Memberi Makan Anak Kucing yang Terpisah dari Induknya

Dec 27, 2017

Memberi makan anak kucing yang terpisah dari induknya harus mempertimbangkan banyak hal. Hal tersebut karena anak kucing masih butuh asupan susu dari induknya. Selain itu, tidak setiap makanan sehat itu bagus bagi anak kucing.

 

Banyaknya kasus mengenai anak kucing yang terpisah dari induknya membuat asupan gizi hewan lucu ini terganggu. Kalau kamu menemukan anak kucing terlantar atau terpisah dari induknya, sebaiknya pahami nutrisi yang baik untuknya. Lalu, jika seekor induk kucing tidak mampu menyusui keseluruhan anaknya, kamu harus segera mengganti susu dengan makanan lain yang gizinya setara dengan susu induknya. 

 

Pemberian susu harus dilakukan secara hati-hati. Susu sapi atau susu kambing tidak cocok untuk kucing. Penyebabnya adalah kucing menyerap laktosa pada susu dalam keadaan yang terbatas. Jika kamu memberikannya susu kambing atau sapi, anak kucing mungkin bisa diare atau dehidrasi. Apa yang baik untuk manusia belum tentu baik untuk anak kucing, itu menjadi hal utama yang perlu kamu ingat. 

 

Dari segi susu saja, pemberiannya tidak boleh sembarangan, begitu juga dengan makanannya. Nah, berikut ini adalah ketentuan memberikan makan yang harus kamu pelajari sebelum memberi makan  anak kucing.

 

Susu untuk anak kucing yang terpisah dari induknya

Sebelum kamu memberi makan anak kucing yang terpisah dari induknya, pahami ketentuan pertama berikut ini mengenai susu untuk anak kucing. Karena susu yang diberikan untuk anak kucing tidak boleh sembarangan, ada tiga prinsip yang bisa dijadikan patokan sebelum memilih susu untuk anak kucing. 

 

Yang pertama, susu yang kamu berikan harus mengandung cukup lemak. Perlu kamu ketahui bahwa susu kucing lebih tinggi lemak hingga mencapai tiga kali lipat dibandingkan dengan susu sapi. 

 

Kemudian yang kedua, susu atau makanan pengganti susu lainnya tidak boleh mengandung pati. Makanan yang mengandung pati tidak menimbulkan masalah pada kucing dewasa, namun itu tidak baik pada anak kucing. Pati akan membuat anak kucing mengalami dehidrasi, bahkan diare. 

 

Yang terakhir, cari susu pengganti khusus untuk anak kucing yang mengandung DHA. DHA bagi anak kucing akan bermanfaat untuk perkembangannya khususnya akan berpengaruh pada sistem saraf.

 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memberi makan anak kucing

Bahasan ketentuan kedua adalah mengenai hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum memberi makan anak kucing yang terpisah dari induknya.

 

1. Cuci tangan sebelum memberi makan kucing

Ketentuan pertama adalah kamu harus membersihkan tanganmu terlebih dahulu sebelum mencampurkan makanan pengganti susu induknya. Selain itu, pastikan semua peralatan steril dari bakteri. Pastikan keadaan makanan pengganti dalam kondisi baru. Jika ingin memberikan susu melalui botol, pastikan botolnya steril.

 

2. Perhatikan suhu susu

Yang kedua adalah memperhatikan suhu susu tersebut. Kamu harus memastikan bahwa suhu susu mencapai 36 hingga 38 derajat Celcius dan berikan susu dalam keadaan hangat. Kamu bisa mengecek suhunya dengan menggunakan tangan kamu.

 

3. Jangan beri makanan jika kenyang

Ketentuan selanjutnya adalah berhenti member anak kucing makanan jika ia telah kenyang. Tanda kalau kucing sudah merasa kenyang ialah dia menolak saat diberikan susu. Tidak cukup sampai disitu, kamu juga perlu mengelus perutnya secara perlahan untuk merangsang kucing buang air kecil. Perlakuan ini meniru induknya yang biasanya menjilat perut anaknya. 

 

4. Beri makanan khusus 

Ketentuan terakhir adalah memberikan makanan khusus anak kucing sesering mungkin. Jangan lupa untuk memilih makanan yang diproduksi khusus untuk anak kucing.

 

 

Royal Canin telah mengembangkan feline health nutrition, yaitu kumpulan produk makanan kucing yang dirancang sesuai dengan kebutuhan spesifik setiap kucing. Karena memilih makanan kucing penting untuk  mempertimbangkan parameter seperti, gaya hidup, usia, dan sensitivitasnya. Kucing yang sehat sangat tergantung dari makanan yang tepat, berikan Royal Canin sekarang juga untuk pertumbuhannya yang lebih baik.