Jenis-Jenis dan Alasan Pentingnya Vaksinasi Anjing Dewasa

Dec 18, 2017

Seberapa penting vaksinasi untuk anjing dewasa? Seperti halnya manusia, anjing juga butuh diberi vaksin agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Tanpa diberi vaksin, tumbuh kembang anjing bisa saja terganggu hingga sering mengalami sakit-sakitan. Selama ini, kebanyakan orang lebih mengenal vaksin rabies yang merupakan vaksin penting bagi anjing. Padahal di luarsana, vaksin lain yang tak kalah penting tetap dibutuhkan anjing, tak terkecuali anjing dewasa. 

Biasanya, pada vaksinasi anjing dewasa diberikan setiap 3 tahun sekali. Dengan memilih produk vaksin non-inti yang diberikan setiap setahun sekali.  Berikut uraian lengkap tentang beberapa jenis penyakit anjing yang vaksinnya sudah ada di Indonesia.

 

1. CANINE PARVOVIRUS . Vaksinasi anjing dewasa terhadap penyakit  ini baik untuk mencegah penyakit, yang mudah menular dan terkadang fatal dengan gejala umum diare berdarah dan muntah.

 

2. CANINE DISTEMPER

Vaksinasi anjing terhadap penyakit ini mampu mencegah penyakit canine distemper yang sangat berbahaya bagi sistem pernafasan, pencernaan & kesehatan syarafnya. Penyakit tersebut memiliki berbagai macam gejala seperti hilangnya nafsu makan, mata dan hidung berair, batuk dan gejala kerusakan saraf.

3. CANINE HEPATITIS. Pencegahan penyakit ini juga penting dilakukan untuk menghidari gangguan hati yang disebabkan virus. Anjing yang rentan terkena penyakit yang cenderung menyerang hati, menyebabkan muntah, hilang nafsu makan dan kekuningan.

 

4. CANINE CORONAVIRUS. Coronavirus memang tidak menyebabkan penyakit yang fatal seperti parvovirus, Tapi bila coronavirus bersamaan dengan parvovirus, dapat menyebabkan kondisi fatal pada anjing. Dengan memberinya vaksin tersebut, risiko terkena penyakit yang berkaitan dengan pencernaan pun dapat dihindari.

 

5. CANINE LEPTOSPIROSIS . Leptospira sering ditularkan melalui kencing tikus dan juga dapat menulari manusia. Vaksinasi terhadp penyakit ini baik untuk mencegah penyakit yang biasanya menyerang fungsi hati dan ginjal. Pada 50% kasus yang ada, penyakit tersebut digejalai oleh demam tinggi, mata kekuningan dan nyeri otot.

 

Vaksinasi anjing dewasa pada intinya mampu membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu, terlebih jika anjing kesayanganmu sudah memasuki usia cukup lanjut. Konsultasikan jadwal vaksinasi dengan dokter hewanmu Di samping itu, jangan lupa untuk mengulang vaksin dengan jangka waktu yang ditentukan dokter agar kekebalan tubuh terhadap beberapa penyakit berbahaya bisa tetap terjaga.

Perawatan lain untuk anjing selain vaksinasi

Selain vaksinasi, anjing yang masih kecil ataupun dewasa juga butuh perawatan lain untuk menunjang kelayakan hidupnya. Perawatan tersebut meliputi:

Anti parasit

Parasit seperti kutu pijal atau caplak dapat membawa efek buruk terhadap kesehatan anjing.Banyak produk anti kutu tersedia di pasaran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, di antaranya semprotan (spray),tetes (spot on). Obat-obatan ini bisa membasmi parasit dengan efektif.

 

Obat cacing

Obat cacing harus diberikan teratur secara sistematis  sesuai rekomendasi dokter hewan, karena jadwal dan pilihan obat cacing tergantung ukuran, usia dan gaya hidup anjing.

 

Grooming

Jangan lupa juga rutin memandikan anjing kesayanganmu demi kebersihan tubuhnya. Frekuensi mandi tergantung pada tekstur rambut. Anjing yang memiliki rambut sangat pendek perlu dimandikan ketika kotor saja. Di negara 4 musim, biasanya anjing berambut pendek dimandikan dua kali dalam setahun dan anjing berambut panjang setiap 3 bulan sekali. 

 

Merawat anjing butuh ketelatenan dan tentunya juga kasih sayang. Semakin dirawat dengan sungguh-sungguh, percayalah akan semakin pajang pula nantinya usia anjing kesayanganmu.