akan menolaknya. Ini tidak hanya akan menginfeksi usus, tapi juga akan membahayakannya. Hasilnya, anjing akan mengalami muntah yang hebat.

 

Selain itu, anjing juga bisa mengalami sembelit jika rumput yang dimakan adalah rumput yang tidak bisa dicerna. Hal inilah yang mendasari kamu sebagai pecinta anjing untuk memperhatikan apa saja yang dimakan anjing ketika berada di luar rumah. 

 

Alasan anjing makan rumput memanglah tidak pasti dan sulit ditebak. Yang diperlukan adalah solusi untuk menghadapinya.

 

Solusi mengatasi anjing yang makan rumput

Jika kamu melihat anjingmu makan rumput di taman kota, kamu bisa mencegahnya dengan memperhatikan gerak-geriknya. Rumput kota biasanya bukan rumput gandum. Sehingga jika anjing memakannya, mungkin efek negatif yang ditimbulkannya tidak terlalu parah. Pastikan selalu mengawasinya agar tidak memakan rumput.

 

Sebenarnya, memakan rumput bagi anjing justru banyak terjadi di daerah perdesaan dimana rumput gandum bisa tumbuh liar dimana-mana. Jika kamu berada di desa dan banyak rumput disana, kamu bisa mengajari anjing untuk tidak memakannya. 

 

Namun jika itu tidak berhasil, jalan satu-satunya adalah dengan berkonsultasi pada dokter hewan.  Dokter hewan akan melakukan yang terbaik untuk membuat pencernaannya tidak terganggu. Jika efek yang ditimbulkan akibat memakan rumput tergolong parah, maka harus dengan cepat-cepat menghubungi dokter untuk segera mendapatkan tindakan medis.

 

Meskipun beberapa rumput bisa berisiko untuk anjing, ada juga rumput yang mengandung anti bakteri yang sering disukai anjing. Namun hal ini perlu pendalaman lebih lanjut untuk memastikan anjing baik-baik saja setelah memakannya.

 

Uniknya, anjing juga biasanya tahu mengenai rumput yang bisa bermanfaat baginya. Hanya saja, ini umumnya berlaku untuk anjing yang berada di desa. Nah, jika alasan anjing makan rumput adalah untuk memperbaiki dirinya dengan memakan rumput mengandung anti bakteri, kamu tidak perlu khawatir lagi meski tetap harus mengawasinya.

 

Bagaimanapun, solusi untuk anjing yang memakan rumput adalah dengan cara memberikannya cukup makanan yang baik. Berikan anjing makanan khusus anjing yang memiliki nutrisi lengkap. Jangan lupa untuk memastikan porsi makanan dan waktu memberikan makanan, sehingga anjing tidak sampai merasa kelaparan. Royal Canin merupakan makanan yang tepat untuk anjingmu. Dengan memberikan makanan yang sesuai dengan pencernaan anjing, anjing akan terhindar dari memakan rumput.