5 Tahapan Pertumbuhan Anak Anjing yang Perlu Diketahui

Jan 02, 2019

Hal yang sangat penting dalam kehidupan seekor anjing adalah masa pertumbuhannya. Oleh karenanya, Pet Mates harus memahami tahapan perkembangan pada pertumbuhan anak anjing kamu. Pet Mates juga bisa menyediakan apa yang kira-kira dibutuhkan oleh anak anjing Pet Mates, sehingga bisa melengkapi kebutuhannya untuk tumbuh kembang yang optimal.

Pet Mates, sebaiknya ketahui juga tahapan-tahapan anak anjing kamu selama masa tumbuh kembangnya. Karena setiap anak anjing akan memiliki masa tumbuh yang berbeda-beda, ada yang mungkin lebih cepat atau mungkin lebih lambat. Agar tidak salah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu info berikut ini! 

 

Tahap Pertumbuhan 0-4 Minggu

Pertumbuhan anak anjing yang pertama adalahtahap tumbuh kembang mulai dari 0-4 minggu. Ketika baru lahir, syaraf anak anjing belum sempurna dan masih terus berkembang Namun, anak anjing sudah memiliki refleks intrinsik belajar selama masa tumbuh kembangnya, sehingga membuatnya bisa bertahan hidup.

Pet Mates juga harus tahu, selama dua minggu pertama anak anjing yang baru lahir itu masih belum bisa mendengar dan melihat. Mereka juga masih belum bisa mengatur suhu tubuh mereka sendiri. Anak anjing yang baru lahir pun cenderung selalu tidur sepanjang hari yang biasanya selalu dekat dengan ibunya. Mengapa demikian? Karena, anak anjing yang baru lahir masih harus dekat dengan sang induk agar merasa tetap hangat dan dapat menyusu dengan mudah.

Setelah minggu kedua berlalu, biasanya pada minggu keempat, indera melihat  dan mendengar mereka pun mulai berkembang sehingga para anak anjing sudah mulai bisa peka terhadap sekitar dan waspada terhadap lingkungan.

 

Tahap Pertumbuhan: 5-7 Minggu

Memasuki tahap pertumbuhan di minggu ke 5-7 anak anjing akan mulai melihatkan pergerakan dari tumbuh kembangnya. Mulai dari pergerakan sosial, belajar lebih peka dan waspada terhadap lingkungan sekitar melalui sentuhan fisik. Pada masa memasuki minggu kelima ini, anak anjing juga biasanya akan belajar bagaimana mengenali sang induk dan para anak anjing lainnya yang kemudian akan siap untuk berinteraksi dengan manusia. Ketika sudah mencapai minggu ketujuh, anak anjing juga biasanya mulai mempelajari hal-hal dasar seperti membuang air di tempatnya, dan bisa makan sendiri.

 

Tahap Pertumbuhan: 3 Bulan

Nah, ketika sudah memasuki bulan yang ketiga ini, pertumbuhan anak anjing juga mulai mengikuti tahapan terpenting dalam tumbuh kembangnya. Misalnya, pada masa di bulan ketiga ini sang anak anjing mulai masuk dalam tahap perkembangan otak. Pada tahap ini, anak anjing juga bisa memasuki masa-masa traumatis yang nantinya bisa berdampak cukup lama. Untuk menghindari hal-hal yang tak diingini, sebaiknya Pet Mates harus tetap mengawasi pergerakan anak anjing di bulan ketiga ini. Dalam tahap ini, mereka juga akan memiliki kemampuan untuk mempelajari perintah-perintah sederhana seperti duduk, berbaring, diam, dan sebagainya.

Tahap Pertumbuhan: 4-6 Bulan

Pet Mates, dalam memasuki tahap pertumbuhan bulan keempat hingga keenam, kamu harus tahu kalau anak anjing akan belajar menguji kepekaannya dan refleks-refleks pertahanan diri mereka untuk lebih berani dan lebihmenjelajah lingkungan sekitar. Tetapi, Pet Mates juga harus mengetahui jika anak anjing kamu belum siap untuk bermain di luar lingkungan, jangan memaksa mereka dan kamu harus tetap mengawasinya. 

 

Tahap Pertumbuhan: 6-18 Bulan

Setelah masuk usia 6 bulan, anak anjing Pet Mates akan berada di tahap terakhir dalam masa pertumbuhan. Selama periode ini, mereka akan membutuhkan banyak energi dan belajar untuk bisa bertahan hidup. Selama tahap pertumbuhan akhir ini, anak anjing kamu akan memiliki kapasitas untuk belajar bagaimana menjadi tenang dan bersahabat dengan hewan lain dalam mengikuti metode pelatihan yang tepat.

Itulah beberapa tahap pertumbuhan anak anjing yang bisa kamu jadikan referensi. Ada baiknya Pet Mates pergi ke dokter hewan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak anjing agar mudah patuh atau mudah diatur.

Selain membawa anjing kamu ke dokter, kamu harus mempelajari cara bagaimana melatih mereka, merawat mereka, serta yang tidak kalah pentingnya adalah makanan apa yang sebaiknya anjing kesayanganmu konsumsi. Salah satu makanan anjing terbaik yang sebaiknya dipertimbangkan adalah Royal Canin dengan mutu yang tinggi serta beragam varian.

Kamu bisa mengunjungi www.royalcanin.co.id untuk mengetahui lebih lanjut jenis makanan apalagi yang tepat untuk anjingmu. Selain itu, ada pula beragam informasi bermanfaat tentang bagaimana cara merawat anjing yang benar serta hal-hal lainnya.

 

source: https://www.royalcanin.co.uk/discover/growth-stages-what-puppies-learn/