5 Tips Membawa Kucing ke Dokter Hewan

Jan 19, 2018

Kadang Pet Mates merasa ragu untuk membawa kucing ke dokter hewan. Bayangan sulitnya membawa kucing yang sakit menjadi momok tersendiri. Kucing biasanya akan takut karena tidak terbiasa ke klinik dokter hewan yang ramai. Proses pemeriksaan fisik dari dokter hewan pun seringkali membuat kucing tidak nyaman. Sebanyak 66% dari pemilik kucing yang masuk dalam survei mengatakan, bahwa mereka akan ke dokter hewan lebih sering jika membawa kucing bisa lebih mudah. Untuk itu, kamu perlu mengetahu tips membawa kucing ke dokter hewan berikut ini.

 

1. Buat kucing merasa nyaman

Kucing perlu dibuat nyaman terlebih dahulu ketika akan dibawa ke dokter hewan, terlebih terhadap siapa yang nantinya akan membawa kucing itu. Jika tidak familiar, maka kucing merasa tidak nyaman yang berujung dengan berlari menghindari pemeriksaan. Hal ini sering terjadi sehingga membutuhkan trik khusus untuk mengatasinya.

 

Untuk membuat kucing nyaman, kamu bisa mencoba memberikan perhatian khusus kepadanya. Misalnya, berikan perhatian dalam bentuk mengajaknya bermain, memberikan makanan, atau mengelus rambutnya. Dengan menghabiskan waktu bersama kucing lebih lama, kucing akan mengira bahwa kamu adalah salah satu pemiliknya karena masuk dalam wilayah teritorial kucing. 

 

2. Buat pengalaman menyenangkan

Tips membawa kucing ke dokter hewan selanjutnya adalah dengan mengubah pengalaman ke dokter hewan menjadi pengalaman yang positif bagi kucing. Hal ini akan sulit karena pengalaman mengunjungi dokter hewan cenderung menjadi pengalaman yang menakutkan bagi kucing.

 

Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan cara memberikannya makanan Royal Canin sepanjang perjalanan untuk meningkatkan koneksi yang positif bagi kucing tersebut. Pemberian makanan ini juga akan membuatnya lupa dengan gangguan yang biasanya membuat merasa tidak nyaman. Selain dalam perjalanan menuju klinik dokter hewan, juga direkomendasikan untuk memberikan makanan yang telah disarankan oleh dokter hewan ketika menunggu antrean. Kucing akan menjadi lebih tenang dengan cara seperti ini. 

 

3. Memilih jadwal

Ketika mengunjungi dokter hewan, klinik sering ditemui dalam keadaan ramai dan beraroma tidak sedap yang bisa mengganggu kenyamanan kucing. Lingkungan yang ramai seperti itu sangat mengganggu kucing dan bisa menyebabkan stress. Ini memicu pengalaman buruk bagi kucing ketika berkunjung ke dokter hewan.

 

Untuk menghadapinya, cara membawa kucing ke dokter hewan yang bisa dilakukan adalah dengan berkunjung pada hari atau jam tertentu ketika tidak banyak pelanggan yang berkunjung ke klinik hewan.  Tanyakan kepada dokter hewan mengenai hari atau waktu yang biasanya tidak banyak dikunjungi oleh pecinta kucing lainnya. Keadaan yang lebih tenang akan menurunkan tingkat ketidaknyamanan pada kucing. 

 

4. Latihan

Salah satu hal yang menakutkan bagi kucing adalah ketika dilakukannya uji kesehatan. Untuk membiasakannya, kamu bisa mencoba dengan memberikan latihan uji kesehatan dirumah dengan sentuhan-sentuhan layaknya dokter hewan. Kamu bisa mencoba menyentuh bagian tubuh seperti perut, kaki, wajah dan telinganya. Ini akan membuat kucing menjadi terbiasa dengan sentuhan dokter. 

 

5. Konsultasi

Tips membawa kucing ke dokter hewan berikutnya adalah bertanya pada dokter hewan mengenai hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat kucing merasa lebih nyaman ketika mengunjungi klinik hewan. Dokter hewan merupakan ‘teman terbaik’ untuk mendiskusikan segala permasalahan kucing. Mintalah saran dan tips tertentu untuk membuat kucing tidak merasa stress ketika dibawa ke dokter hewan. Dengan berkonsultasi dengan dokter hewan dan mengikuti tips membawa kucing ke dokter hewan diatas, maka kucing akan lebih mudah diajak untuk mengunjungi klinik kapanpun kamu mau.