Dukung Pertumbuhan Kucingmu dengan Vaksin yang Tepat

Dec 18, 2017

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling menjadi favorit. Dengan tingkah polahnya yang lucu, siapapun pasti merasa gemas dan ingin memilikinya. Satu hal penting yang perlu dipahami sebagai pemiliknya, komitmen untuk mengurusnya dengan baik sangatlah diperlukan. Kucing pada usia tertentu membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda. Seperti apa nutrisi kucing yang harus dipenuhi berdasarkan usianya?

1. Kucing usia di bawah 4 bulan

Anak kucing sebenarnya tidak boleh dipisahkan dari induknya, jika memungkinkan, sebelum usianya mencapai 5 sampai 6 minggu. Di usia semuda ini, anak kucing membutuhkan induknya untuk disusui, paling tidak hingga usianya mencapaitiga bulan. Jika kucing masih berumur di bawah 4 bulan, berilah ia makanan yang diformulasikan untuk bayikucing (babycat). Sebab sama halnya dengan manusia, anak kucing membutuhkan nutrisi lebih demi tumbuh kembang yang baik. 

 

2. Kucing setelah usia4 bulan

Pada usia di atas 4 bulan, struktur tulang kucing secara bertahap menjadi lebih kuat dan massa otot nya berkembang. Kebutuhan energinya meningkat dan harus tetap diperhatikan sampai umur ke-4 - 5 bulan di mana mereka mencapai puncak pertumbuhan. Anak kucing pada tahap 2 pertumbuhan (usia 4-12 bulan) memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan anak kucing pada tahap 1 pertumbuhan (usia 1-4 bulan). Oleh karenanya kamu harus memberikan nutrisi tepat yang telah disesuaikan untuk anak kucing usia 4-12 bulan. Atur jumlah makanannya dengan tepat sesuai jumlah atau berat makanan yang disarankan pada produk makanan kucing.

 

Bukan hanya soal memenuhi nutrisi kucing lewat makanan saja, namun juga hal-hal lain seperti vaksinasi kucing salah satunya. Sudahkan kucingmu divaksin? Jangan sepelekan vaksinasi kucing, karena tindakan vaksinasi kucing mampu melindungi kucingmu dari berbagai serangan penyakit yang berbahaya bagi nyawanya dengan membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit-penyakit tersebut. 

Sebelum melakukan vaksinasi kucing, sebaiknya berikan obat cacing terlebih dahulu untuk memastikannya bebas cacingan dan lakukan 3-4 bulan sekali.

Berikut ini adalah jenis-jenis vaksinasi kucing yang wajib diberikan kepada kucing peliharaanmu:

Vaksin tricat

Berikan vaksin ini untuk kucing kesayanganmusejak usia 6-8minggu. Memberikan vaksin tricat berguna untuk melindungi kucing kesayangan kamu dari bahaya penyakit Feline panleucopenia, Feline Rhinotracheitis, dan Feline Calicivirus. Sebelum memberikan vaksin ini, kucing akan diperiksa oleh dokter hewan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kucing kamu memang layak divaksinasi. Kemudian, diberikan vaksin tricat dansebelum vaksinasi kucing harus diberikan obat cacing terlebih dahulu untuk memastikannya bebas cacingan. 

 

Vaksin tetracat

Untuk vaksin tetracat bisa diberikan sejak usia 8-14 minggu. Tahapan pemberian vaksin ini juga sama dengan vaksin tricat.,. . Memberikan vaksin tetracat berguna untuk melindungi kucing kesayangan kamu dari bahaya penyakit Feline Panleucopenia, Feline Rhinotracheitis, Feline Calicivirus dan Feline Chlamydia.

 

Vaksin rabies

Rabies nyatanya tidak hanya menyerang anjing saja, namun kucing pun juga bisa. Penyakit inidisebabkan oleh virus dan penularannya ke manusia dapat terjadi melalui gigitan, cakaran atau luka yang dijilat hewan tertular rabies. Untuk menghindari hal tersebut, berikan vaksin rabies sejak usia 20 minggu yang harus diulang setiap tahunnya. 

 

Seperti itulah cara utama mendukung pertumbuhan kucing kesayanganmu. Selain pemberian vaksinasi kucing, perhatikan juga makanannya. Pilihlah makanan kucing yang bernutrisi tinggi  seperti Royal Canin.