Cara Mengubah Kebiasaan Makan Anjing Agar Lebih Sehat

Dec 19, 2017

Apakah kamu memiliki anjing? Sebagai pemilik anjing, mengerti pola makan anjing yang benar merupakan sebuah keharusan. Menurut dog trainer Effendi Ignatius, pola makan yang benar bisa membuat anjing merasa lebih bahagia dan sehat. Pemberiannya pun juga tidak bisa sembarangan, cukup dengan waktu 10 hingga 15 menit. 

Umumnya masih banyak anjing yang memiliki kebiasaan makan yang salah. Pada akhirnya, anjing kesayanganmu pun  akan mengalami kelebihan berat badan yang dapat mengancam kesehatannya. Untuk itu, penting mengetahui cara mengubah kebiasaan makan anjing agar hidupnya menjadi lebih baik lagi. Cara mengubah kebiasaan makan anjing dibagi berdasarkan 4 kategori. Berikut adalah cara mengubah kebiasaan makan anjing tersebut:

 

1. Berdasarkan rasnya

Kebutuhan nutrisi pada anjing berbeda-beda berdasarkan rasnya. Hal ini terkait dengan masing-masing ras anjing memiliki sensitivitas dan potensi yang unik yang berbeda-beda. Misalnya saja bentuk dan struktur rahang pada berbagai macam ras anjing yang berbeda-beda membuat kamu harus memperhatikan jenis kibble seperti apa yang cocok untuknya dalam memudahkan anjing saat mengambil dan mengunyah makanannya.

 

2. Berdasarkan umurnya

Cara mengubah kebiasaan makan anjing yang pertama, pilih makanan yang sesuai dengan usianya. Sebelum mencapai usia senior, anjing mencapai usia kematangan (maturity). Ketika tanda-tanda penuaan belum terlihat, sebaiknya kamu memberikan makanan sehat dengan kandungan antioksidan yang akan membantu memelihara vitalitas dan melawan efek penuaan sel. 

 

Ketika anjing telah menghabiskan 75 sampai 80% dari umur harapan hidupnya, ia kemudian dapat benar-benar dianggap sebagai senior. Nutrisi Kesehatan memiliki peran preventif dalam banyak kasus penyakit kronis yang mengintai kondisi penuaan, atau memungkinkan untuk membatasi gejala klinis penyakitnya. Vitamin E dan vitamin C, taurin, lutein dan betacarotene, mendukung sistem kekebalan tubuh alami anjing senior bila diberikan dalam jumlah yang tepat. Asam lemak esensial dalam minyak ikan (omega 3) dan minyak borage (omega 6) berkontribusi untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

 

3. Berdasarkan ukuran tubuhnya

Berat badan dewasa setiap ras anjing sangat bervariasi. Mulai dari Chihuahua seberat 1 kg hingga Saint Bernard dengan berat 100 kg atau lebih. Perbedaan ini juga menghasilkan perbedaan morfologi, fisiologi, metabolisme dan perilaku, dengan konsekuensi besar pada kesehatan dan diet. 

 

Semakin besar ukuran anjing saat dewasa, kebutuhan energi per kilogramnya akan semakin berkurang. Artinya, anjing ras kecil harus menerima makanan yang memiliki kandungan energi lebih tinggi dan lemak-konsentrasi, dibandingkan anjing ras medium. Lalu pada anjing ras besar, dengan peningkatan kepadatan energi memungkinkan untuk mengurangi volume makanannya. 

 

Peningkatan kepadatanenergi berarti meningkatkan konsentrasi protein,lemak maupun karbohidrat sebagai penghasil energi. Adapun bentuk atau tekstur makanan harus disesuaikan dengan ukuran, bentuk dan struktur rahang  agar anjing lebih mudah saat mengambil dan mengunyah makanannya.

 

4. Berdasarkan aktivitas atau gaya hidupnya (Lifestyle)

Seekor anjing pekerja (working dog),seperti misalnya anjing pemburu (hunting dog ) atau anjing penyelamat (rescue dog) pada umumnya mempunyai kebutuhan nutrisi yang  berbeda dari anjing perkotaan yang  mempunyai aktivitas seperti berjalan-jalan dua kali dalam sehari atau anjing rumahan (indoor) yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan. 

 

Risiko kelebihan berat badan dengan aktivitas bergerak yang lebih sedikit menjadi hal yang harus diperhatikan bagi anjing-anjing dengan gaya hidup seperti ini. Nutrisi kesehatan yang dirancang untuk anjing yang terbiasa di dalam rumah saja disediakan dalam jumlah yang telah direkomendasikan untuk mencegah risiko ini dan mempertahankan berat badan serta  kebugarannya. Adapun hadiah berupa makanan, sebaiknya harus dihindari, kecuali jika makanan tersebut masuk dalam perhitungan kebutuhan asupan makanan sehari-hari.

 

5. Berdasarkan kebutuhan khususnya

Fakta lainnya adalah, meskipun dalam ras yang sama, anjing betina yang sedang bunting memerlukan lebih banyak protein, vitamin (terutama asam folat) dan mineral pada awal kebuntingan hingga hari ke-42. Kemudian, pada saat menyusui kebutuhan nutrisinya juga meningkat lebih banyak lagi. Seekor induk anjing dengan berat 25 kg yang telah melahirkan 6 anak anjing akan mencapai produksi susu maksimum, 2 liter sehari, ketika anak-anaknya berumur 3 minggu. Hanya diet khusus yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

 

 

 

Seperti itulah cara mengubah kebiasaan makan anjing bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Saat mereka sudah terbiasa dengan keempat hal di atas, kamu pun tak perlu lagi khawatir akan kesehatannya di kemudian hari!