Ini Persiapannya Jika Ingin Membawa Kucing Ke Dokter

Dec 18, 2017

Pada dasarnya kucing peliharaan perlu dibawa ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan secara teratur guna menjaganya agar terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan. Bila kamu baru memelihara kucing, ada baiknya membawa hewan ini ke dokter pada 72 jam pertama ia bersama kamu. 

Namun urusan membawa hewan berkaki empat ini ke tempat praktik dokter hewan bukanlah perkara mudah. Bahkan ada kucing yang ‘menolak’ dan merasa stres ketika ia merasa ingin diajak untuk menemui sang dokter. Ada baiknya kamu melakukan persiapan membawa kucing ke dokter hewan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Persiapan Membawa Kucing ke Dokter Hewan

1. Ketika berpergian, kucing memang bisa dibawa tanpa menggunakan pengangkut (carrier),tetapi sebagian dokter hewan tidak menyukainya karena ditakutkan bisa membahayakan orang atau hewan lain. Bila kucing hanya digendong, ada risiko ia akan merasa ketakutan dan bisa membuat kekacauan. Oleh karena itu salah satu persiapan membawa kucing ke dokter yakni menyiapkan tas/keranjang/atau carrier khusus kucing untuk membawanya ke dokter hewan. 

2. Persiapan membawa kucing ke dokter lainnya yakni membawa catatan riwayat kesehatan kucing. Bila kamu mengambil kucing dari penampungan atau orang lain, kamu perlu meminta catatan riwayat kesehatannya dan membawa catatan tersebut untuk ditunjukkan pada dokter hewan. 

3. Persiapan membawa kucing ke dokter yang perlu juga kamu lakukan adalah dengan membiasakan kucing untuk naik mobil. Caranya dengan memasukkan ia ke dalam  mobil tanpa menyalakan mesinnya. Kemudian tenangkan dia dan berikan camilan serta perhatian ketika ia sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya. Lakukan kebiasaan ini selama kurang lebih dua minggu dan biarkan kucing mengenali isi mobil. 

 

Biasanya kunjungan dokter hewan yang dilakukan pertama kali untuk kucing akan mencakup beberapa tes serta pemeriksaan fisik menyeluruh, seperti : 

a. Mengambil suhu tubuhnya

b. Memeriksa organ dalamnya 

c. Menguji otot dan sendi untuk mobilitas

d. Memeriksa kondisi kulitnya

e. Memeriksa telinganya untuk infeksi dan tungau telinga

f. Memeriksa matanya

g. Memeriksa gigi dan mulut kucing 

h. Sample tinja untuk mendeteksi adanya cacing di pencernaannya. 

 

Selain persiapan membawa kucing ke dokter di atas, kamu juga perlu menanyakan soal vaksinasi yang tepat untuk hewan kesayangan, makanan yang tepat, dan hal lain yang berkaitan dengan cara merawat kucing yang baik. Jika berbicara soal makanan, kamu bisa percayakan Royal Canin. Produsen makanan khusus hewan peliharaan ini sudah berpengalaman menciptakan makanan kucing yang dilengkapi dengan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan khusus kucing. Kamu bisa membuka situs www.royalcanin.co.id untuk mengetahui info lebih lengkap tentang makanan dan perawatan tentang hewan berkaki empat ini.