Tips Memilih Makanan Khusus untuk Hewan Peliharaan Agar Terhindar dari Alergi

Jan 23, 2019

Anjing atau kucing yang mengalami alergi cenderung akan lebih gelisah. Seperti menggosokkan kepalanya ke perabot rumah, menggaruk rambutnya, bahkan menggigit rambut sampai rontok juga bisa dilakukan kucing atau anjing saat mengalami alergi. Gejala alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, bentol, dan luka akan sangat mengganggu anjing atau kucingmu. Jika dibiarkan, masalah kesehatan ini akan berdampak lebih serius.

Pet Mates, kamu perlu mengetahui apa yang menyebabkan hewan peliharaanmu mengalami alergi. Bisa jadi mereka alergi terhadap partikel tertentu dari lingkungan seperti debu, serangga, atau serbuk sari bunga. Kamu perlu mencegah hewan peliharaanmu dari terpapar alergen tersebut. Selain itu, alergi yang umum terjadi pada hewan peliharaan biasanya disebabkan oleh protein dalam makanan yang dikonsumsinya. 

Berdasarkan penelitian, tidak ditemukan kasus alergi makanan yang disebabkan oleh karbohidrat, pengawet, atau zat aditif.  Semua alergi makanan yang tercatat disebabkan oleh protein yang terkandung di dalam makanan hewan peliharaan. Oleh karena itu, sangat penting bagimu untuk memberikan makanan dengan protein khusus untuk alergi pada hewan. Berikut ini tips memilih makanan rendah protein untuk hewan peliharaan yang bisa kamu ikuti. 

 

Protein Terhidrolisis 

Hampir semua alergi makanan pada anjing atau kucing disebabkan oleh kandungan protein dalam makanan yang dianggap zat asing berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh hewan peliharaan. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh memberikan protein sama sekali kepada hewan peliharaanmu. Protein tetap dibutuhkan oleh anjing dan kucing sebagai sumber energi dan mendukung tumbuh kembangnya. 

Salah satu penyebab alergi adalah molekul protein yang terlalu besar. Berikanlah anjing atau kucingmu makanan yang mengandung protein dan sudah melalui proses hidrolisis. Hidrolisis merupakan proses memecah protein yang lebih besar menjadi protein mikroskopis yang lebih kecil. Partikel-partikel protein yang lebih kecil ini tidak dapat dikenali oleh sistem kekebalan tubuh hewan peliharaan sehingga sangat kecil kemungkinannya untuk menimbulkan reaksi alergi. 

 

Produk Terpercaya

Makanan dengan protein khusus untuk alergi pada hewan sebaiknya merupakan produk terbaik dari perusahaan yang sudah berpengalaman dalam membuat makanan anjing dan kucing. Selain komposisi nutrisi yang tepat untuk hewan peliharaan yang rentan alergi, kamu juga perlu memastikan makanan hewan peliharaanmu dibuat di pabrik yang terjamin kebersihannya. 

Berikanlah Royal Canin kepada anjing atau kucingmu. Royal Canin merupakan produk terpercaya yang telah bertahun-tahun melakukan penelitian untuk merancang formulasi yang tepat untuk makanan anjing dan kucing yang rentan alergi. Sebelum memproduksi makanan khusus untuk hewan peliharaan yang rentan alergi, pabrik Royal Canin melakukan proses pembersihan selama 48 jam. Hal ini untuk menjamin bahan-bahan makanan tetap higienis dan tidak tercampur dengan zat-zat lain.

 

Konsultasi ke Dokter hewan

Memberikan makanan dengan protein khusus untuk alergi pada hewan saja tidak cukup jika kamu belum mengetahui penyebab pasti dari gangguan alergi pada anjing atau kucingmu. Sebaiknya kamu melakukan konsultasi kepada dokter hewan untuk meneliti apa yang menyebabkan anjing atau kucingmu mengalami alergi. 

Jika gejala alergi yang dialami hewan peliharaanmu mengarah kepada alergi makanan, biasanya dokter hewan akan menyarankan untuk melakukan uji coba eliminasi makanan. Selama masa uji coba eliminasi makanan ini, anjing atau kucingmu hanya diberikan makanan khusus seperti Royal Canin diet Anallergenic atau Hypoallergenic. Kamu harus memastikan bahwa hewan peliharaanmu tidak memakan makanan lain selain dari makanan yang telah ditentukan.

Itulah tips memilih makanan dengan protein khusus untuk alergi pada hewan yang bisa kamu ikuti. Patuhilah petunjuk dari dokter hewan. Jangan bosan untuk selalu menjaga kesehatan hewan peliharaanmu agar angka harapan hidupnya bisa lebih panjang dan kamu dapat lebih lama bermain dengan hewan peliharaanmu.