Hilangkan Plak Pada Gigi Anjing dengan Cara Ampuh Ini

Dec 18, 2017

Lapisan tipis atau biofilm yang mengandung banyak mikroorganisme akan bergabung dengan sisa makanan dan membentuk apa yang disebut dengan plak gigi. Jika hal tersebut dibiarkan tanpa adanya pembersihan pada gigi, plak dapat mengandung material organik seperti lemak, protein, enzim, kalsium dan juga fosfor. Jika kandungan-kandungan tersebut tercampur dengan sisa makanan dan air liur dapat mengeras dan membentuk apa yang disebut dengan karang gigi. Hal tersebut tentunya dapat terjadi jika dibiarkan tanpa pembersihan yang optimal.

Sekitar 85% anjing yang berusia di atas 3 tahun, banyak yang memiliki penyakit gigi seperti plak dan juga karang gigi. Jika dibiarkan begitu saja tentunya bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi seekor anjing seperti bau mulut hingga terserang penyakit jantung.

Penyakit gigi bisa saja ditimbulkan oleh cuaca yang lembap dan juga karena kurangnya kesadaran dari pemiliki untuk menjaga kebersihan gigi anjing peliharaannya. Apakah kamu juga termasuk yang demikian? Jika iya, sekaranglah waktunya untuk lebih memperhatikan kesehatan mulut mulai dari giginya.

Yang harus kamu lakukan yaitu dengan melakukan perawatan untuk mengurangi penumpukan plak dan mencegah infeksi bakteri pada gusi anjing kesayanganmu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kesehatan mulut anjing dan juga beberapa poin yang perlu kamu perhatikan dalam mencegah penumpukan plak pada gigi anjing kamu seperti berikut ini.

• Gunakan pasta gigi khusus

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dalam perawatan kesehatan mulutnya yaitu dengan menyikat giginya dengan menggunakan pasta gigi yang memang diformulasikan khusus untuk anjing dan jangan sekali-kali kamu menggunakan pasta gigi yang biasa kamu gunakan, karena pasta gigi untuk manusia dapat menggangu pencernaan anjing.

• Cara menyikat

Jika anjing kamu belum terbiasa giginya dibersihkan dengan cara disikat, kamu bisa memulainya dengan menggunakan jari kamu untuk menggosok bagian atas dan bawah gigi serta gusi mereka. Dengan begitu, perlahan anjing kamu juga bisa terbiasa dengan cara sikat gigi. 

 

• Lakukan secara rutin

Idealnya, kamu harus menyikat gigi anjing kesayanganmu setiap hari agar makanan yang tersisa tidak menumpuk terlalu lama dan menimbulkan bakteri.

 

Selain 3 poin di atas, tentunya kamu juga perlu membawa anjing peliharaanmu ke dokter hewan secara rutin untuk mendapatkan saran dan juga perawatan lebih lanjut apalagi jika masalah pada gigi anjing kesayangan kamu sudah parah dan tidak mudah diperbaiki dengan hanya menyikat giginya. Dokter hewan juga dapat membantu kamu dalam memeriksa gigi anjing kamu dan memberikan program perawatan gigi dan mulut. Jika memang dibutuhkan, dokter hewan juga dapat membersihkan plak dan karang pada gigi anjing kamu dengan cara de-scaling ultrasonik. Tanyakan kepada dokter hewan kamu untuk mengetahui cara terbaik untuk memperbaiki kesehatan gigi dari anjing kamu.

 

Jangan lupa untuk memperhatikan jenis makanan yang kamu berikan. Berilah makanan dengan tekstur yang sesuai agar anjing kamu tidak terlalu sulit saat mengunyah. Kamu bisa memberikan Royal Canin dengan berbagai pilihan sesuaikebutuhan anjingmu.