Inilah Olahraga yang Dapat Melatih Anjing Kamu

Dec 18, 2017

Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang dapat memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Artinya, olahraga dapat membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Bukan hanya manusia yang membutuhkan olahraga, anjing pun butuh berolahraga untuk membantu menjaga kesehatannya dan menjaga kebugarannya.

Jika kurang bergerak, tubuh pada anjing bisa menjadi bermasalah dan mudah terserang penyakit. Dengan berolahraga, bukan hanya otot-otot saja yang terlatih, tapi juga sirkulasi pada darah dan oksigen dalam tubuh dapat menjadi lancar sehingga metabolisme pada tubuh menjadi optimal. Tubuh pun akan terasa menjadi segar dan otak yang menjadi pusat saraf pun dapat berkerja lebih baik.

Manfaat olahraga bersama dengan anjing peliharaan

Ajak anjing peliharaanmu untuk ikut berolahraga bersama kamu sesering mungkin. Dengan berolahraga dengan anjing peliharaan, dapat memberikan berbagai manfaat yaitu menyegarkan pikiran atau melepas stress. Selain itu, dengan melakukan olahraga bersama anjing peliharaan yaitu membuat kamu bisa menjaga hubungan dan memudahkan kamu dalam melatihnya untuk melakukan berbagai hal.

Yang perlu diperhatikan, olahraga harus disesuaikan juga dengan kondisi anjing. Anjing berukuran besar bisa diajak berlari dengan jarak agak jauh sedangkan anjing kecil tidak. Disarankan tidak melakukan olehraga yang terlalu keras dengan aktivitas fisik intensif yang berlebihan. Perhatikan juga kondisi anjing, jangan melakukan olahraga terus menerus tanpa istirahat. Sebaiknya sering bersitirahat (setiap 5-10 sekali)

Berikut beberapa kegiatan berolahraga bersama anjing yang juga dapat melatihnya untuk menjadi anjing yang cerdas.

Menangkap bola

Lempar bola bisa menjadi salah satu pilihan berolahraga bersama anjing yang menyenangkan. Biarkan anjing kamu mengambilnya dan memberikannya kepada kamu kembali. Olahraga ini dapat melatih anjing kamu untuk menurut perkataan dan perintah dari kamu serta melatih kelincahan.

 

Bersepeda atau berlari

Kamu bisa memilih bersepeda atau berlari bersama sebagai kegiatan berolahraga bersama anjing secara rutin. Kamu bisa memegang tali pada leher anjing kamu dan mengajaknya berlari. Olahraga ini dapat melatih kekuatan jantung dan menjaga kebugaran.

 

Melacak benda

Pilihan kegiatan berolahraga bersama anjing yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuatnya untuk melacak atau mencari benda yang kamu sembunyikan di suatu tempat. Misalnya saja kamu menyembunyikan dompet, saputangan, sarung tangan dan lain sebagainya yang biasa dipakai kamu dan sembunyikan di belakang kursi lalu biarkan anjing kamu menemukannya. Kegiatan ini memang tidak mudah dan membutuhkan lebih banyak waktu dan juga kesabaran.

 

Menyenangkan sekali bukan bisa berolahraga bersama anjing dan juga melatihnya untuk menjadi anjing yang pintar? Kamu dan anjing kamu bisa sama-sama mempunyai tubuh yang bugar dengan melakukan kegiatan olahraga yang rutin. Selain berolahraga bersama anjing, jangan lupa untuk memberikan anjing kamu dengan nutrisi terbaik yang terkandung dalam makanannya. Berikan makanan Royal Canin dengan kandungan nutrisi yang disesuaikan dengan usia, ukuran, kondisi fisiologis dan ras.