Hilangkan Bau Mulut Pada Anjing dengan Cara Ini!

Dec 18, 2017

Bau mulut tidak sedap dapat disebabkan oleh beragam hal. Studi menunjukkan bahwa 80 persen bau mulut timbul akibat adanya masalah padakesehatan pada gigi dan mulut seperti gigi berlubang, karang gigi atau terdapat masalah pada gusi. Lalu, bagaimana jika masalah bau mulut terjadi pada anjing peliharaanmu? Berikut penjelasan mengenai penyebab dan cara menghilangkan bau mulut pada anjing yang perlu kamu ketahui.

 

Penyebab Bau Mulut Pada Anjing

Penyebab paling umum bau mulut pada anjing adalah penyakit gusi. Hal ini disebabkan oleh penumpukan plak dan karang gigi yang membuat gusi kemerahan, meradang dan bahkanberdarah. Partikel makanan yang tertinggal di mulut setelah makan bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri dan dapat memicu pembentukan plak pada gigi. Lalu plak yang tercampur air liur akan membentukkarang gigi.

 

Anjing ras kecil, seperti French Bulldogs, lebih rentan terhadap masalah tersebut dibandingkan anjing ras besar karena struktur gigi mereka yang lebih rapat. Dalam kasus tertentu, bau mulut bisa juga disebabkan oleh penyakit di bagiantubuh lain, misalnya seperti penyakitpencernaan, pernafasan atau ginjal.

 

 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Pada Seekor Anjing

Jika kamu mulai mencium bau tak sedap yang keluar dari mulut anjing kamu, bisa jadi anjing kamu memiliki masalah kesehatan. Bau mulut biasanya merupakan hasil bakteri yang terbentuk di mulut, paru-paru atau perut anjing. Jika mereka jarang bernapasdengan mengeluarkan bau yang tidak sedap, mungkin saja bau tersebutberasal dari apa yang mereka makan. Tapi berbeda jika nafas mereka selalu berbau busuk, saat itulah kamu harus membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut. Dokter hewan akan membantu menyingkirkan penyebab potensial yang paling serius dan memberi kamu rencana pengobatan terpadu untuk membantu mengatasi masalah bau mulut dan mencegahnya muncul kembali.

 

Cara Mencegah Bau Mulut Pada Anjing

Untuk membantu menjaga kesehatan mulut anjing kamu serta mencegah timbul masalah lainnya, maka solusi terbaik yaitu dengan membantu menyikat giginya dan lakukanlah secara rutin dan benar untuk menjaga kebersihan gigi anjingmu.

 

Perlu diingat, saat menyikat gigi pada anjing peliharaanu, sangat penting untuk tidak menggunakan pasta gigi yang biasa digunakan oleh manusia. Sebab formulasinya tidak sesuai untuk hewan dan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Ada banyak pasta gigi yang dirancang khusus untuk anjing yang rasanya disempurnakan agarmereka menyukainya.