Cara Merawat Rambut Kucing Tetap Halus dan Kulit yang Sehat

Dec 18, 2017

Mempunyai wajah seperti boneka, mata yang besar, kulit yang lembut dan terlihat menggemaskan. Itulah beberapa hal yang menjadikan kucing menjadi hewan peliharaan terpopuler di dunia. Pada umumnya, kucing dapat mengatur dirinya sediri dalam menjaga kulit atau rambut yang mereka miliki agar tetap bersih, mengkilat dan juga menghindari kekusutan pada rambutnya. Meski kucing kamu bisa melakukannya sendiri tetapi kamu sebagai pemilik harus bertanggung jawab terhadapkesehatan, nutrisidan juga perawatannya sehari-hari.

 

Kamu harus rajin menyikat rambutnya untuk membantu menjaga kulit dan juga rambut kucing kamu tetap bersih dan mengurangi terjadinya luka yang bisa timbul akibat garukan kukunya yang tajam ke kulitnya sendiri. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan perawatan untuk mendapatkan rambut kucing tetap halus dan kulit kucing yang sehat.

 

Perawatan secara rutin

Meskipun kucing kamu terlihat mandiri, tetapi mereka sebenarnya juga membutuhkan bantuan dari si pemilik. Untuk kulit dan rambut, tergantung pada panjang dan ketebalan pada rambutkucing kamu, kamu bisa menggunakan sikat kecil untuk membersihkan rambut dari kotoran, merapikan rambutnya agar tidak kusut sehingga menghasilkan rambut kucing tetap halus dan mengkilat. Manfaat memakai sikat yaitu membantu untuk membersihkan lapisan rambut yang sudah mati atau rambut rontok pada kucing.

Kucing pada umumnya menghabiskan waktu sekitar 30% lamanya untuk melakukan perawatan (grooming) dan saat melakukan hal tersebut, tidak jarang kucing menelan banyak rambut. Apakah berbahaya? Kucing tidak dapat mencerna rambut yang tertelan. Jika rambut yang tertelan hanya sedikit, tidak berbahaya karena kemungkinan besar rambut tersebut akan keluar bersamaan dengan kotoran atau dimuntahkan. Namun jika rambut yang tertelan sudah terlalu banyak atau membentuk bola rambut (hairball) akan membahayakan keselamatan kucing jika kucing tidak dapat mengeluarkannya (menyangkut di usus). 

 

Hairball adalah sekumpulan rambut yang tertelan oleh kucing saat kucing membersihkan diri dengan cara menjilat. Sebagian besar Hairball akan dimuntakan oleh kucing secara alami, tetapi tidak jarang juga terdapat kucing yang harus memakan rumput untuk memancing mereka untuk muntah. Jadi kamu tidak perlu khawatir ya Pet Mates.

 

Nutrisi penting

Jangan lupa bahwa untuk mendapatkan rambut kucing tetap halus dan kulit kucing sehat dengan hasil yang maksimal, dalam perawatannya tidaklah cukup dilakukan dari luar saja, tetapi juga harus dilakukan dari dalam. Untuk mendapatkan kulit dan rambut yang sehat dan berkilau, kucing membutuhkan nutrisi yang cukup yaitu minyak yang kaya akan asam lemak esensial seperti Omega 3 dan Omega 6 yang dapat membantu menjaga kulitnya tetap sehat dan membuat rambutnya lebih berkilau. Lalu asupan asam amino, vitamin dan mineral khusus yang dapat memberikan nutrisi pada kulit dan rambutnya. Gabungan dari asupan-asupan nutrisi ini juga dapat membantu menciptakan regenerasi sel kulit yang lebih sehat, karena pembaharuan dari sel kulit dan rambut menggunakan protein dan sumber protein tersebut biasanya didapat dari makanannya.

 

Kualitas dan kesehatan kucing kamuakan tercermin dari kondisi kulit dan rambutnya,dan ini sangat dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi kucing kamu. Jika kamu ingin mendapatkan kulit dan rambut pada kucing dalam kondisi sehat dan juga berkilau, kamu harus memberikan mereka makanan berkualitas tinggi seperti makanan perawatan rambut dan kulit dariRoyal Canin.

 

Penuhi kebutuhan nutrisi kucing kamu dengan memberikan Royal Canin yang telah diformulasikan dengan tepatdan disesuaikan dengan usia, kondisi fisiologis, gaya hidup dan ras kucing kesayanganmu.