Mengapa Membawa Kucing ke Dokter Hewan Itu Penting?

Dec 18, 2017

Banyak Pet Mates yang jarang membawa kucingnya ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan rutin. Salah satu alasannya karena Pet Mates menganggap kondisi kucing baik-baik saja dan tidak mengetahui kondisi kucing saat sakit. 

Selama ini, Pet Mates umumnya hanya membawa kucing ke dokter ketika sang hewan sedang sakit atau membutuhkan bantuan medis lainnya. Sedangkan bila kamu merasa kucing tidak menunjukkan tanda-tanda sakit maka mengunjungi dokter hewan dirasa tidak perlu. Padahal bawa kucing rutin ke dokter hewan adalah salah satu kunci untuk membuat kucing selalu sehat. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, kucing termasuk hewan yang  andai menyembunyikan penyakitnya dan sebaik apa pemiliknya mengenali tanda-tanda penyakit pada kucingnya. Oleh karena itu membawa kucing secara rutin ke dokter hewan dapat memastikan kesehatan kucing dan mencegah berbagai tanda/penyakit berkembang menjadi lebih parah sehingga dapat mengindari kematian kucing.

Jadi seberapa sering Pet Mates perlu membawa kucing mereka ke dokter hewan?

Sama seperti manusia yang seharusnya melakukan pemeriksaan  kesehatan tahunan, kucing pun sebaiknya  juga demikian. Disarankan bawa kucing rutin ke dokter hewan setidaknya setahun sekali (idealnya dua kali setahun). Karena hal ini bisa membantu mengidentifikasi kondisi fisiknya sebelum timbul masalah serius.

Dengan bawa kucing rutin ke dokter hewan, sang dokter bisa memeriksa kondisi kucing dan apabila ditemukan sesuatu hal dalam tubuhnya, maka dokter hewan akan merekomendasikan tes yang diperlukan. Biasanya selama pemeriksaan fisik, sang dokter akan mengevaluasi area berikut untuk memastikan kucing kamu sehat:

1. Pemeriksaan gigi dan mulut untuk mengetahui apakah ada masalah pada gigi atau mulut yang sering terjadi pada kucing, terutama saat mereka bertambah tua.

2. Pemeriksaan mata dan telinga.

3. Pemeriksaan berat badan dan kondisi tubuh.

4. Pemeriksaan organ dalam seperti jantung, paru-paru, maupun ginjal. 

5. Pemeriksaan kulit untuk memastikan adanya kutu atau penyakit kulit.

6. Pemeriksaan otot, tulang, dan persendian.

 

Bawa kucing rutin ke dokter hewan memiliki banyak keuntungan bagi kamu karena  untuk memastikan bahwa hewan dalam kondisi yang sehat atau tidak, mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, dan bisa diberikan selalu vaksin yang sekiranya penting untuk kesehatan kucing.

Namun kenyataannya ada beberapa kucing yang perlu dibawa untuk mengunjungi dokter hewan lebih sering daripada setahun sekali. Hal itu biasanya terjadi karena hewan berkaki empat tersebut mengalami tanda-tanda khusus sehingga memerlukan pemeriksaan lebih sering. Tanda-tanda tersebut meliputi:

1. Ada kelainan pada tes laboratorium yang mengindikasikan perlunya tindak lanjut

2. Perubahan selera makan

3. Perubahan konsumsi air (minum air lebih banyak atau kurang dari biasanya)

4. Kelesuan atau perubahan pola aktivitas

5. Batuk atau bersin

6. Muntah atau diare, dan lain-lain

 

Jadikan dokter hewan kepercayaan kamu sebagai mitra untuk membantu kucing mendapatkan kondisi fisik yang sehat. Bawa kucing rutin ke dokter hewan untuk  mendapatkan langkah-langkah proaktif  demi menjaga kesehatannya. Selain itu, jangan sampai lupa untuk memperhatikan asupan makanannya yang bisa diperoleh dari makanan khusus kucing Royal Canin. 

Royal Canin menyediakan varian makanan kucing baik basah maupun kering yang cukup lengkap dan telah disesuaikan dengan jenis, usia, dan kebutuhan kucing. Bahkan Royal Canin menyediakan makanan khusus diet untuk kucing. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lengkap soal makanan kucing dari Royal Canin, kamu bisa mengunjungi situs www.royalcanin.co.id.