6 Perlengkapan Perawatan Kucing

Jan 19, 2018

Bagi kamu yang menyukai kucing dan ingin merawatnya dengan baik, kamu membutuhkan perlengkapan perawatan kucing. Sebagai seorang pemula, kamu perlu menggali informasi lebih banyak mengenai alat apa saja yang dibutuhkan untuk merawat kucing. Sebenarnya, alat-alat yang diperlukan berbeda-beda tergantung dari jenis kucing yang kamu pelihara. Namun ada beberapa peralatan yang bisa kamu gunakan untuk merawat kucing jenis apapun.

 

Berikut ini perlengkapan untuk merawat kucing yang bisa digunakan untuk semua jenis kucing. Kamu wajib memilikinya agar dapat merawat kucing dengan baik.

 

Gunting kuku

Gunting kuku berguna untuk merapikan kuku atau cakar kucing. Jika kamu rajin memotong kuku kucing, kamu tidak akan terluka suatu saat apabila kucing memberontak. Kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai cakarannya yang bisa melukai tubuhmu. Selain itu, memotong kuku kucing juga bermanfaat melindungi kerusakan perabot rumah tangga dari cakaran kucing. Kucing juga akan lebih mudah melakukan gerakan jika kukunya dipotong secara rutin. 

 

Pilihlah gunting yang sengaja didesain untuk kucing. Untuk memilih gunting kuku yang baik, pastikan kamu memilih yang memiliki bentuk sedikit melingkar.

 

Sikat gigi

Perlengkapan perawatan kucing selanjutnya adalah sikat gigi. Jika kamu tidak pernah memikirkannya, maka kamu harus mulai menyadari bahwa kesehatan mulut kucing juga perlu dijaga. Dengan sikat gigi, kamu bisa membersihkan gigi dari plak dan sisa-sisa makanan kucing. Meskipun terdengar sederhana, nyatanya sisa makanan tersebut bisa memicu masalah kesehatan pada kucing.

 

Untuk sikat gigi, kamu harus menggunakan sikat gigi jenis khusus yang hanya digunakan untuk kucing. Jika kesusahan dalam menemukannya, kamu bisa mendapatkannya dengan mengunjungi dokter hewan atau toko peralatan hewan.

 

Pembersih gigi

Tidak hanya sikat gigi, namun kucing memerlukan pembersih gigi lainnya yang bekerja seperti kuas untuk gigi. Ini bertujuan untuk membersihkannya dari lapisan yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi. Saat memilihnya, kamu harus memperhatikan gigi kucing. Untuk melakukannya pun kamu juga harus hati-hati.

 

Sikat rambut

Sesuai namanya, perlengkapan perawatan kucing ini berguna untuk merapikan dan membersihkan rambut. Kamu harus memilih sisir yang bergigi logam. Sikat rambut dengan gigi logam akan memudahkan proses perapian rambut. 

 

Furminator

Alat ini mungkin jarang kamu dengar. Furminator merupakan sebuah alat yang berguna untuk memaksimalkan perawatan sekaligus kesehatan rambut serta kulit kucing. Dengan Furminator, kamu bisa mengangkat rambut mati. Alat ini biasanya berbentuk seperti sikat rambut namun giginya lebih rapat.

 

Sikat pijat

Jika sikat pijat biasanya lebih banyak ditemukan untuk manusia, ternyata ada inovasi produk yang bisa digunakan untuk kucing. Tentu saja alat ini sangat berbeda dan hanya didesain khusus untuk pemijatan kucing.

 

Untuk mendapatkan sikat pijat yang sesuai, kamu bisa menemui dokter hewan. Jangan lupa tanya ke dokter hewan mengenai metode pijat yang baik untuk kucing. Jangan khawatir, kucing akan menyukai alat ini karena bisa membuatnya tenang.

 

Selain peralatan diatas, kamu juga sebaiknya memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan perawatan. Kamu harus memastikan bahwa alat-alat tersebut bersih dan steril, terlebih untuk sikat gigi. Kemudian, kamu  harus memahami cara yang benar dalam melakukan perawatan pada kucing. Jika kamu dapat mengguankan semua peralatan untuk merawat kucing di atas, pasti kucing akan terawat dan terjaga kesehatannya dengan baik. 

 

Di sisi lain, faktor lain yang tak kalah penting dalam merawat kesehatan kucing ialah makanan yang bernutrisi. Makanan kucing harus sesuai dengan umurnya dan bebas dari protein yang dapat menyebabkan alergi. Formulasi makanan kucing dari Royal Canin mempertimbangkan berbagai parameter seperti gaya hidup kucing, umur, dan sensitivitasnya. Berdasarkan riset mendalam, Royal Canin telah meluncurkan produk yang secara spesifik diadaptasikan dengan karakteristik setiap ras kucing.