5 Fakta Unik Tentang Kucing yang Perlu Kamu Ketahui

Nov 07, 2018

Memiliki kucing bukan hanya untuk menemani bermain, namun kamu juga perlu merawat kucingmu dengan baik. Pastikan untuk mengetahui bagaimana cara merawat kucingmu dengan tepat, seperti cara memandikan, memotong kuku, melatihnya buang air di toilet, dan mengenali bahasa tubuh kucing. Yang tidak kalah penting adalah kamu perlu memahami apa makanan yang terbaik untuk kucingmu.

Banyak asumsi dan mitos yang tidak berdasar terkait kebutuhan nutrisi kucing. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui fakta tentang kucing dari sumber yang terpercaya. Berikut ini kami sajikan 5 fakta tentang kucing berdasarkan survei dan penelitian para ahli:

1. Indera Pengecap Kucing Lemah

Indera penciuman kucing sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Kucing memang terkenal memiliki penciuman yang tajam. Hal ini berbanding terbalik dengan kemampuannya dalam mengecap. Kemampuan kucing dalam mengenali macam-macam rasa melalui lidahnya sangat lemah. Kucing sulit untuk membedakan rasa manis pada makanan.

Fakta tentang kucing yang memiliki kelemahan dalam merasakan makanan ini sangat menarik. Dengan mengetahui fakta ini, kamu tidak perlu pusing memikirkan variasi menu makanan kucing sehari-hari. Kucing tetap berselera makan tanpa perlu banyak variasi. Selama aroma makanan menarik, kucingmu akan menghabiskan makanannya dengan lahap.

2. Kucing Rentan Mengalami Masalah Gigi

Fakta tentang kucing berikutnya adalah terkait gigi. Gigi kucing rentan mengalami masalah kesehatan. Oleh karena itu sangat penting bagimu untuk memberikan kucingmu makanan dengan tekstur yang tepat. Sebaiknya kamu juga membiasakan kucing untuk menyikat giginya secara rutin. Alasannya, beragam masalah seperti penumpukan karang gigi atau gangguan pada sekitar gigi sering terjadi pada kucing yang jarang disikat giginya.

Masalah ini pun tidak dapat diabaikan. Jika dibiarkan, maka akan menimbulkan bau mulut kucing dan menyebabkan infeksi. Kamu bisa memeriksakan kucingmu ke dokter hewan ketika giginya mengalami masalah.

3. Rahang Kucing untuk Memotong, Bukan untuk Mengunyah

Rahang gigi kucing dirancang untuk memotong, bukan mengunyah. Fakta tentang kucing ini sangat menarik. Lagi-lagi ini seharusnya menjadi pertimbanganmu dalam memilih makanan kucing. Sebaiknya kamu tidak memberikan kucingmu makanan yang mengharuskannya untuk mengunyah. 

4. Kucing Luar Ruangan Butuh Lebih Banyak Energi

Fakta tentang kucing selanjutnya adalah perbedaan kebutuhan energi antara kucing  yang hanya beraktivitas di dalam ruangan dengan kucing yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Kucing luar ruangan membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagimu dalam menentukan porsi makanan kucing sehari-hari. Kucing yang berdiam diri di dalam rumah sebaiknya tidak terlalu banyak diberi makan karena dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Sementara kucing luar ruangan akan berisiko kekurangan nutrisi jika kamu tidak memberikannya cukup makanan.

5. Usia Menentukan Kebutuhan Nutrisi yang Berbeda

Kebutuhan nutrisi antara anak kucing, kucing dewasa, dengan kucing senior berbeda satu sama lain. Fakta tentang kucing ini sangat penting untuk kamu ketahui. Jangan sampai kamu memberikan anak kucing makanan untuk kucing senior karena dapat membuat pertumbuhan kucing tidak optimal. Demikian pula sebaliknya, kucing senior membutuhkan komposisi nutrisi khusus yang berbeda dengan anak kucing.

Pada usia senior, kucing memiliki risiko lebih besar terkena berbagai jenis penyakit, seperti penyakit jantung, gangguan pencernaan, dan sesak napas. Kucing senior juga lebih rentan terkena diabetes dan tulang keropos. Oleh karena itu, dibutuhkan nutrisi yang spesifik sesuai kebutuhan kucing.

Itulah 5 fakta tentang kucing yang perlu kamu ketahui agar tidak salah dalam memberikan kucingmu makanan. Sebaiknya kamu memberikan kucingmu Royal Canin, karena Royal Canin memiliki varian makanan yang spesifik untuk setiap kebutuhan kucing. Royal Canin menawarkan makanan kucing berdasarkan jenis ras, usia, dan kondisi spesifik lainnya. Kamu tinggal memilih mana yang sesuai untuk kebutuhan kucingmu.